Mobil Listrik Wuling Laris Manis di Pasaran, Kapan Masuk ke Indonesia?

26/03/2021

Mobil baru

5 menit

Mobil Wuling laris manis di pasaran China, dengan harga terjangkau mobil listrik ini memiliki tampilan menawan dan teknologi canggih. 

Wuling Motors sebagai pabrik otomotif baru namun sudah berani melakukan terobosan yang dilakukan. Mengikuti trend belakangan ini, mobil Wuling mulai ikut ambil bagian di pasaran mobil dunia, bahkan penjualan mobil listrik Wuling bisa bersaing dengan mobil listrik lain. Tak bisa dipungkiri harga mobil Wuling memang tergolong murah, maka dari itu banyak diminati oleh masyarakat yang kini mulai mencoba mobil listrik. 

Hingga saat ini, Wuling Motors memiliki Hongguang Mini EV sebagai mobil listrik terlaris di pasaran China. Dikabarkan Wuling EV city car ini terjual hingga 30.000 unit setiap bulannya menyusul penjualan Wuling listrik E100 dan E200. Selain itu, disebutkan juga 96% penjualan mobil Wuling berasal dari konsumen pribadi dan perusahaan besar. Tidak heran, Wuling listrik laku keras dipasaran, harga mobil listrik Wuling saja dibandrol dengan harga 28.800 Yuan atau sekitar Rp 60.000.000,- (termasuk subsidi dari pemerintah China). 

Gambar menunjukkan sebuah mobil listrik dari Wuling

Mobil listrik Wuling yang mampu mengalahkan popularitas Tesla di China

Di Indonesia sendiri mobil Wuling sudah pernah dipamerkan pada tahun 2019 silam pasca diumumkannya Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang kendaraan listrik. Mobil listrik Wuling Indonesia melalui PT SGMW Motors sempat turut dipamerkan. Saat itu, Wuling listrik yang masuk ke Indonesia adalah seri E100 dan E200. Mobil listrik E100 memang sudah terlebih dahulu ditampilkan di Indonesia dan direncanakan dijual secara umum secepatnya. 

Mobil Mini Wuling E100

Mobil mini atau mobil mini Wuling listrik E100 merupakan mobil listrik yang terinspirasi dari Smart ForTwo Electric Drive. Sebagai mobil listrik mobil mini Wuling E100 dihadirkan pertama kali dalam ajang GIIAS 2018. Sayangnya, pada saat itu mobil ini hanya diperkenalkan saja.

Mobil mini Wuling E100 ini cukup unik dengan design warna colorfull. Selain itu mobil ini juga mempunyai design yang mungil, sangat cocok dijadikan city car dalam menerjang kemacetan. Dimensi mobil mini Wuling E100 berukuran panjang 2.488 mm, lebar 1.5606 mm dan tinggi 1.670 mm serta wheelbase 1.600 mm.

Karena tergolong mobil mini, mobil ini tidak dapat mengangkut banyak penumpang. Hanya bisa mengangkut 2 penumpang dewasa. Mobil listrik ini dibanderol dengan harga sekitar 49.800 CNY pada tahun 2020 lalu. 

>>> Review Wuling E100 2018, Masa Depan Mobil China Dalam Prespektif Wuling Motors

Mobil Listrik Wuling E200, Mobil Listrik Murah dengan Fitur Maksimal

Mobil Wuling E200 adalah seri terbaru setelah Wuling listrik E100 dipamerkan di Indonesia. Sayangnya hingga saat ini belum ada kabar lebih lanjut mengenai penjualan unit mobil listrik Wuling di Indonesia. 

Mobil listrik E200 ini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang memudahkan pengemudi dalam mengendarai mobil listrik ini. Salah satu fitur canggih milik wuling E200 adalah forward collision warning yang mampu mendeteksi kondisi jalan di depan. Selain itu ada juga Intersection Collision Warning yang sangat berguna mencegah terjadinya tabrakan di persimpangan jalan, real time traffic navigation yang akan memberi informasi lalu lintas secara langsung, lane change warning, auto emergency brake, dan smart speed limit aid.

Tidak hanya itu, Integrated Driving Technology juga bisa digunakan untuk memarkir kendaraan. Dengan menggunakan autopilot parking yang ada dalam fitur Integrated Driving Technology, Anda cukup mengirim perintah melalui aplikasi untuk mencari tempat parkir yang nyaman. 

mobil listrik wuling berwarna putih

Wuling E200 menawarkan tampilan kompak untuk daerah perkotaan

Selain memiliki fitur yang serba canggih, mobil listrik E200 juga memiliki design mungil yang memungkinkan pengemudi untuk memasuki jalan sempit. Dengan panjang 3.497 mm dan lebar 1.526 mm serta tinggi 1.616 mm tentu menjadikan Wuling listrik E200 sebagai mobil yang nyaman melalui jalan sempit. Desain Wuling E200 juga dilengkapi dengan bodi eksterior yang dirancang menggunakan elemen geometri yang menonjolkan karakter modern. 

Selain memiliki design yang cantik serta fitur smart mobil yang memadai, mobil listrik E200 diklaim mampu dipacu dengan kecepatan hingga 100 km/jam dalam kondisi baterai penuh. Wuling listrik ini mampu menempuh jarak hingga 250 kilometer. Wuling E200 adalah mobil listrik yang dikabarkan akan menjadi mobil listrik pertama dari Wuling yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia. 

Mobil Listrik Wuling E300, Seri Terbaru Mobil Listrik dari Wuling 

Setelah merilis beberapa seri mobil listrik, Wuling kembali merilis mobil listrik terbaru mereka, yaitu Baojun E300 dan Baojun E300 Plus. Kedua mobil Wuling terbaru ini memiliki perbedaan yang signifikan mulai dari ukuran, konfigurasi interior dan jarak tempuhnya.

Mobil listrik Baojun E300 mempunyai dimensi yang panjangnya 2.625 mm, lebar 1.647 mm dan tinggi 1.588 mm dengan wheelbase 1.750 mm dan velg 12 inci serta ban 145/70. Sementara untuk mobil Wuling Baojun E300 Plus memiliki dimensi yang lebih besar yaitu panjang 2.695 mm, lebar 1656 mm dan tinggi 1.595 mm dengan wheelbase 2019 mm. Dengan dimensi yang lebih besar Baojun E300 Plus mampu menampung 4 penumpang disertai baterai yang mampu menempuh hingga 305 kilometer.

Gambar sebuah Mobil listrik wuling berwarna putih

Mobil listrik Wuling laris manis di pasaran

Secara performa Mobil listrik Baojun E300 dan E300 Plus dibekali motor listrik belakang hingga 54 tenaga kuda dan torsi 150Nm.Wuling listrik Baojun E300 dan E300 Plus ini mampu mencapai kecepatan hingga 99km/jam dalam kondisi baterai penuh. Tak lupa, keduanya juga dilengkapi dengan DC fast charging. Di China, kedua mobil ini dibanderol dengan harga 64.800 CNY atau sekitar Rp 133,1 Juta. 

>>> Nissan-Mitsubishi Bakal Bikin Mobil Listrik Murah di Bawah Rp 300 Juta

Mobil Listrik Wuling Kapan Masuk Indonesia? 

Wuling memang memiliki beberapa model mobil listrik yang saat ini sudah mulai dipasarkan di China. Wuling Hong Guang Mini EV bahkan tahun 2020 lalu merupakan mobil listrik terlaris di China. Sayangnya Wuling Indonesia belum bisa memutuskan kapan bisa memasukkan mobil Wuling ke Indonesia.

Sampai akhir tahun 2020, Wuling Indonesia masih mempelajari berbagai aspek terkait mobil listrik mereka agar dapat menjamah pangsa pasar. Meskipun belum pasti, beberapa seri mobil listrik Wuling disebut-sebut akan diluncurkan dan diproduksi langsung di Indonesia.

Padajal sejak tahun 2018 Wuling Indonesia sudah memamerkan mobil Wuling beberapa kali yaitu seri E100 dan E200. Kabarnya kedua mobil listrik ini akan segera hadir di Indonesia.  Namun sampai tahun ini, belum ada kepastikan mengenai kapan akan jual mobil Wuling di Indonesia.

mobil listrik baru MINI EV EX2 dari China
Benarkah MINI EV X2 akan masuk ke pasar Indonesia?

Dilansir dari berbagai media, Wuling Indonesia sedang bernegosiasi perihal pajak kendaraan listrik impor dengan pemerintah untuk mobil listrik mereka. Sementara itu, beredar kabar mobil listrik dan premium Mini EV X2 akan lebih dulu masuk pasar Indonesia, bahkan Mini EV X2 ini dikabarkan dibanderol seharga motor. 

Sedangkan mobil Listrik Mini EV X2 kabarnya sudah banyak beredar di Malaysia. Melalui akun Facebook City Car Mini Indonesia, mobil ini ditawarkan seharga Rp 20 jutaan saja. Kabar lain, Mini EV X2 adalah mobil listrik mini buatan jepang yang memiliki mesin berkapasitas 250cc.

>>> Range Rover Klasik Ini Disulap Jadi Mobil Listrik Pakai Teknologi Tesla

Mobil Listrik Murah Indonesia 2020

Sambil menunggu kapan mobil Wuling resmi masuk ke Indonesia, tidak ada salahnya Anda memiliki beberapa mobil listrik dan hybrid murah yang sudah masuk ke Indonesia terlebih dahulu.

Contohnya PT.Toyota Astra Motor (TAM) yang meluncurkan Toyota Corolla Cross Hybrid pada 6 Agustus 2020 lalu. Mobil ini dibanderol dengan harga Rp 400 jutaan. PT. Nissan Motor Indonesia meluncurkan mobil hybrid pertamanya, Nissan Kicks e-POWER pada September 2020. Mobil hybrid ini dibandrol mulai dari Rp 450 jutaan.

Tak ketinggalan PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah meluncurkan Hyundai Kona Electric pada Desember 2020 lalu. Sebagai yang terbaru, harga mobil listrik di Indonesia ini dibanderol mulai dari Rp 678 jutaan.

Mobil Wuling hingga kini masih diharapkan bisa masuk ke Indonesia secara resmi. Hal ini dikarenakan mobil Wuling harga pasarannya tergolong murah. Kapan datang ke Indonesia? Sepertinya kita harus menunggu sedikit lebih lama.

>>>  Klik sini untuk lanjut update berita terbaru tentang pasar otomotif Indonesia

Pertanyaan Sering Diajukan

Mobil listrik Wuling ada berapa model?
Kini Wuling ada Wuling E100, Wuling E200, Wuling E300 dan Listrik Mini EV X2
Kapan mobil listrik Wuling masuk ke Indonesia?
Kini mobil listrik Wuling sudah siap untuk launching di Indonesia.
Berapa harga mobil Listrik Wuling?
Harga mobil listrik Wuling saja dibandrol dengan harga 28.800 Yuan atau sekitar Rp 60.000.000,- (termasuk subsidi dari pemerintah China)
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top