Mobil Listrik Rolls-Royce Siap Debut dengan Nama Silent Shadow

20/01/2021

Mobil baru

5 menit

Mobil Listrik Rolls-Royce kabarnya bakal menggunakan nama Silent Shadow serta menggunakan teknologi baru yang ekslusif termasuk dalam sistem pengsiian daya baterainya.

Pabrikan yang punya tradisi Spirits of Ecstasy ini akhirnya main mobil listrik. Pabrikan ini seakan menjawab tren dunia yang kini seperti sedang berlomba menghadirkan mobil listrik. Ada yang membanggakan soal daya jelajahnya yang semakin jauh, ada yang diklaim sanggup melesat secepat kilat, dan ada juga yang datang sebagai model luxury.

Dan baru-baru ini Autocar melaporkan jika brand otomotif ultra mewah, Rolls-Royce, juga siap menghadirkan kendaraan listrik. Rolls-Royce sudah memutuskan jika mereka sama sekali tidak tertarik dengan model hybrid, dan lebih tertarik pada full electric (EV/Electric vehicle). Mobil listrik Rolls-Royce ini pun kabarnya akan diberi nama Silent Shadow.

>>> Rolls-Royce Ghost Extended Tawarkan Ruang Belakang Lebih Luas dan Mewah

Sudah Mulai Diajukan Merek Dagangnya

Menurut laporan media asal Inggris tersebut, perusahaan induk Rolls-Royce, BMW, sudah mengajukan merek dagang kepada pihak pemberi lisensi hak paten di Jerman. Nama yang diajukan yakni Silent Shadow dan dipercaya ini adalah mobil listrik Rolls-Royce.

Rolls-Royce 103EX Concept

Diperkirakan memakai nama Silent Shadow

Hal itu diprediksi adalah plesetan dari Silver Shadow yang juga merupakan salah satu model Rolls-Royce yang pernah diproduksi di rentang tahun 1965 hingga 1980. Sementara kata "Silent" diperkirakan bermakna sebuah mobil yang tidak mengeluarkan suara sama sekali.

>>> Tak Takut Baterai Habis, Hyundai Sonata Hybrid Gunakan Panel Surya Pada Mobilnya

Jika Rolls-Royce ini benar-benar masuk ke jajaran mobil listrik mewah, diduga kuat perusahaan tersebut akan menawarkan satu bentuk model mobil listrik yang baru dan ekslusif. Termasuk untuk sistem konsumsi dan pengisian daya baterai listriknya.

Berdasar dari Konsep 103EX

Rolls Royce 103EX EV

Akan jadi mobil listrik paling mewah di dunia?

Untuk urusan penampilan, mobil listrik Rolls-Royce sedikit banyak akan menggunakan beberapa desain dari konsep 103EX yang pernah mendebut di tahun 2016. Apalagi Rolls-Royce dikabarkan menyimpan satu prototipe mobil listrik juga namun bertubuh model Phantom di pusat R&D mereka di Munich, Jerman. Karena sebenarnya Phantom EV itu rencananya akan dijadikan mobil listrik pertama Rolls-Royce, namun kemudian urung dilakukan.

>>> Profil Rolls-Royce Phantom VIII 2018, Puncaknya Kemewahan Surga Dunia

Kemudian sebuah laporan menunjukkan jika Rolls-Royce akan menggunakan platform spaceframe aluminium buatan mereka sendiri. Rolls-Royce menolak menggunakan platform CLAR dari BMW yang dipakai pada iX SUV serta direncanakan untuk dipakai pula pada i7 EV untuk melawan Mercedes EQS. Keinginan Rolls-Royce untuk memproduksi mobil listrik juga melihat adanya potensi pasar yang cukup masif untuk mobil listrik jenis sedan ukuran besar di Cina.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top