Mobil Listrik Ora Good Cat Siap Rilis di Thailand, Indonesia Kebagian?

14/09/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Dikenal dengan nama Ora Good Cat, mobil listrik keluaran GWM asal China ini dipersiapkan untuk pasar Thailand dan memungkinkan untuk disebar ke pasar ASEAN.

Pabrikan asal China Great Wall Motors (GWM) akan meluncurkan mobil listrik Ora Good Cat di Thailand bulan depan. Diimpor dari China, GWM sedang mempersiapkan Thailand menjadi basis regionalnya untuk pasar ASEAN. Termasuk membuka kemungkinan rangkaian produk GWM masuk ke Indonesia.

Sistem berkendara otonom

Muncul tahun lalu di pasar domestik, GWM memperkenalkan mobil listrik ini di Thailand pada Februari tahun ini. Nama Good Cat sendiri merupakan terjemahan langsung dari nama asli mobil ini dalam bahasa China, hao mao.

eksterior Ora Good Cat berwarna biru
Tampilan desain Ora Good Cat yang menggemaskan

Menggunakan sasis Lemon yang juga digunakan pada Haval H6, mobil ini adalah hatchback lima pintu berukuran panjang 4,2 m dan lebar 1,8 m, dengan jarak sumbu roda 2,6 meter. Good Cat memiliki fitur mengemudi semi otonom serta Ora Pilot Safety yang mencakup Blind Spot Detection, Front Collision Warning with AEB, Rear Collision Warning, dan Rear Cross Traffic Alert.

Ora Pilot Driving mencakup Adaptive Cruise Control hingga Automated Throttle Control. Ada pula fungsi Wisdom Dodge yang mampu mengarahkan mobil menjauh dari kendaraan besar yang ada di sekitarnya sambil tetap berkendara dengan aman di jalurnya sendiri.

>>> Microlino 2.0, Mobil Listrik 2-Seater Seharga Toyota Avanza

fitur Ora Good Cat terbaru dengan teknologi canggih
Mobil ini dibekali dengan berbagai teknologi otonom

Sedangkan Ora Pilot Parking merupakan fungsi parkir sendiri yang mencakup memori parkir berlandaskan Artificial Intelligent (AI). Mobil akan mempelajari dan mengingat rute ke tempat parkir melalui navigasi satelit dan radar ultrasonik. Fungsi parkir memori memungkinkan mobil menemukan ruang dan parkir sendiri.

>>> Komparasi Mobil Listrik dan Bensin dalam Perjalanan 1.500 Kilometer

interior Ora Good Cat berwarna beige
Desain interiornya tak kalah menawan dibandingkan eksteriornya

Ada dua pilihan kapasitas baterai, 47,8 kWh dengan daya jangkau 401 km dan 59,1 kWh dengan jangkauan 501 km. Membawa 145 PS dan torsi 210 Nm ke roda depan, serta sprint 0-50 km/jam 3,8 detik dengan kecepatan tertinggi 150 km/jam. Pengisian standar AC membutuhkan waktu 8 jam, sedangkan pengisian cepat DC dari 30% ke 80% dapat dilakukan dalam 30 menit.

>>> Ada Lagi Nih Mobil China yang Siap Masuk Indonesia, Begini Wujudnya

Disebar ke ASEAN

Nantinya, GWM sedang mempersiapkan Thailand sebagai pusat produksi mobil listrik mereka, memungkinkan Good Cat untuk dirakit secara lokal. Hanya saja belum ada detail resmi mengenai harga Ora Good Cat di Thailand. Sedangkan di negara aslinya, mobil ini dibanderol mulai dari 103.900 yuan (Rp 229 jutaan).

mobil listrik Ora Good Cat terbaru di China
Good Cat direncanakan untuk meluncur di Thailand bulan depan

Bukan hanya di Thailand, Good Cat beberapa waktu lalu sempat terlihat berkeliaran di Malaysia. Membuka kemungkinan bahwa mobil ini siap menyasar Negeri Jiran tersebut. Tak dengan peraturan harga berbasis emisi yang akan diberlakukan Oktober nanti turut membuka jalan bagi produsen mobil listrik untuk masuk ke Indonesia di masa yang akan datang.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top