Mobil Listrik Nio ET7 Siap Lawan Tesla Model S di China

12/01/2021

Mobil baru

3 menit

Mobil Listrik Nio ET7 Siap Lawan Tesla Model S di China
Tesla Model S mendapatkan lawan sepataran. Adalah sedan premium Nio ET7 yang membawa kesan mewah dan teknologi anyar yang akan dipasarkan di Negeri Tirai Bambu.

Nio meluncurkan sedan bertenaga baterai terbaru, Nio ET7 yang akan segera diproduksi. Mobil listrik ini nantinya akan mencoba melawan Tesla Model S yang menghadirkan tampilan elegan dan teknologi terbaru, termasuk sistem swakemudi serta daya jangkau yang jauh lebih panjang dibandingkan model termahal milik Tesla tersebut.

Elegan dan futuristik

Di bagian dalam, Nio mendeskripsikan ET7 sebagai ‘ruang tamu kedua” dengan kursi pijat standar, pintu tanpa bingkai pada jendela, head unit AMOLED 12,8 inci, sistem suara 23 speaker bertenaga 1.000 watt, serta sistem AI NOMI. Sistem ini merupakan fitur suspensi udara ‘pintar’ yang mampu menyesuaikan suspensi dengan kondisi jalan.

kursi Nio ET7 berwarna putih
Bagian dalamnya tak kalah mewah dengan Tesla Model S

>>> Tesla Ingin Punya Desain Mobil Listrik Khusus untuk China

Selain tampilannya yang elegan, mobil ini didukung sistem penggerak yang mengesankan. Nio ET7 menggunakan motor magnet permanen 180 kW di depan dan motor induksi 300  kW di belakang. Nio menyebutkan mobil ini hanya memiliki koefisien hambar 0,23 cd, membawa 653 PS dan torsi maksimal 850 Nm. Membuatnya melaju 0-100 km/jam hanya dalam 3,9 detik.

Yang membuat Nio lebih menawan dibandingkan Tesla Model S adalah jangkauan baterai listriknya. Nio memiliki baterai 70 kWh yang mampu menjangkau 500 km dalam sekali pengecasan, atau baterai 100 kWh untuk jarak tempuh 700 km.

interior Nio ET7 berwarna putih dan hitam
Teknologi yang ditawarkan di dalam kabin terasa futuristik

Dan yang terbaru, mobil ini juga menggunakan baterai solid-state 150 kWh yang mampu menempuh jarak lebih dari 1.000 km. Jarak yang sama dengan pulang pergi Jakarta – Semarang. Hanya saja dilansir dari Car and Driver, baterai 150 kWh masih dalam pengembangan. Namun pengguna bisa menambah kapasitas baterai ke 150 kWh jika sudah tersedia pada 2022 mendatang.

>>> Tesla Model Y Standard Range Kini Tersedia Pilihan 7 Seater

Bisa berkendara tanpa dikemudikan

Mobil ini juga mendapatkan teknologi NIO Autonomous Driving (NAD) yang menjanjikan sistem swakemudi, atau kendaraan yang bisa berkendara tanpa bantuan manusia. Nio mengklaim sistem mereka bisa membantu mobil berpindah dari satu titik ke titik lain, termasuk parkir dan mengisi daya sendiri.

baterai Nio ET7pada platform Edrive
Nio ET7 mendapatkan tiga pilihan baterai

Hal ini bisa terjadi karena ET7 menggunakan sistem Super Sensing NIO Aquila dengan 33 sensor, termasuk 12 sensor ultrasonic, 11 kamera 8 megapiksel, radar gelombang lima milimeter, dua unit pemosisian presisi tinggi, dan sistem LIDAR beresolusi tinggi. Sistem mampu menghasilkan data 8 GB per detik dengan fitur V2X (vehicle-to-everything) yang dapat berkomunikasi dengan mobil lain hingga infrastruktur di luar mobil.

Nio ET7 akan mulai dipasarkan di China pada tahun 2022 dengan harga mulai dari 448.000 yuan (sekitar Rp 983 jutaan) untuk model 70 kWh dan 506.000 yuan (sekitar Rp 1,11 miliar) untuk model 100 kWh. Sedangkan Nio ET7 Premier Edition dengan baterai 100 kWh dibanderol 526.000 yuan (sekitar Rp 1,15 miliar).

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top