Mobil Listrik Masa Depan Ini Bisa Saring Udara Kotor dari Polusi

03/05/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Di tengah kasus polusi yang semakin parah, perusahaan asal Inggris ini menghadirkan Airo, konsep mobil listrik yang bisa digunakan untuk menyaring polusi.

Berbagai inovasi mobil listrik menjadi ruang baru bagi pabrikan otomotif di tengah persaingan teknologi yang semakin ketat. Baru-baru ini, sebuah perusahaan dari Inggris memperkenalkan mobil listrik yang memiliki kemampuan untuk menyaring udara tercemar akibat polusi bagi pengemudi dan penumpang.

Mobil multifungsi

Selain membawa teknologi ramah lingkungan dengan motor listriknya, mobil yang sepenuhnya bisa berkendara tanpa bantuan pengemudi ini mampu menyaring polusi udara ketika sedang berada di jalanan. Bahkan Airo bisa berfungsi ganda sebagai ruang santai saat sedang tidak digunakan.

interior mobil listrik Airo untuk makan
Selain penyaring polusi, mobil ini bisa digunakan sebagai ruang multifungsi

>>> Penjualan Mobil Listrik Bulan Maret 2021 Tembus Setengah Juta Unit

Dimensi kompaknya juga mempengaruhi kepraktisannya dalam menggunakan bodi yang tak begitu lapang sebagai ruang parkir. Bahkan mobil ini dipersiapkan sebagai pengganti ruangan, dimana penghuni bisa melakukan berbagai aktifitas di dalam kabin.

Kursi depan dapat diputar menghadap belakang, sehingga Anda bisa mengubah Airo menjadi ruang makan untuk empat orang. Bahkan bisa digunakan sebagai kamar tidur karena kursinya dapat direbahkan sepenuhnya. Meski tertutup panel kaca, pembuat mobil menyebutkan Airo memiliki teknologi pewarnaan kaca untuk memastikan privasi bagi penumpang di dalam mobil.

>>> Auto Shanghai 2021: Huawei Seres SF5 Terjual 3.000 Unit Dalam 2 Hari

Penyaring udara kotor

Mobil listrik Airo pertama kali diperkenalkan pada pameran Auto Shanghai 2021 lalu dan siap dipasarkan 2023 mendatang. Dimaksudkan sebagai mobil masa depan, Airo menawarkan solusi dari masalah polusi yang semakin parah. Ini adalah mobil konsep pertama rancangan Heatherwick Studio yang berbasis di London.

mobil listrik Airo di Auto Shanghai 2021
Airo pertama kali dirilis di Auto Shanghai 2021

Thomas Heatherwick, pendiri dari studio desain Heatherwick menjelaskan bahwa Airo diciptakan sebagai kendaraan multi-fungsi. Bukan hanya mengurangi polusi udara berkat motor listrik yang digunakan, namun Airo menggabungkan sistem penyaringan udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA) yang menyedot udara yang tercemar dan menyaringnya.

“Dirancang untuk mengatasi kekurangan ruang global secara bersamaan, Airo juga merupakan ruangan multifungsi dengan ruang ekstra untuk makan, bekerja, bermain game, atau bahkan tidur. Sebagai ruang baru untuk hidup kita, dengan pandangan yang berubah, Airo adalah mobil yang dimaksudkan untuk membawa kita ke masa depan yang lebih bersih dan lebih baik,” jelas Thomas ketika diwawancara DeZeen.

>>> Dapatkan pilihan mobil baru terbaik hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top