Mobil Listrik EQXX EV Siap Debut, Jangkau Jakarta - Bali Sekali Cas

23/07/2021

Mobil baru

2 menit

Tak main-main di segmen mobil listrik, Mercedes-Benz EQXX EV menghadirkan daya jangkau terjauh yang bisa menempuh jarak Jakarta ke Bali dalam sekali pengecasan.

Mercedes-Benz EQXX EV pertama kali diperkenalkan tahun lalu, dengan Mercedes mengklaim bahwa mobil listrik ini akan memiliki jangkauan listrik yang lebih jauh dan efisiensi tertinggi dari setiap kendaraan bertenaga baterai yang pernah dibuat. Bahkan daya jangkau baterainya dibuat semakin jauh, dengan catatan 1.200 kilometer atau setara dengan jarak dari Jakarta ke Bali.

Daya jangkau terjauh

Mercedes-Benz sedang mempersiapkan pesaing baru di era mobil listrik. Pabrikan asal Jerman ini telah merilis gambar teaser baru yang menawarkan tampilan yang sedikit lebih jelas dari eksterior mobil dibandingkan foto profil dari siluet yang diluncurkan beberapa waktu lalu.

Prototipe ini pertama kali diperkenalkan selama pembaruan strategi 2020 Mercedes tahun lalu. Sayang belum ada informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi teknis mobil ini. Namun Mercedes menggoda konsumennya dengan perjalanan dari Beijing ke Shanghai dengan satu kali pengecasan baterai, mengindikasikan baterai berdaya 750 mil atau 1.200 kilometer.

>>> Kupas Tuntas Teknologi Truk Listrik Mercedes-Benz eActros

“Hari ini saya ingin membagikan rencana kami untuk benar-benar melampaui, untuk melihat batas jangkauan dan efisiensi baru. Untuk menemukan cara kerja baru, untuk mempercepat pengembangan produk dan kemajuan teknologi,” jelas Markus Schafer selaku Kepala Departemen Penelitian dan Pengembangan Mercedes dalam acara tersebut.

“Kami telah membentuk sekelompok insinyur kami untuk mengambil tugas yang luar biasa, untuk membangun mobil listrik (dengan daya jangkau) terpanjang dan efisiensi tertinggi yang pernah ada di dunia.”

>>> Mercedes-Benz Vito Milik Omesh Disulap Jadi Mobil Darurat

Tingkatkan aerodinamika mobil

Insinyur yang mengerjakan proyek ini mengklaim bahwa dibandingkan meningkatkan kapasitas baterai yang cukup berat dilakukan, mereka ingin meningkatkan efisiensi aerodinamis mobil untuk menambah daya jangkau kendaraan. EQXX EV nantinya akan menonjolkan efisiensi dan powertrain yang lebih tinggi.

daya jangkau mobil listrik Mercedes-Benz terbaru
Mercedes-Benz akan fokus pada daya jangkau dan aerodinamika mobil

Terlihat dari teaser yang dipersiapkan akan fokus pada efisiensi aerofinamika mobil. Mulai dari area depan yang sangat kecil, sedang transisi dari kap ke kaca depan dibuat dangkal untuk membantu aliran udara. Ventilasi depan juga dibuat seminimal mungkin, dengan satu intake udara terlihat di pasang kap mesin.

Sayang EQXX tidak akan diproduksi sebagai mobil baru Mercedes. Konsep ini diharapkan menjadi prototipe yang dirancang untuk menampilkan kehebatan teknologi merek Mercedes EQ yang sedang dikembangkan, seperti SUV EQA dan EQB serta sedan EQS yang siap diuncurkan akhir tahun nanti.

>>> Pilihan harga Mercedes-Benz baru dan promo 2021 ada di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top