Mobil Listrik Bergaya Retro Hyundai Ioniq 5 Tawarkan Kabin Lapang

23/02/2021

Mobil baru

4 menit

Kesan retro langsung terasa dari mobil listrik terbaru Hyundai Ioniq 5, siap menawarkan berbagai kepraktisan berkendara dan ruang kabin terluas di segmennya.

Hyundai menawarkan lini produk bertenaga baterainya dengan meluncurkan mobil listrik Ioniq 5 2021. Desainnya merupakan perpaduan gaya futuristik dengan berbagai teknologi LED bersanding kesan retro pada setiap sisi mobil. Selain jangkauan baterai listrik yang terbilang panjang, ruang kabin yang sangat lega menjadi daya tarik tersendiri bagi mobil ini.

Kesan futuristik bergaya retro

Secara visual, Hyundai Ioniq 5 terinspirasi dari mobil konsep Hyundai 45 EV yang diperkenalkan pada pameran motor Frankfurt 2019. Desain retronya terinspirasi dari mobil penumpang pertama yang diproduksi Hyundai tahun 1970-an, yaitu Hyundai Pony.

mobil baru Hyundai Ioniq 5
Mobil masa depan ini menghadirkan kesan retro bergaya Hyundai

Grille berbentuk strip hitam diapit oleh lampu depan LED bernama Parametric Pixel. Di bagian depan dan belakang terdapat lampu LED bergaya piksel ini yang menambah kesan futuristik pada mobil ini. Lengkap dengan kap mesin tanpa guratan untuk mengoptimalkan aerodinamika dan memaksimalkan daya jangkau kendaraan.

Selain velg berukuran 20 inci, ada port pengisi daya pada kedua sisi kendaraan untuk kepraktisan. Empat lampu belakang berbentuk persegi panjang disandingkan dengan logo IONIQ 5 tepat di tengah. Hyundai menyebutkan ada 9 warna eksterior dan 4 warna interior yang bisa dipilih.

>>> Teaser Hyundai IONIQ 5 Terkuak Jelang Peluncuran

Interior paling lapang di segmennya

Dengan panjang 4,6 meter dan wheelbase 3 meter, Hyundai mengklaim SUV menengah ini menawarkan ruang interior yang sama dengan segmen di atasnya. Bahkan Ioniq 5 diklaim memiliki interior yang lebih panjang dari Hyundai Palisade. Mobil listrik Hyundai ini mengadopsi lantas yang datar, sehingga memberikan ruang kaki ekstra dan kapasitas kargo 531 liter. Fitur lainnya yang tersedia yaitu konsol tengah yang bisa di geser mundur sejauh 140 mm.

dashboard Hyundai Ioniq 5 berwarna putih
Kesan futuristik semakin jelas terlihat pada dashboard

>>> Hyundai Palisade Mengaspal di Indonesia, Harganya Mulai Rp 770 Jutaan

Dashboardnya didominasi oleh sepasang layar berukuran 12.0 inci. Satu digunakan untuk kluster instrument bagi pengemudi, dan yang lainnya menyediakan semua jenis infotainment bagi penghuni kabin. Menariknya, Hyundai mengklaim bahwa sebagian komponen interior dibuat dari bahan daur ulang.

kabin Hyundai Ioniq 5 dengan kursi depan direbahkan
Kabin membawa ruang yang sangat lapang dibandingkan pesaingnya

Ruang kaki di belakang terasa sangat lapang berkat kursi depan lebih tipis 30% dibandingkan biasanya. Kesan lega terasa dengan satu panel kaca pada bagian atap. Teknologi masa depan yang ditawarkan terlihat dari atap bertenaga surya yang tersedia untuk mentransformasi energi matahari dan mentransfernya ke baterai untuk meningkatkan daya jangkau kendaraan.

>>> First Drive Hyundai KONA EV 2020: Crossover Listrik yang Fun To Drive

Percepatan dan daya jangkau maksimal

Dua pilihan baterai berkapasitas 58 kWh atau 72,6 kWh tersedia. Dengan dua baterai dan satu motor listrik, Hyundai Ioniq 5 menawarkan tenaga 170 PS dan torsi maksimal 350 NM. Sedangkan model AWD yang lebih bertenaga mampu menghadirkan daya 210 PS serta 350 Nm torsi maksimal dari motor di as belakang, ditambah 95 PS dan 255 Nm dari motor depan. Dengan konfigurasi ini, waktu sprint 0-100 km/jam tercatat hanya 5,2 detik.

mengisi daya Hyundai Ioniq 5 dari stasiun pengisian
Pengisian 5 menit mampu menempuh jarak 100 kilometer

>>> Hyundai Ioniq dan Kona Jadi Mobil Listrik Termurah di Indonesia

Setelah daya mobil habis, pengisian baterai dari kosong hingga 80% bisa dilakukan hanya dalam 18 menit menggunakan stasiun pengisian 800 V dengan pengisi daya 350 kW. Hyundai menyebutkan bahwa pengisian selama 5 menit saja sudah cukup untuk membawa mobil ini melaju sejauh 100 kilometer (berdasarkan pengujian WLTP). Versi penggerak roda belakang dengan baterai yang lebih besar memiliki jangkauan maksimal hingga 480 kilometer.

Salah satu fitur penting lainnya dari Ioniq 5 adalah kemampuan untuk mengisi daya ke peralatan listrik lainnya melalui fungsi V2L (Vehicle to Load). Fitur ini mampu memasok daya hingga 3,6 kW dari port yang dipasang di bawah jok belakang. Bahkan ketika mobil ini dimatikan, Anda bisa mendapatkan daya dari port lain yang terpasang di bagian luar mobil ini.

bagian atas Hyundai Ioniq 5 dengan kaca dari panel surya
Ioniq 5 bahkan dilengkapi dengan panel tenaga surya pada atap

Hyundai Ioniq 5 merupakan yang pertama dari sub-merek Ioniq yang dikembangkan khusus untuk kendaraan listrik. Hyundai menyebutkan bahwa lineup ini akan bertambah pada tahun 2022 dengan kedatangan Ioniq 6 sebagai versi produksi dari mobil konsep Hyundai Prophecy. Sedangkan SUV Hyundai Ioniq 7 diprediksi meluncur tahun 2024.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas Hyundai di sini

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top