Mobil Legendaris Lancia Delta Hidup Lagi, Kini Jadi EV

13/10/2021

Mobil baru

3 menit

Lancia Delta adalah Hatchback ikonik yang dikenal melalui prestasinya di dunia reli. Kini Lancia berencana menghidupkan kembali sang legenda sebagai EV.

Mungkin nama Lancia terdengar asing bagi para milenial, pabrikan asal Italia ini memang sudah lama tak meluncurkan mobil baru. Mobil terakhir yang mereka luncurkan adalah Lancia Ypsilon pada tahun 2011 dan hanya dipasarkan secara lokal.

Padahal, Lancia punya sejarah motorsport yang panjang dan penuh prestasi, terutama di ajang reli pada tahun 1960-an hingga 1990-an. Hingga hari ini, Lancia Delta, ikon reli mereka masih terus eksis di dunia pop culture karena dominasinya.

Sekarang, mereka berencana untuk menghidupkan sang legenda sebagai mobil listrik. CEO Lancia, Luca Napolitano berjanji bahwa mobil itu akan tetap mempertahankan identitasnya sebagai Hatchback performa tinggi yang menyenangkan untuk dikendarai. Kami tak mau terlalu optimis mengingat sejarah penerus Delta sebelumnya.

>>> Lancia Stratos Jadi Supercar Modern? Mungkin Begini Tampilannya

Gambar Lancia Delta

Penerus terakhir Lancia Delta, sama sekali tidak mencerminkan sebuah mobil yang menarik dan memiliki silsilah legenda reli

Apakah Mereka Akan Berhasil Kali Ini?

Lancia Delta adalah nama yang legendaris. Dari Delta, Lancia melahirkan S4, mobil performa tinggi yang dibuat khusus untuk reli, versi Homologasi dengan nomenklatur Stradale, Integrale yang fenomenal, dan Integrale Evoluzione serta Evoluzione II yang membuat rival di World Rally Championship (WRC) bertekuk lutut.

Delta generasi pertama memenangkan WRC enam kali berturut-turut, dan mengukuhkan statusnya sebagai legenda. Tak banyak mobil yang membawa silsilah seperti itu.

Sayangnya, sejauh ini Lancia masih belum mampu menghidupkan kembali kesuksesan Delta generasi pertama dalam beberapa dekade berikutnya. Mobil generasi kedua yang diluncurkan pada tahun 1993 jauh lebih jinak dan hadir secara eksklusif sebagai mobil berpenggerak roda depan.

Gambar Lancia Delta

Apakah kali ini mereka akan berhasil menghidupkan kembali mobil ini?

Mereka pun menghentikan produksi mobil tersebut pada tahun 1999, hanya untuk menghidupkan kembali nama Delta pada tahun 2008. Saat itu, Lancia Delta adalah hatchback keluarga berbasis Fiat, bergaya canggung yang menargetkan pasar hatchback keluarga premium.

>>> Mitsubishi Kembali Luncurkan Evolution, Tapi Kok Jadi Mobil Listrik?

Tidak ada upaya nyata yang dilakukan untuk menghubungkannya dengan Delta yang fenomenal di masa lalu. Bahkan, mobil itu bahkan dijual sebagai Chrysler di Inggris. Sesuai dugaan, mobil itu gagal total.

Kami Berharap Ini Pintu Masuk Lancia Kembali ke Reli

Seperti yang kita tahu, saat ini industri otomotif sedang mengalami transisi besar menuju elektrifikasi. Dunia motorsport pun akan mengikut, begitu pula dengan reli yang mulai memperkenalkan mobil listrik sebagai 'peserta'.

Kami berharap mobil ini akan menjadi sebuah Hatchback All-Wheel Drive yang menyenangkan untuk dikendarai sebagaimana sebuah Lancia Delta. Dengan itu, Lancia pun bisa kembali untuk berlagai di ajang reli dunia.

Gambar Sketsa Delta

Mantan desainer Fiat dan Rimac sempat 'iseng' membuat Delta modern dari interpretasi pribadinya

"Mobil itu akan kembali dan itu akan menjadi Delta sejati: mobil yang menarik, sebuah manifesto kemajuan dan teknologi. Dan jelas, itu akan menjadi listrik," kata CEO Luca Napolitano.

Semoga saja kali ini Lancia dapat menemukan resep yang tepat dan Luca dapat menepati janjinya dengan baik. Kita tunggu saja karena mereka berniat untuk meluncurkan mobil ini pada tahun 2026.

>>> Klik di sini untuk menemukan mobil impian Anda

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top