Mobil China Ini Terang-Terangan Caplok Desain Toyota Land Cruiser 2021

03/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Pabrikan Great Wall Motors (GWM) memperkenalkan mobil terbarunya Tank 500 yang anehnya memiliki banyak kemiripan dengan mobil baru Toyota Land Cruiser 2021.

Pasar mobil China memang meledak selama dua dekade terakhir. Permintaan yang terus tumbuh hingga penjualan yang bertambah, beberapa pabrikan lokal mulai berkreasi dengan memproduksi beragam mobil baru. Namun sayang beberapa kreasi tersebut tidak semuanya unik. Sebagian bahkan terlihat menyerupai mobil yang sudah ternama, seperti Toyota Land Cruiser 2021.

Dimensi sama persis

Disebut juga dengan nama Tank 500, mobil ini bukanlah kendaraan lapis baja yang digunakan oleh pasukan tentara. Namun mobil yang terlahir dari pabrikan China, Great Wall Motors (GWM), ini memiliki kemiripan yang sangat kentara dengan Land Cruiser terbaru yang diperkenalkan Toyota beberapa waktu lalu.

desain Tank 500 yang mirip dengan Toyota Land Cruiser 300
Dimensinya terlihat sama dengan Land Cruiser 300

GWM memperkenalkan duo mobil terbarunya, Tank 400 dan Tank 500 pada pameran otomotif Chengdu Auto Show 2021 yang baru saja diselenggarakan di China. Sebelumnya diperkenalkan dalam bentuk sketsa tease yang disebut dengan nama Tank 600, profil sampingnya dibuat sangat mirip dengan Toyota Land Cruiser 300 Series terbaru.

Memang bagian depan tidak terlalu sama dengan SUV premium Toyota tersebut. Namun yang menarik perhatian adalah dimensi yang diberikan. Tank 500 berukuran panjang 5.096 mm, lebar 1.932 mm, tinggi 1.905 mm, serta jarak poros roda 2.850 mm yang dibuat sangat identik dengan Land Cruiser 300.

>>> Toyota Land Cruiser 2021 Punya Rival Asal China, Launching 29 Agustus

Desain dari sana-sini

Selain kemiripan dengan Toyota Land Cruiser terbaru di bagian luar, tampilan interiornya mencaplok berbagai desain lain. Ada instrument kluster berukuran 12,3 inci, selektor girboks yang terinspirasi dari Volvo, hingga jam analog yang mirip dengan gaya Rolls-Royce..Tank 500 dibekali tiga baris kursi untuk menampung hingga tujuh orang penumpang.

interior Tank 500 yang mirip dengan Toyota Land Cruiser 300
Bagian dalam mengambil inspirasi dari berbagai desain mobil premium lain

Tank 500 dipersiapkan untuk perjalanan off-road dengan ground clearance 223 mm dan kedalaman rendam 800 mm. Di bawah kap, ada mesin bensin V6 3.0 liter turbocharged yang disandingkan dengan sistem mold hybrid 48 volt yang menghasilkan total 349 daya kuda dan torsi maksimal 500 Nm.

>>> Selain Toyota Hilux, Truk Pikap Ini Jadi ‘Amunisi’ Tentara Taliban

selektor girboks mobil baru Tank 500 dari China
Ada selektor yang terlihat identik dengan bahasa desain Volvo

Belum ada informasi lebih lanjut mengenai harga yang ditawarkan. Namun media lokal China memperkirakan Tank 500 akan dibanderol dengan harga $ 46.000 (sekitar Rp 665 jutaan). Tag harga yang anehnya sangat mirip dengan Land Cruiser 300 yang dipasarkan di Jepang, 5,1 juta yen (Rp 660 jutaan).

>>> Dapatkan harga mobil Toyota baru dan promo menarik hanya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top