Mobil Bertenaga Hidrogen, Riversimple Rasa, Diklaim Lebih Efisien Dibandingkan Tesla

14/05/2018

Mobil baru
Share this post:
Mobil Bertenaga Hidrogen, Riversimple Rasa, Diklaim Lebih Efisien Dibandingkan Tesla
Tesla memang menjadi salah satu kuda hitam dalam perebutan puncak efesiensi otomotif di dunia. Tapi jangan salah, perusahaan Inggris ini mencoba menantang Tesla dalam teknologi ‘bahan bakar paling hemat’ dengan Riversimple Rasa bertenaga hidrogen.

Ketika produsen mobil terpaku pada pengembangan mobil listrik generasi berikutnya, Riversimple, salah satu perusahaan Inggris ini memiliki ide lain. Adalah Riversimple Rasa dua penumpang bertenaga hidrogen yang memiliki desain futuristik yang digabungkan dengan gaya retro yang mungkin bisa menawarkan alternatif yang layak untuk kendaraan listrik.

Perusahaan yang berbasis di Wales ini menciptakan Rasa, mobil kecil dengan jarak tempuh hampir mendekati 500 km hanya dengan ‘bermodalkan’ 1,5 kg hidrogen. Teknik kendaraan ini juga sangat berbeda dengan mobil lain di pasaran. Perbedaannya, mobil ini memiliki motor di setiap roda.

Gambar yang menunjukan mobil baru Riversimple Rasa berwarna biru dengan gaya retro

Bergaya retro, Riversimple Rasa diklaim lebih efisien dari mobil listrik

Didukung oleh elektrolisis terbalik, Hidrogen dan oksigen digabungkan untuk menciptakan listrik dan air yang menjadi pembuangan yang dikeluarkan dari knalpot. Mobil Riversimple menggunakan model hidrogen lain, seperti Toyota Mirai, tapi juga kendaraan listrik dari perusahaan terkenal seperti Tesla dan produsen besar lainnya.

>>> Baca juga berita mobil baru lainnya disini

“Semua pabrikan mobil besar sedang membangun mobil hidrogen tetapi mereka mencoba untuk retrofit teknologi ke dalam jenis mobil yang mereka buat. Dan semuanya, secara efektif, dibangun dengan cara yang sama seperti mobil ... telah ada selama seratus tahun terakhir,” jelas Hugo Spowers, pendiri Riversimple dalam wawancaranya bersama CNBC, Jumat (11/5).

Penantang Tesla ini membandingkan mobil ciptaannya, Rasa A, yang bisa melakukan perjalanan hampir mencapai 500 km pada bahan bakar penuh melawan 571 km jarak tempuh yang dimiliki oleh Tesla Model S. Tapi, Spowers mengklaim bahwa efisiensi energi mobil hidrogen lebih baik dibandingkan mobil listrik.

>>> Baca juga Brabham BT62 mengharuskan calon pengemudi untuk latihan

“Efisiensi energi mungkin merupakan metrik tunggal yang benar-benar harus kita kejar di masa depan. Baterai sangat berat dan efisiensi mobil sangat bergantung pada berat mobil. Jadi baterai sangat bagus untuk aplikasi jarak dekat. Tetapi sekitar 100, atau 120 mil, kami percaya kami dapat membuat mobil hidrogen lebih efisien daripada mobil baterai,” kata Spowers.

Gambar yang menunjukan mobil baru bergaya retro Riversimple Rasa dari samping

Mobil unik ini rencananya akan diproduksi massal pada 2020

Riversimple diprediksi akan memproduksi beberapa mobil dengan tujuan produksi massal pada tahun 2020. Menariknya, perusahan akan membuka desain teknologinya kepada produsen lain. Sehingga, secara teoritis , produsen lain bisa menyalin teknologi yang dikembangkan oleh Riversimple ini. Hal ini dilakukan untuk membuka rantai pasokan untuk megurangi biaya produksi, sebagaimana dijelaskan oleh Spowers.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

Share this post:
 
back to top