Deretan Mobil Baru yang Bisa Anda Temukan di GIIAS 2021

18/11/2021

Mobil baru

8 menit

Share this post:
Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show selalu menghadirkan deretan mobil yang menarik setiap tahunnya. Apa saja line up mobil baru untuk tahun ini?

Beberapa pabrikan otomotif di Indonesia memanfaatkan momentum GIIAS 2021 dengan meluncurkan produk terbaru mereka. Terlihat segmen MPV dan SUV cukup mendominasi deretan mobil baru yang melantai di pameran yang berlokasi di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan.

Namun, beberapa merek mulai kembali meluncurkan sedan baru mereka setelah skema pajak PPnBM bagi kendaraan berdasarkan emisi diberlakukan. Dalam artikel ini, kami akan menjabarkan beberapa mobil baru yang bisa Anda lihat di GIIAS yang akan dilangsungkan hingga 21 November nanti.

Gambar Toyota All New Avanza

Meski terbilang mobil baru, All New Avanza diluncurkan persis sebelum GIIAS 2021, karena itu kami tidak memasukannya dalam artikel ini

Oh iya, sebagai catatan. Mobil baru yang kami sebutkan di bawah merupakan mobil-mobil yang benar-benar baru diluncurkan selama ajang GIIAS. Karena, beberapa mobil seperti Toyota All New Avanza, Daihatsu All New Xenia, Mitsubishi New Xpander, dan All New Honda BR-V sudah diluncurkan terlebih dahulu sebelum GIIAS berlangsung.

1. Hyundai CRETA

Berbeda dengan mobil-mobil yang kami sebutkan, Hyundai CRETA versi Indonesia melakukan premiere-nya di GIIAS 2021. Mobil baru yang akan menjadi pesaing bagi Honda HR-V dan KIA Seltos ini hadir dengan deretan fitur canggih dan tampilan futuristik.

>>> Review Hyundai CRETA 2021: SUV Pertama Hyundai untuk Orang Indonesia

Gambar Hyundai CRETA

Hyundai CRETA merupakan salah satu mobil baru yang paling banyak dilihat oleh para pengunjung GIIAS

Hyundai CRETA ditawarkan dalam empat pilihan trim dan dua pilhan transmisi. Trim terendah, CRETA Active 6-speed MT ditawarkan dengan banderol Rp 279 juta. Sedangkan CRETA Prime IVT sebagai flagship dihargai Rp 399 juta.

Uniknya, Hyundai Motors Indonesia (HMID) menawarkan layanan My Own CRETA yang memungkinkan konsumen untuk melakukan kustomisasi sesuai hati dengan 10 pilihan warna eksterior, 2 pilihan warna interior, dan 10 paket fitur.

2. Kia Seltos GT Line dan CRDi

Masih dari negeri ginseng, Kia juga meluncurkan dua varian terbaru untuk Compact SUV andalan mereka, Seltos. Pertama adalah Seltos GT Line yang akan menjadi flagship dengan fitur terlengkap dan tampilan sporty.

Gambar Kia Seltos CRDi

Kia Seltos CRDi bisa menjadi alternatif bagi penggemar mobil diesel

Yang kedua dan tak kalah menarik, Seltos EXP CRDi yang menjadi satu-satunya Compact SUV bermesin diesel di Indonesia. Varian GT Line dibanderol dengan harga Rp 415 juta, sedangkan EXP CRDi dihargai Rp 389 juta.

3. Isuzu MU-X 4x4

Isuzu meluncurkan MU-X 4x4 terbaru dengan tampilah yang lebih gagah dan modern serta mesin baru yang kini lebih kompak di GIIAS 2021. Mesin berkapasitas 1,9 Liter tersebut memiliki tenaga 148 HP dengan torsi 350 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke empat roda melalui transmisi otomatis tiptronic 6-percepatan.

Gambar Isuzu MU-X

Dipamerkan dengan tambahan aksesori off-road yang membuatnya tampak lebih tangguh dan siap melibas berbagai medan jalan

Mobil yang menyasar konsumen fleet khususnya di area tambang dan perkebunan ini dibanderol dengan harga Rp 559,9 juta.

>>> Ragam Promo Mobil Baru Paling Menarik di GIIAS 2021

4. Suzuki Ertiga Sport FF

Kalau tiga rivalnya berganti wajah hingga transmisi, Suzuki Ertiga pun ikutan berdandan. Memang bukan ubahan radikal, melainkan hanya penambahan aksesoris yang dilakukan pada Suzuki Ertiga Sport dengan emblem FF (Finest Form). Mobil ini hadir dengan warna two tone yang bisa dibilang pertama di kelasnya.

Gambar Suzuki Ertiga Sport

Apakah sudah saatnya Ertiga mendapatkan facelift?

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) hanya memproduksi Suzuki Ertiga Sport FF sebanyak 125 unit. Anda bisa memilihnya dalam opsi transmisi manual dengan harga Rp 258,35 juta dan opsi transmisi otomatis yang dibanderol Rp 268,35 juta.

5. Kia Grand Carnival

Selain Kia Seltos yang kami sebutkan, PT Kreta Indo Artha (KIA) juga turut meluncurkan Grand Carnival sebagai mobil baru mereka. MPV bongsor dengan kapasitas 11-penumpang ini akan berhadapan dengan rival senegaranya, Hyundai Staria.

Gambar Kia Grand Carnival

Big MPV ini akan bersaing dengan Hyundai Staria

KIA menawarkan mobil ini dalam satu varian saja dan dibanderol dengan harga Rp 886,8 juta. Cukup menarik untuk Big MPV dengan akomodasi jempolan ini.

6. BMW M4 Competition x KITH

Beralih ke mobil baru bertipe sedan, BMW Indonesia meluncurkan M4 Competition x KITH yang berkolaborasi dengan brand street wear KITH asal New York, Amerika Serikat.

Gambar BMW M4 Competition x KITH

Mobil ini hanya ada 1 unit di Asia Tenggara

Hanya 150 unit di seluruh dunia, unit yang dibawa ke Indonesia merupakan satu-satunya di Asia Tenggara. Sebagai satu-satunya kolaborasi yang mengubah emblem BMW M, mobil ini dibanderol dengan harga Rp 2.999.000.000 (off-the-road).

>>> GIIAS 2021: BMW Luncurkan M4 Competition x KITH Satu-satunya di Asia Tenggara

7. Morris Garage (MG) 5 GT

Gambar MG 5 GT

Ini adalah sedan pertama yang diluncurkan oleh MG untuk konsumen Indonesia

Baru setahun masuk ke Indonesia, MG Motors membawa model anyarnya dengan tampilan yang sleek. Adalah MG 5 GT berkelir Nuclear Yellow yang bisa dipesan oleh penggemar sedan bergaya sporty di Indonesia. Belum ada konfirmasi resmi, namun bocoran media menyebutkan bahwa harga MG 5 GT dibanderol mulai dari Rp 400 jutaan.

8. Lexus ES 300 h

Lexus merupakan pabrikan berikutnya yang masuk ke ranah elektrifikasi di Indonesia. Kali ini mereka memperkenalkan sedan mewah Lexus ES Hybrid 300h yang menggabungkan mesin bensin dengan motor listrik. Mobil yang dibanderol dengan harga Rp 1,1 miliar ini sudah mendapatkan fitur kelas atas, seperti Lexus Safety System+.

Gambar Lexus ES 300 h

Ingin tampil berkelas sekaligus melestarikan lingkungan? Sedan ini bisa menjadi pilihan Anda

Di dalam ada head unit layar sentuh berukuran 12,3 inci yang sudah memuat konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Disandingkan dengan sistem audio premium milik Mark Levinson 17 speaker dan Nanoe™X Air Purification System yang mampu membasmi bakteri, virus, serta menghilangkan bau tak sedap yang ada di dalam kabin.

Itu lah deretan mobil baru yang benar-benar fresh from the oven karena baru diperkenalkan di GIIAS 2021. Mana yang menjadi kesukaan Anda?\

>>> Temukan Mobil Bekas Impian Anda di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top