Rilis di Eropa, Mitsubishi Fuso Canter Bawa Teknologi Canggih

11/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Mitsubishi Fuso Canter merupakan truk ringan andalan Mitsubishi yang kini mulai memasuki pasar truk di benua Eropa dalam segmen pasar truk kelas ringan.

Sejak lama, segmen pasar truk di benua biru memang didominasi oleh merek asal Eropa. Maklum saja, bermain di kandang sendiri tentu memberikan keuntungan dalam hal mengenal betul kebutuhan dan perilaku konsumen. jadi wajar-wajar kalau merek non Eropa mengalami kesulitan untuk menembus dominasi mereka. 

Belakangan, Mitsubishi Fuso Canter yang sudah berkiprah di seluruh penjuru dunia sejak tahun 1963 akhirnya mampu menerobos dominasi merek Eropa di kandang mereka sendiri. Tentunya, tanpa melupakan jasa Daimler Trucks yang menjadi induk semang Mitsubishi Fuso. Selain itu, truk Fuso Canter untuk pasar benua Eropa ini juga mengusung segudang fitur andalan. 

Truk Ringan

Menilik segmentasinya, Daimler Trucks memposisikan Mitsubishi Fuso Canter untuk mengisi pasar truk ringan dengan kategori bobot sebanyak lima kelas (3,5 ton-8,55 ton).

Menyesuaikan kebutuhan konsumen, truk Fuso Canter tersedia dalam enam pilihan wheelbase (mulai dari 2.500 mm hingga 4.750 mm), tiga varian kabin ((standar 1,7 m, comfort 2,0 m, crewcab 2,0 m) dan tiga opsi tenaga mesin (130 hp - 175 hp).

gambar fuso canter

Fuso Canter, truk ringan andalan Mitsubishi yang sukses menembus pasar truk Eropa 

Khusus untuk pasar Inggris, truk Fuso Canter ditawarkan dengan spesifikasi kelas bobot 3,5 ton, kabin tipe S dan wheelbase 3.400 mm. Mesin dieselnya sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro 6-Step E.

>>> Tips Kalau Ingin Modifikasi Mobil Truk Canter, Makin Meriah Makin Menarik

Fitur Keselamatan

Mengingat konsumen truk di benua Eropa sangat cerewet soal keselamatan, Mitsubishi melengkapi Fuso Canter dengan segudang fitur keselamatan antara lain Advanced Emergency Braking System (AEBS), Electronic Stability Program (ESP) dan Lane Departure Warning System (LDWS).

gambar fuso canter

Disesuaikan dengan karakter dan kebutuhan konsumen truk di pasar Eropa

Tambahan lainnya adalah sistem Sideguard Assist yang dibekali sensor radar untuk mendeteksi semua benda pada sisi blind spot di samping truk. Bila terindikasi potensi tabrakan, sistem akan menghidupkan alarm supaya pengemudi cepat bertindak.

Tidak ketinggalan penerapan lampu depan LED yang lebih terang 30% namun tidak menyilaukan, fitur Autolight dan proteksi underrun belakang yang lebih kuat.

>>> Hebat! Truk Listrik Ini Ngecas Lebih Cepat Dari Laptop

Mitsubishi Fuso Canter

gambar fuso canter

Salah satu truk ringan legendaris kreasi Mitsubishi 

Sejak masuk pasar truk mulai tahun 1963, tercatat sudah 4,5 juta unit truk Fuso Canter yang diproduksi. Sedari awal, Fuso Canter memang diposisikan sebagai truk ringan dengan nilai jual unggulan berupa radius putar yang kecil, daya angkut optimal dan serbaguna. Produksi Fuso Canter versi Eropa akan dipusatkan di pabrik Mitsubishi Tramagal, Portugal, mulai Desember 2021.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top