Mirip Xiaokang C36, Seperti Ini Gambaran Calon Model Baru DFSK Indonesia

27/01/2020

Mobil baru

3 menit

Mirip Xiaokang C36, Seperti Ini Gambaran Calon Model Baru DFSK Indonesia
Viral di media DFSK Indonesia bakal menghadirkan model baru berjenis minivan. Seperti apa gambaran sebenarnya model baru DFSK Indonesia ini di negara asalnya?.

Perlahan tapi pasti pabrikan mobil merek China menunjukkan tajinya di Indonesia. Hal ini terlihat dari data penjualan mobil sepanjang 2019, di saat mayoritas merek Jepang dan Eropa mengalami penurunan signifikan, dua merek China Wuling Motors dan DFSK malah meningkat tajam. Wuling meningkat lebih dari 30%, sedangkan DFSK meningkat lebih dari 200%.

Selain data penjualan, merek China juga aktif menghadirkan model baru tiap tahun. Wuling Motors punya Confero S, Cortez 1.5, Cortez Turbo, serta Almaz series. Sedangkan DFSK Indonesia sudah meluncurkan Glory 580, Super Cab, dan Glory 560.

>>> Hanya 6 Merek Yang Penjualannya Naik, DFSK Paling Ngegas

Calon model baru DFSK Indonesia

Kabar teranyar, model baru DFSK Indonesia saat ini tengah dipersiapkan dan segera hadir. Kabar ini bermula dari gambar mobil yang diunggah di di akun Instagram @enzo.dfsk berdesain minivan dengan logo DFSK. Tidak ada yang lain pada gambar tersebut baik dari depan maupun dari belakang, selain logo DFSK yang terpampang jelas. Sedangkan identitas berupa tulisan dan emblem ditutup stiker.

Pihak DFSK Indonesia belum memberikan pengumuman resmi soal model baru ini, namun tidak memungkiri akan ada model baru yang bisa menyasar segmen penumpang dan komersil. "Iya betul, tapi belum bisa info nih. Mudah-mudahan di semester awal ini, tapi yang jelas ada di segmen komersil dan passenger," tutur PR & Digital Manager DFSK, Arviane D. Bahar, seperti dikutip dari Tempo, (24/1/2020).

DFSK C36

Dari penelusuran yang kami lakukan, kami temukan model paling identik dengan yang viral tersebut adalah Dongfeng Xiaokang C36 atau Dongfeng Sokon C36 alias DFSK C36, saudaranya DFSK C35 dan DFSK C37. Ketiganya memang serupa dan nyaris sama. Sama-sama berbentuk van dengan panjang kurang dari 5 meter.

Foto menunjukkan DFSK C36 tampak dari samping depan

Foto menunjukkan DFSK C36 tampak dari samping kiri

Foto menunjukkan DFSK C36 tampak dari samping kanan

DFSK C36 punya pintu geser di sebelah kiri dan kanan

Bedanya, yang pertama terletak pada grill depan. DFSK C37 memiliki 3 kisi, sedangkan C36 dan C35 hanya punya 2 kisi. Yang kedua, DFSK C35 hanya tersedia model blind van dengan kaca tertutup seperti umumnya mobil sales. Sedangkan C36 dan C37 punya jendela kaca yang bisa dibuka seperti umumnya minibus. Perbedaan berikutnya DFSK C37 dan C35 hanya memiliki pintu geser di satu sisi, sedangkan C36 memiliki dua pintu geser di kedua sisi yaitu kiri dan kanan. Bisa dilihat perbedaannya pada gambar berikut:

>>> Berencana Meminang Mobil Baru? Simak Promo Awal Tahun DFSK Berikut Ini

Foto menunjukkan mobil DFSK C37 tampak dari depan

Foto menunjukkan mobil DFSK C37 tampak dari samping kiri

Foto menunjukkan mobil DFSK C37 tampak dari samping kanan

DFSK C37 tampak dari berbagai sisi

Foto menunjukkan mobil DFSK C35 tampak dari depan

Foto menunjukkan mobil DFSK C35 tampak dari samping kiri

Foto menunjukkan mobil DFSK C35 tampak dari samping kanan

DFSK C35 menyasar segmen komersil

Gambar yang beredar di unggahan Instagram @Enzo_dfsk, tidak menampilkan kedua sisi kendaraan yang lain sehingga tidak diketahui apakah kedua sisinya memiliki pintu geser. Namun dari desain gril-nya secara jelas menunjukkan gambar tersebut adalah DFSK C36. Mobil dengan mesin bensin 1.500 cc bertenaga maksimum 115 Hp, torsi maksimum 145 Nm dan transmisi manual 5 percepatan.

Catatan

Di Geneva Motor Show 2015 DFSK menampilkan C37 sebagai model konsep MPV berkapasitas 9 penumpang dengan emblem C37 ESP. Ini yang kemudian menjadi versi produksi dari DFSK C36. Seperti apa kenyataan mobil ini serta namanya untuk pasar Indonesia, tunggu saja ramai-ramai sampai mobil ini resmi diluncurkan!

>>> 7 Hal Yang Anda Harus Ketahui Dari DFSK Glory 560

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top