MINI Cooper Dapatkan Facelift Minor untuk Model 2021

28/01/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Jika Anda termasuk yang menantikan MINI Cooper generasi terbaru, ini bukan kabar bagus. MINI kembali memberikan model ikoniknya itu penyegaran untuk tahun 2021.

Setelah pertama kali mendapatkan facelift tahun 2018, MINI Cooper kembali mendapat penyegaran untuk model 2021, yang berdampak pada seluruh varian mulai dari hatchback, model lima pintu, John Cooper Works, sampai EV Cooper SE.

Seluruh model tersebut akan mulai dijual mungkin sekitaran akhir tahun ini, di mana desain dasar MINI Cooper generasi ketiga yang rilis tahun 2014 masih dipertahankan dengan penyesuaian bahasa desain terbaru, sekaligus update teknologi mobil.

>>> MINI Cooper SE Edisi The Flash ini Dilukis oleh Kartunis Aslinya

Fascia depan disegarkan, tiga warna baru

Ubahan paling signifikan pada eksterior MINI Cooper 2021 adalah di bagian depan, di mana tampilan gril dengan finishing hitam glossy diubah menjadi sewarna body, yang memberi kesan lebih atraktif.

Tampilan depan MINI Cooper 2021

Tampilan depan MINI Cooper facelift dengan aksen bumper sewarna body

Kini lampu depan juga sudah menggunakan teknologi LED, dan pilihan velg 17 dan 18 inci dengan tampilan yang lebih unik. Beralih ke bagian belakang, MINI juga memberikan sentuhan sewarna body di bumper belakang mobil.

Selain itu, lampu belakang dengan pattern Union Jack juga kini menjadi standar di seluruh line-up MINI Cooper 2021. Dan mulai facelift tahun ini juga, MINI memberi tiga pilihan warna baru, Grey Metalic, Island Blue, dan Zesty Yellow (foto utama).

MINI Cooper body highlights 2

MINI menambahkan tiga pilihan warna untuk MINI Cooper facelift

Sebagai varian tertinggi line-up MINI Cooper 2021, John Cooper Works jadi satu-satunya yang tidak mendapat treatment aksen sewarna body di gril depan. Tapi memakai gril dengan pattern heksagonal yang membuat tampilan makin agresif, dan juga dua buah kisi-kisi udara berukuran besar. Beralih ke bagian belakang, ukuran spoiler mobil dibuat sedikit lebih besar, dan dipadukan sepasang kisi-kisi udara dan aksen sewarna body di bagian bumper belakang.

Masuk ke dalam, MINI Cooper facelift hadir dengan desain dasbor baru dengan letak kisi-kisi AC baru, dan finishing piano black pada head unit berukuran 8,8 inci dengan konektivitas Apple CarPlay. MINI juga menyediakan opsi ambient lighting, dan juga kursi dengan aksen Chequered flag.

>>> MINI Sebar Teaser John Cooper Works EV, Masih Dibalut Kamuflase

Pertahankan line-up mesin 2018

Untuk pilihan mesin, MINI Cooper 2021 masih mempertahankan varian dari facelift sebelumnya, di mana varian entry level masih memakai mesin 1.5L turbo yang menghasilkan tenaga 134 HP dan torsi 220 Nm yang dihubungkan ke girboks manual 6-percepatan atau Otomatis Dual-Clutch 7-percepatan.

Mesin 2.0L turbo yang dipakai di MINI John Cooper Works

Line-up mesin masih dipertahankan, termasuk untuk varian John Cooper Works

Sedang varian di atasnya, Cooper S masih memakai mesin 2.0L turbo yang sama dengan tenaga 189 HP dan torsi 281 Nm. Mesin serupa juga dipakai varian John Cooper Works, namun dengan tenaga lebih besar, berkisar di 228 HP dan torsi 320 Nm. MINI Cooper SE juga tidak mendapatkan perombakan powertrain, di mana EV tersebut masih menawarkan tenaga 184 HP dan torsi 366 Nm dengan jarak tempuh 177 km.

Line-up MINI Cooper 2021

Kenaikan harga dari model tahun 2020 tidak banyak, paling hanya sekitar Rp 7 juta

Dengan serangkaian upgrade minor ini, harga MINI Cooper 2021 hanya naik sedikit dari facelift pertama. Di mana tiga trim Cooper standar, yakni Classic Signature, dan Iconic naik sekitar $500 (setara Rp 7,06 juta) ketimbang model tahun 2020, begitu juga dengan Cooper S dan juga John Cooper Works Classic, paling hanya Cooper SE yang tidak mengalami kenaikan harga.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda lihat di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top