Microlino 2.0, Mobil Listrik 2-Seater Seharga Toyota Avanza

09/09/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Terinspirasi dari BMW Isetta yang melegenda, Microlino 2.0 merupakan sebuah mobil listrik 2 tempat duduk yang dibanderol seharga dengan Toyota Avanza.

Mobil ini diberi nama Microlino 2.0, sebuah city car dengan baterai listrik yang terinspirasi dari BMW Isetta. Versi final diluncurkan pada gelaran IAA Mobility Show 2021 di Munich dengan produksi dijadwalkan mulai pada akhir 2021 mendatang. Harganya terbilang murah untuk sekelas mobil listrik, yaitu setara dengan sebuah Toyota Avanza

City Car 2-seater

Perusahaan asal Swiss, Micro, pertama kali memperkenalkan Microlino pada tahun 2016 dengan rencana peluncuran pada 2018. Beberapa kali mengalami penundaan, Micro akhirnya memperkenalkan versi terbaru Microlino 2.0 pada tahun 2020. Memperkenalkan model sasis unibody empat roda,

pintu mobil listrik Microlino 2.0
Bukaan pintu di depan sama dengan versi retro BMW Isetta

Mempertahankan desain dari versi prototipe, mobil ini dibuat menggemaskan dengan tambahan palang LED, lampu depan bundar yang dipasang pada kaca spion samping. Berbeda dengan Isetta yang legendaris, pintu depannya tidak memiliki gagang. Karena Anda bisa membuka pintu hanya dengan menekan tombol.

Di dalamnya ada ruang untuk 2 orang dan 230 liter ruang kargo. Desain interior pun tak kalah menawan dan futuristik; kursi yang ergonomis dan dashboard minimalis dengan kluster instrument digital dan head unit layar sentuh untuk mengontrol fungsi-fungsi dalam mobil.

>>> Mengenal Isetta, Mobil Terkecil BMW Saksi Sejarah Perang Dingin di Jerman

interior Microlino 2.0 berwarna hitam
Bagian dalam minimalis namun tetap futuristik

Meskipun mobil ini memiliki badan mungil, namun Micro menyebutkan bahwa konstruksi unibody secara signifikan meningkatkan kekakuan bodi. Sehingga menawarkan rangka yang aman dan pengalaman berkendara yang lebih baik. Microlino 2.0 mengandalkan suspensi independen dengan MacPherson strut di depan dan belakang.

>>> 5 Mobil Toyota GR Meluncur di Indonesia, dari Toyota Avanza sampai Fortuner

Seharga Toyota Avanza

Mobil listrik ini menggunakan mesin berkapasitas baterai 6 kWh, 10,5 kWh, dan 14 kWh. Ketiga baterai listrik menawarkan jangkauan listrik yang beragam, mulai dari 95 km, 175 km, dan 230 km. Sedangkan pengisian 0-80% membutuhkan waktu 4 jam (untuk baterai 6 kWh dan 14 kWh), atau 3 jam (baterai 10,5 kWh).

baterai listrik city car Microlino 2.0
Mobil ini memiliki tiga pilihan baterai

Tenaganya pun cukup baik untuk jalanan perkotaan. Dimana Microlino menawarkan tenaga maksimal 25 hp dan torsi 118 Nm. Berkat bobotnya yang ringan, mobil ini bahkan mampu berakselerasi pada kecepatan 0-50 km/jam dalam 5 detik. Hingga mencapai kecepatan tertinggi 90 km/jam.

Terlepas dari biaya pengembangan dan produksi yang lebih tinggi, harga Microlino 2.0 masih tetap setiap dengan harga awal yang diiklankan, yaitu €12.500 (sekitar Rp 210 jutaan). City car listrik cukup populer, dengan lebih dari 24.000 pemesanan yang tersebar di seluruh Eropa.

>>> Dapatkan harga mobil baru BMW dan promo menarik lainnya di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top