MG ZS EV Terbaru Meluncur di Eropa, Kapan Dijual di Indonesia?

12/10/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
MG Motors meluncurkan MG ZS EV 2022 di Eropa. Penyegaran ini menyusul peluncuran ZS bermesin bensin beberapa bulan lalu yang sudah dipasarkan di Tanah Air.

Setelah meluncurkan New MG ZS secara global, kini versi EV (Electric Vehicle) dari mobil tersebut diluncurkan di Eropa. ZS EV akan tersedia di berbagai dealer MG di Eropa mulai November 2021.

MG ZS EV 2022 ditawarkan dalam dua pilihan baterai, yaitu Standard Range dan Long Range. Keduanya menawarkan jangkauan yang lebih jauh dibandingkan ZS EV generasi sebelumnya. Lantas, apa saja yang berbeda pada mobil ini selain jarak tempuhnya?

>>> First Drive New MG ZS Magnify AT 2021: Siap Bersaing Lawan Honda HR-V

Bahasa Desain Baru

Seperti saudaranya yang bermesin bensin, ZS EV hadir dengan bahasa desain baru yang kian sporty dan berkelas. Perbedaan paling signifikan dari MG ZS biasa adalah fascia depan dengan panel tertutup yang mencirikan grille utama.

Gambar Charging Port MG ZS EV

Charging port sekarang dipindah ke samping emblem MG

Berbeda dengan ZS EV sebelumnya, peletakan charging port yang sebelumnya di balik emblem octagonal khas MG kini digeser sedikit ke samping. Meski kami lebih suka desain yang sebelumnya, kami menyadari bahwa charging port ini lebih praktis dan mudah diakses.

Beralih ke samping, mobil ini juga mengusung desain velg yang baru dengan motif kipas tertutup yang tentunya sangat aerodinamis dan akan membantu penghematan energi.

Selain itu, rasanya mobil ini tak banyak berbeda dengan ZS versi mesin bensin. Mulai dari lampu depan LED dan lampu kombinasi belakang dengan grafis baru, desain bumper baru, serta side body moulding dan overfender hitam selayaknya mobil SUV atau Crossover modern.

>>> Gimana Sih? Insentif Pajak Bikin Mobil Listrik Termurah Malah Naik Harga

Interior Semakin Berkelas

Gambar Interior MG ZS EV

Tampilan interior MG ZS EV 2022

Yang kami suka dari MG ZS EV adalah bagian interiornya yang mengusung warna full hitam. Bagian jok sudah dilapis dengan kulit sintetis dan kami cukup yakin build quality ZS EV ini sudah jauh lebih baik ketimbang sebelumnya seperti ZS bermesin bensin yang telah kami coba sendiri.

MG juga menyematkan layar infotainment berukuran 10,1 inci dengan grafis yang lebih baik dibanding pendahulunya dan konektivitas MG i-Smart yang kekinian. Panel instrumen juga sudah full digital.

ZS EV menghadirkan beberapa fitur menarik sebagai standard seperti wireless charging, air purifier, panoramic sunroof, electric parking brake dengan auto hold, keyless entry, start/stop button, jok elektris, heated seat, serta kamera 360 yang akan membantu mobilitas di ruang terbatas.

Fitur-fitur keselamatan yang tergabung dalam ADAS (Advanced Driver-Assistance System) juga tetap dihadirkan, membuat ZS EV makin aman dikendarai.

Gambar MG ZS EV Range

Kini bisa berjalan dari Jakarta - Lampung dalam sekali pengisian daya

Bicara spesifikasi, MG ZS EV 2022 dibekali motor elektrik Permanent Magnet Synchronous. Varian Standard Range menggunakan baterai Lithium-ion berkapasitas 51 kWh dengan motor elektrik yang dapat menghasilkan tenaga 204 HP dan torsi 280 Nm.

ZS EV Standard Range diklaim memiliki jarak tempuh estimasi 320 kilometer sesuai protokol Worldwide Harmonised Light Vehicle Test Procedure (WLTP). Sementara versi Long Range mendapatkan baterai kapasitas 72 kWh dengan jarak tempuh estimasi sejauh 440 kilometer.

Soal pengisian daya, versi Standard Range dapat charger AC 6,6 kW sementara versi Long Range dapat 11 kW tri-phase. MG mengklaim baterai ZS EV facelift bisa terisi secara cepat dengan kapasitas 5-80% dalam waktu 40 menit saja.

Sekarang pertanyaannya adalah, kapan mobil ini bisa dijual di Indonesia? Sejauh ini MG Motor Indonesia selaku Agen Pemegang Merek Morris Garage sudah memperkenalkan ZS EV kepada masyarakat dan awak media. Bahkan, mobil itu sempat bisa di-test drive.

Gambar MG ZS EV IIMS

MG Motor Indonesia sempat memperkenalkan ZS EV di ajang IIMS 2021

Berbulan-bulan setelah diperkenalkan, mereka tak kunjung mengeluarkan harga dan memasarkan mobil tersebut. Bahkan, sampai versi facelift-nya meluncur pun MG Motor Indonesia belum menjual versi mobil listrik dari ZS.

Arief Syarifudin selaku Marketing & PR Director MG Motor Indonesia pernah mengungkapkan bahwa mereka masih melakukan studi terhadap mobil listrik sebelum meluncurkan mobil ini di Tanah Air. Namun, ia cukup optimis bahwa mobil ini kelak akan dipasarkan untuk konsumen Indonesia.

>>> Komparasi MG ZS Facelift vs KIA Sonet, Beda Rp 500 Ribu Tapi...

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top