Mesin V6 Maserati MC20 Hasilkan Tenaga 542 HP

25/06/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Mesin V6 Maserati MC20 Hasilkan Tenaga 542 HP
Jelang peluncurannya bulan September, satu per satu detail sportscar Maserati MC20 mulai terungkap. Kali ini soal performa mesin V6 twin-turbo barunya yang menghasilkan tenaga 542 HP.

Maserati akan kembali menghadirkan sebuah Sportscar dengan nama MC20, sportscar tersebut akan menggunakan mesin V6 3.0 L twin-turbo yang menghasilkan tenaga 542 HP.

>>> Maserati Indonesia hadirkan program garansi tujuh tahun untuk pembelian Levante

Setidaknya untuk tiga model lagi

Setelah diperkenalkan untuk pertama kalinya di MC20, mesin V6 Maserati dengan kapasitas 3.0L twin-turbo itu juga akan dipakai di setidaknya tiga model lagi, hal ini diungkapkan oleh Automotive News Europe, dan jadi pengganti dari mesin V8 yang sebelumnya dipasok oleh Ferrari.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Prototype Maserati MC20 teaser

Setelah MC20, mesin V6 twin-turbo ini akan hadir di berbagai line-up Maserati lainnya

Selain MC20, mesin V6 Maserati ini juga akan hadir di GranTurismo dan GranCabrio generasi selanjutnya, serta sebuah crossover mungil yang diplot di bawah Maserati Levante, namun dengan tenaga yang diturunkan dari 542 HP jadi 523 HP.

Bahkan untuk versi standarnya, mesin V6 Maserati ini dilaporkan sudah memiliki beberapa bentuk elektrifikasi. Hal ini berlawanan dari laporan awal yang mengindikasikan bahwa akan ada model berbeda untuk powertrain hybrid.

Terapkan teknologi Formula 1

Mesin V6 twin-turbo ini juga akan memanfaatkan teknologi yang diberi nama turbulent jet ignition. Sistem ini memanfaatkan ruang untuk busi sebagai ruang untuk menciptakan pembakaran yang sangat ramping. Setup ini meningkatkan efisiensi dan juga mengurangi emisi, yang juga sempat dipakai oleh mesin Formula 1 racikan Ferrari.

>>> Jangan lewatkan kabar paling anyar seputar mobil baru di sini

Teknologi turbulent jet ignition yang dipakai di mesin V6 twin-turbo Maserati MC20

Konsep turbulent jet ignition yang digunakan di mesin V6 twin-turbo Maserati

Meski bukanlah tahun yang ideal untuk industri otomotif sejauh ini, Maserati akan sangat sibuk sepanjang paruh kedua 2020. Pertama-tama, sedan Ghibli dengan powertrain hybrid akan dirilis pada 15 Juli, disusul Levante dan Quattroporte yang juga sudah mendapat teknologi serupa.

Mobil baru Maserati yang disiapkan tahun 2020

Selain MC20, Maserati masih akan menyiapkan penyegaran lain terhadap model populernya

Sementara itu, Sportscar Maserati MC20 akan diperkenalkan bulan September setelah penundaan dari jadwal aslinya bulan Mei. Sedangkan crossover baru yang masih misterius itu kebagian panggungnya tahun 2021.

>>> Jangan lewatkan berita otomotif terbaru di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top