Mesin Turbo Daihatsu Rocky Tak Perlu Pasang Turbo Timer

17/05/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Mesin turbo Daihatsu Rocky sudah pakai teknologi modern, sehingga konon tak perlu lagi ditambahkan alat bernama turbo timer untuk memperpanjang usia mesin

Daihatsu Rocky bukan hanya menjadi game changer bagi pasar SUV (Sport Utility Compact) di Indonesia, tapi juga merupakan produk yang jadi 'batu loncatan' bagi geng Astra itu sendiri. Sebab, Daihatsu Rocky merupkan line up PT Astra Daihatsu Motor pertama yang dirakit secara lokal dan pakai mesin berturbo. Tapi, tahukah Anda jika ternyata mesin turbo Daihatsu Rocky sudah demikian modern? 

Mesin Turbo Daihatsu Rocky Tak Perlu Pasang Turbo Timer

"Sebetulnya turbo yang sekarang beda ama yang dulu, kalau dulu butuh waktu sesaat buat matiin mesinnya kalau sekarang sudah tidak (perlu) lagi, yang terpenting perawatan berkalanya dijagain (agar) jangan sampai lewat aja," ujar Andreas Benyamin Peter selaku Kepala Bengkel Astra Daihatsu Sunter kepada Cintamobil.com.

Foto mesin turbo Daihatsu Rocky

Mesin sudah modern, tak perlu lagi pasang turbo timer

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Andreas ini juga menegaskan bahwa tidak ada perlakuan khusus yang terlalu membedakan antara mesin mobil berturbo maupun tanpa turbo. Secara umum, "Tidak ada perlakuan khusus cukup penggantian oli yang secara berkala dengan spek yang sesuai," tambahnya.

Gambar mesin 1KR-VET

Hanya perlu ganti oli sesuai dengan rekomendasi pabrik saja

Tapi, bukan berarti tak ada yang harus diperhatikan. Kebersihan ruang mesin harus jadi prioritas pemilik, agar jangan sampai kotoran terlalu banyak masuk ruang mesin dari intake, "Paling dengan pengecekan intercooler dari sumbatan daun-daun dan pengecekan selang selangnya saja," tambah Andreas yang asli wong Surabaya ini.

Oli Mesin Turbo Daihatsu Rocky Sama Dengan Sigra

Gambar oli mobil Daihatsu

Olinya bisa pakai kepunyaan Daihatsu Sigra atau Ayla 1.200 cc

Penggunaan oli untuk mesin turbo Daihatsu Rocky ini juga dijamin mudah ditemui di pasaran, "Mesin 1KR-VET : 0W-20 (Rekomendasi Daihatsu)/5W-30, dengan API Service minimal SL, sedangkan mesin WA-VE : 0W-16 (Rekomendasi Daihatsu)/0W-20, 5W-30, API Service min. SL," tukas pemukim di kawasan BSD, Serpong ini. Sekadar informasi, untuk visikotas 0W-20 ini sama dengan yang digunakan pada mesin Daihatsu Sigra atau Ayla 1.200 cc.

>>> Mesin 1KR-VET Daihatsu Rocky Dan Toyota Raize Dijamin Minim Getaran, Ini Rahasianya

Teknologi Peredam Getaran Sudah Advance

Disebutkan oleh salah tim internal yang mendevelop mesin ini di Indonesia bekerja sama dengan para insinyur di Jepang, bahwa mesin yang berada di balik bonnet Daihatsu Rocky maupun Toyota Rocky ini sudah pakai teknologi balancer dan engine mounting terbaru. Dengan penggunaan balancer dan engine mounting anyar, terbukti ampuh meredam getaran. Tak sekadar asal cuap, tim Cintamobil.com sudah buktikan sendiri, getaran mesin 3-silinder yang ada pada setir dan kabin terasa minimal.

Foto Daihatsu Rocky 1.0R ADS CVT 2021

Getaran minim jadi khas mesin 3-silinder modern

Dengan adanya teknologi material mesin, sistem pelumasan yang lebih sempurna, serta counter weight (teknologi balancer) untuk mengurangi vibrasi, dan engine mounting yang lebih mutakhir menjadi solusi untuk menutupi kelemahan mesin 3-silinder yang menghasilkan tenaga setiap putaran 240 derajat. Di mana posisi piston tersebut belum berada di TMA maupun TMB yang menjadi penyebab utama terjadinya vibrasi.

>>> Bahas Mesin Daihatsu Rocky yang Jadi Mobil Turbo Termurah Se-Indonesia Raya

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top