Mesin 1KR-VET Daihatsu Rocky Dan Toyota Raize Dijamin Minim Getaran, Ini Rahasianya

09/05/2021

Mobil baru

3 menit

Mesin bersilinder ganjil identik dengan getaran yang kuat, tapi tahukah Anda jika mesin 1KR-VET kepunyaan Rocky dan Raize ini sudah bebas hal tersebut?

Mesin berjumlah silinder ganjil memeng identik dengan vibrasi yang kuat. Hal ini dikarenakan Pada mesin 3 silinder, satu piston akan bekerja pada titik kerja maksimal atau dikenal Titik Mati Atas (TMA). Sementara dua piston lainnya menyeimbangkan tenaga mesin dengan jarak 120 derajat dari Titik Mati Bawah (TMB). Ini membuat mesin 3 silinder identik dengan getar karena kinerja di ruang mesin yang tak seimbang. tapi tahukah Anda jika mesin 1KR-VET sudah bebas hal tersebut?

Teknologi Balancer Dan Engine Mounting Mesin 1KR-VET

Disebutkan oleh salah tim internal yang mendevelop mesin ini di Indonesia bekerja sama dengan para insinyur di Jepang, bahwa mesin yang berada di balik bonnet Daihatsu Rocky maupun Toyota Rocky ini sudah pakai teknologi balancer dan engine mounting terbaru. Dengan penggunaan balancer dan engine mounting anyar, terbukti ampuh meredam getaran. Tak sekadar asal cuap, tim Cintamobil.com sudah buktikan sendiri, getaran mesin 3-silinder yang ada pada setir dan kabin terasa minimal.

Foto tim Cintamobil.com di dalam kabin Daihatsu Rocky

Tim Cintamobil.com (kanan) telah merasakan sendiri minimnya getaran mesin ini

Dengan adanya teknologi material mesin, sistem pelumasan yang lebih sempurna, serta counter weight (teknologi balancer) untuk mengurangi vibrasi, dan engine mounting yang lebih mutakhir menjadi solusi untuk menutupi kelemahan mesin 3-silinder yang menghasilkan tenaga setiap putaran 240 derajat. Di mana posisi piston tersebut belum berada di TMA maupun TMB yang menjadi penyebab utama terjadinya vibrasi.

>>> Pembeli Daihatsu Rocky Belum Pasti Dapat Diskon PPnBM 100%

Keunggulan Mesin 1KR-VET: Akselerasi Positif + Hemat BBM

"Berdasarkan hasil tes internal tim research and development PT Astra Daihatsu Motor, konsumsi BBM mobil tersebut ada di angka 17 hingga 18 kilometer per liter," ucap Anjar Rosjadi, selaku Product Planning And Head, Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor. Sebagai informasi, angka tersebut adalah untuk Daihatsu Rocky yang menggunakan mesin 1KR-VET dengan konvigurasi 3-silinder 1.000 cc Turbo.

Foto mesin 1KR-VET

Sudah diuji tim internal Daihatsu, konsumsi BBM-nya memuaskan

Lebih lanjut pria yang sehari-hari berkantor di bilangan Sunter, Jakarta Pusat ini juga menambahkan, "Angka tersebut didapatkan saat uji jalan di lalu lintas normal Indonesia," tambahnya. Seperti yang diketahui sebelumnya, beberapa bulan sebelum Daihatsu Rocky resmi launching pada akhir bulan lalu (30/4), SUV mungil andalan geng Astra ini sempat terpergok oleh kamera netizen sedang dites jalan. Dan Tim Cintamobil.com pun sudah menjabarkan mengenai hal apa saja yang dites saat itu.

Foto Daihatsu Rocky 1.0 R ADS 2021

Tertarik beli? Kami sih yes...

Bila mengintip mesin yang digunakan oleh Daihatsu Rocky, untuk unit yang berkode 1KR-VET tersebut, ternyata mampu menelurkan tenaga 97,9 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi 15,2 Kgm atau sekitar 149 NM yang sudah mulai dikail sejak putaran mesin 2.400 hingga 4.000 rpm. Nah, torsi mesin yang tinggi dan didapat pada putaran rendah tersebut-lah yang banyak membantu konsumsi BBM Daihatsu Rocky bisa sedemikian irit. Kami pun jadi tak sabar segera mengetesnya di jalan...

>>> Bahas Mesin Daihatsu Rocky yang Jadi Mobil Turbo Termurah Se-Indonesia Raya

Penulis
Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana
 
back to top