Mercedes-Benz Pamer Dashboard Digital MBUX Hyperscreen, Debut di EQS

08/01/2021

Mobil baru

4 menit

Mercedes-Benz Pamer Dashboard Digital MBUX Hyperscreen, Debut di EQS
Mercedes-Benz menggambarkan bagaimana evolusi kabin mobil lewat MBUX Hyperscreen. Sebuah dashboard digital dengan tiga buah layar dan fitur kecerdasan buatan.

Pernahkah Anda membayangkan bagaimana dashboard mobil akan berevolusi? Mungkin yang satu ini bisa jadi acuan. Mercedes-Benz baru saja memperkenalkan dashboard digital pertama yang akan dipakai model produksi. Namanya MBUX Hyperscreen dan akan debut di mobil listrik flagship EQS.

>>> Super Canggih, Ini 5 Update Baru MBUX Mercedes-Benz S-Class 2021

Penggabungan beberapa layar dalam satu panel

Secara visual, terlihat layout dashboard digital MBUX Hyperscreen terdiri dari tiga buah layar yang terintegrasi ke dalam panel melengkung, yang uniknya menghadirkan kisi-kisi ac analog khas Mercedes, yang memadukan dunia digital dan fisik.

Kisi-kisi AC analog di Mercedes MBUX Hyperscreen

Dashboard digital ini memberikan sedikit sentuhan analog lewat kisi-kisi AC konvensional

Kaca yang menutup layar-layar tersebut dibalut oleh single frame plastic, yang membuat tampilan dashboard terlihat seperti menyatu. Bukan hanya layar untuk pengemudi dan head unit saja, bagian penumpang juga mendapat layar sendiri dan dapat dikustomisasi dengan tujuh profil berbeda.

Uniknya, layar tersebut baru berfungsi jika ada penumpang di bangku depan, dan saat dalam perjalanan. Jika sisi penumpang kosong, layar pintar tersebut menjadi bagian dekorasi digital dasbor dengan layar OLED.

“Dengan MBUX Hyperscreen, sebuah visi desain menjadi kenyataan. Kami coba menggabungkan teknologi dengan desain dalam cara yang menarik, dan menawarkan kemudahan penggunaan yang belum pernah ada sebelumnya kepada pelanggan. Kami menyukai kesederhanaan, kami telah mencapai level baru MBUX,” ungkap Head Designer Daimler, Gorden Wagener.

>>> Mercedes-Benz Kenalkan Fitur Airbag Belakang pada S-Class 2021

Dashboard pintar dengan kecerdasan buatan

Salah satu fitur menarik dashboard digital Mercedes-Benz MBUX Hyperscreen adalah penerapan Artifical Intelligence (AI), atau kecerdasan buatan dalam software yang bisa mempelajari kebiasaan pemilik mobil.

Nantinya, sistem kecerdasan tersebut akan membuat tampilan MBUX model baru ini sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jadi, tidak perlu lagi masuk ke dalam berbagai sub-menu untuk mengakses suatu fungsi, karena sistem telah menyusun aplikasi paling penting untuk selalu muncul di bagian atas layar.

Layout MBUX Hyperscreen dengan tiga layar dengan fungsi berbeda-beda

Dashboard digital ini dilengkapi kecerdasan buatan yang memudahkan pengoperasian

Selain itu, AI juga akan membuat berbagai suggestion yang dapat diakses secara mudah oleh pengemudi. Sebagai contoh, Anda mengaktifikan Vehicle Lift-Up di suatu lokasi tertentu, maka selajutnya sistem akan secara otomatis menawarkan fitur serupa saat mau melewati titik yang sama.

Soal hardware, Mercedes-Benz mengklaim MBUX Hyperscreen memiliki 12 aktuator di balik layar untuk haptic feedback. Dan untuk menunjang sistem kecerdasan buatan di dalam software, terpasang CPU 8-Core dengan RAM 24 GB dan bandwith 46,4 GB/detik.

“MBUX Hyperscreen merupakan otak dan sistem saraf mobil. Sistemnya terus-menerus mengenal kebiasaan pengemudi secara lebih baik, dan menawarkan sistem operasi dan hiburan yang sudah dipersonalisasi bahkan sebelum pengemudi harus mengklik atau mencari fungsi yang dipilih,” tambah Gorden.

>>> Simak berita terbaru dan terlengkap dari dunia otomotif di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top