Mercedes-Benz E-Class dan S-Class Rakitan Bogor Meluncur

03/11/2021

Mobil baru

6 menit

Share this post:
PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) kembali meluncurkan mobil baru mereka, yaitu Mercedes-Benz E-Class dan S-Class terbaru di ajang STAR EXPO 2021.

Sesuai dengan janji Mercedes-Benz Distribution Indonesia untuk meluncurkan 10 mobil baru selama tahun 2021, kini giliran New Mercedes-Benz E-Class dan New S-Class yang siap dipasarkan kepada masyarakat Indonesia. Kedua Sedan premium ini diluncurkan pada ajang Mercedes-Benz STAR EXPO 2021 yang diselenggarakan di Senayan City, Jakarta Selatan.

New E-Class dihadirkan sebagai versi facelift dari generasi W213, sedangkan New S-Class merupakan generasi terbaru dengan kode W223 menyusul versi CBU-nya yang sudah diperkenalkan pada bulan Mei lalu.

Dirakit di Wanaherang

Kedua mobil tersebut dirakit secara lokal di pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor dengan menetapkan standar tertinggi yang diharapkan dari jenama asal Jerman ini. Dua model terbaru ini melengkap portofolio model yang dirakit oleh PT Mercedes-Benz Indonesia.

Gambar New S-Class

S-Class yang sebelumnya didatangkan secara CBU kini dirakit secara lokal

>>> Mercedes-Benz S 450 4Matic Luxury 2021, Garda Terdepan S-Class di Indonesia

Secara keseluruhan, sudah ada 10 model yang dirakit di Bogor, yaitu GLA, GLC, GLE, GLS di segmen SUV; AMG A 35 Sedan dan AMG GLA 35 untuk model high-performance; serta A-Class, C-Class, E-Class, dan S-Class di segmen Sedan.

“Kami sangat menantikan untuk memperkenalkan dua sedan luxury kepada publik di Mercedes-Benz STAR EXPO 2021, New E-Class dan New S-Class. Kedua model ini telah menetapkan standar yang tinggi di segmennya sejak pertama kami diperkenalkan di Indonesia," ujar Kariyanto Hardjosoemarto, Head of Sales Operation and Product Management MBDI.

Bicara soal mobilnya, E-Class rakitan Bogor ini membawa beberapa pembaruan dari versi pre-facelift. Paling kentara tentu saja penggunaan diamond grille di bagian fascia depan yang membuat tampilan mobil lebih berkelas.

Gambar New E-Class

New E-Class hadir dengan desain grille dan lampu baru

Lampu utama kini juga ukurannya lebih ramping dengan garis yang lebih tegas. Di bagian dalam, grafis dua strip LED yang menjadi Daytime Running Light kini berganti menjadi satu strip yang menyerupai alis.

>>> First Drive Mercedes-Benz E300e AMG Line 2020: E-Class Paling Istimewa

Di bagian belakang, lampu kombinasi E-Class facelift mengusung desain yang lebih ramping dan sporty. Berbeda dengan versi sebelumnya yang lebih besar dan memiliki grafis bak seekor capung.

Masuk ke bagian interior, sebenarnya tak banyak perubahan dari versi sebelumnya. Paling kentara tentu saja desain setir yang kini tampil lebih sporty dan berkelas khas Mercedes-Benz generasi terbaru untuk tipe E 300 AMG Line.

Sedangkan untuk fiturnya, New E-Class kini sudah dibekali dengan sistem infotainment MBUX (Mercedes-Benz User Experience) dan sistem keselamatan aktif Driver Assistance yang di dalamnya meliputi Active Distance Assist DISTRONIC atau biasa lebih dikenal sebagai cruise control yang adaptif.

Gambar Interior New E-Class

Setir baru, sistem infotainment MBUX, dan yang terpenting adalah kehadiran cruise control adaptif DISTRONIC

Sementara itu, New S-Class yang kini dirakit secara CKD (Completely Knock-Down) sebenarnya cukup serupa dengan versi CBU yang diperkenalkan di awal tahun. Masih tetap ditawarkan dalam tipe S 450 4MATIC Luxury, perubahan paling kentara adalah penggunaan velg 19 inci menggantikan velg yang sebelumnya 1 inci lebih besar.

Di bagian interior, S-Class rakitan Bogor ini tetap terlihat mewah meski dibalut dengan material Nappa leather menggantikan Exclusive Nappa leather pada versi CBU-nya.

Mercedes-Benz E 300 AMG Line mengusung mesin 4-silinder turbocharged berkapasitas 1.991 cc yang menghasilkan tenaga 256 HP dan torsi 370 Nm. Sementara Mercedes-Benz S 450 4MATIC Luxury dibekali mesin 6-silinder turbocharged berkapasitas 2.999 cc  dengan EQ Boost yang mampu menghasilkan tenaga 367 HP dan torsi 500 Nm.

Lebih Terjangkau dengan Skema Pajak Baru

Bicara soal harga, E 300 AMG Line dibanderol Rp 1.275.000.000 (off-the-road), sedangkan S 450 4MATIC Luxury dijual dengan harga Rp 2.525.000.000 (off-the-road).

Kedua mobil tersebut ditawarkan dengan harga yang lebih kompetitif setelah Pemerintah Republik Indonesia memberlakukan skema pajak berdasarkan emisi yang tentu sangat menguntungkan bagi mobil-mobil sedan, apalagi untuk S-Class dengan sistem penggerak 4MATIC.

Gambar MBDI

MBDI meyakini skema pajak baru akan merangsang konsumen untuk kembali mempertimbangkan Sedan

Sebagai gambaran, Mercedes-Benz S-Class sebelumnya ditawarkan dengan harga Rp 3.099.000.000 (off-the-road), artinya Sedan flagship milik Mercedes-Benz itu kini lebih murah Rp 426 juta.

Bagi Anda yang tertarik untuk melihat langsung kedua mobil ini, Anda bisa mengunjungi Mercedes-Benz STAR EXPO 2021 yang berlangsung dari tanggal 3 hingga 7 November 2021 di Senayan City, Jakarta Selatan.

Selain melihat mobil-mobil yang ditawarkan oleh Mercedes-Benz, Anda juga berkesempatan untuk melakukan test drive 12 mobil dari pabrikan berlambang 'three pointed star' ini. Kalau Anda bertanya pada kami, sebaiknya Anda mencoba A 35 AMG Sedan dan GLA 35 AMG untuk merasakan sensasi mobil high-performance yang dirakit di Wanaherang.

>>> Simak Pilihan Mercedes-Benz Bekas Berkualitas dengan Harga Menarik di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top