Mercedes-Benz C-Class di China Dapat Trim Long Wheelbase

17/03/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Mercedes-Benz C-Class di China Dapat Trim Long Wheelbase
China memang negara yang cukup istimewa untuk urusan otomotif, sebab ternyata negara ini juga mendapatkan Mercedes-Benz C-Class dengan trim long wheelbase...

Negeri Tirai Bambu memang cukup istimewa. Tak hanya mengenai alutista, teknologi serta budayanya tetapi untuk urusan otomotif China juga yang terdepan. Sebab, banyak manufuktur kendaraan yang membuat edisi atau model yang dikhususkan untuk pasar China. Misalnya, merek asal Jerman yakni Mercedes-Benz sengaja membuat Mercedes-Benz C-Class Long Wheelbase.

Sesuaikan Selera Pasar

Sebagai informasi, selera pasar mobil di negeri Tiongkok tersebut memang menyenangi sedan dengan sumbu roda yang panjang. Tak heran, merek-merek kenamaan lainnya sesama Jerman seperti Audi, BMW juga menerapkan strategi serupa dengan model semisal Audi A6L, Audi A4L, BMW Seri 3Li dan lain sebagainya. Tak hanya brand Jerman saja, strategi ini juga diikuti oleh brand negara lain semisal Jepang.

Gambar Mercedes-Benz C-Class Long Wheelbase

Bahkan wheelbase C-Class ini lebih panjang dari E-Class 'standar'

Mercedes-Benz C-Class L ini punya wheelbase 2.954 mm yang berarti lebih panjang dari model E-Class. Bila dibandingkan dengan C-Class dengan sumbu roda standar, model Long Wheelbase ini lebih panjang 81 mm. Atau lebih panjang 15 mm dari Mercedes-Benz E-Class yang satu tingkat lebih tinggi modelnya dibandingkan C-Class punya rival Audi A4, Lexus IS dan BMW Seri 3.

>>> First Drive Mercedes-Benz C200 AMG Line Final Edition 2021: Edisi Terakhir Layak Dimiliki?

Lebih Lapang Tapi...

Bertambahnya sumbu roda ini akan berdampak pada kabin yang lebih lega terutama di ruang kaki. Menjadikan penumpang yang duduk di kursi belakang mobil ini mendapatkan kenyamanan lebih. Kendati demikian panjangnya wheelbase ini menurut Cintamobil.com biasanya akan berdampak negatif pada kelincahan mobil saat bermanuver atau saat hendak parkir di tempat yang sempit.

Foto tampak belakang Mercedes-Benz C-Class Long Wheelbase

Biasanya akan ada yang dikorbankan dari panjangnya wheelbase mobil

Dikabarkan oleh CarNewsChina.com bahwa untuk mesin C-Class yang dipasarkan di China ini menggunakan unit 2.000 cc 4-silinder turbo. Mesin tersebut mampu menghasilkan antara 168 hingga 204 HP. Dan sebagai informasi tambahan, seperti mobil-mobil rakitan China lainnya pabrikan harus bekerja sama dengan perusahaan lokal, jadi Mercedes-Benz C-Class Long Wheelbase ini dirakit oleh Beijing-Benz dan akan dilaunching pada kuartal keempat.

>>> Ingin meminang Mercedes-Benz C-Class bekas? Lihat pilihan mobilnya di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top