Mercedes-Benz C-Class di China Dapat Trim Long Wheelbase

17/03/2021

Mobil baru

3 menit

China memang negara yang cukup istimewa untuk urusan otomotif, sebab ternyata negara ini juga mendapatkan Mercedes-Benz C-Class dengan trim long wheelbase...

Negeri Tirai Bambu memang cukup istimewa. Tak hanya mengenai alutista, teknologi serta budayanya tetapi untuk urusan otomotif China juga yang terdepan. Sebab, banyak manufuktur kendaraan yang membuat edisi atau model yang dikhususkan untuk pasar China. Misalnya, merek asal Jerman yakni Mercedes-Benz sengaja membuat Mercedes-Benz C-Class Long Wheelbase.

Sesuaikan Selera Pasar

Sebagai informasi, selera pasar mobil di negeri Tiongkok tersebut memang menyenangi sedan dengan sumbu roda yang panjang. Tak heran, merek-merek kenamaan lainnya sesama Jerman seperti Audi, BMW juga menerapkan strategi serupa dengan model semisal Audi A6L, Audi A4L, BMW Seri 3Li dan lain sebagainya. Tak hanya brand Jerman saja, strategi ini juga diikuti oleh brand negara lain semisal Jepang.

Gambar Mercedes-Benz C-Class Long Wheelbase

Bahkan wheelbase C-Class ini lebih panjang dari E-Class 'standar'

Mercedes-Benz C-Class L ini punya wheelbase 2.954 mm yang berarti lebih panjang dari model E-Class. Bila dibandingkan dengan C-Class dengan sumbu roda standar, model Long Wheelbase ini lebih panjang 81 mm. Atau lebih panjang 15 mm dari Mercedes-Benz E-Class yang satu tingkat lebih tinggi modelnya dibandingkan C-Class punya rival Audi A4, Lexus IS dan BMW Seri 3.

>>> First Drive Mercedes-Benz C200 AMG Line Final Edition 2021: Edisi Terakhir Layak Dimiliki?

Lebih Lapang Tapi...

Bertambahnya sumbu roda ini akan berdampak pada kabin yang lebih lega terutama di ruang kaki. Menjadikan penumpang yang duduk di kursi belakang mobil ini mendapatkan kenyamanan lebih. Kendati demikian panjangnya wheelbase ini menurut Cintamobil.com biasanya akan berdampak negatif pada kelincahan mobil saat bermanuver atau saat hendak parkir di tempat yang sempit.

Foto tampak belakang Mercedes-Benz C-Class Long Wheelbase

Biasanya akan ada yang dikorbankan dari panjangnya wheelbase mobil

Dikabarkan oleh CarNewsChina.com bahwa untuk mesin C-Class yang dipasarkan di China ini menggunakan unit 2.000 cc 4-silinder turbo. Mesin tersebut mampu menghasilkan antara 168 hingga 204 HP. Dan sebagai informasi tambahan, seperti mobil-mobil rakitan China lainnya pabrikan harus bekerja sama dengan perusahaan lokal, jadi Mercedes-Benz C-Class Long Wheelbase ini dirakit oleh Beijing-Benz dan akan dilaunching pada kuartal keempat.

>>> Ingin meminang Mercedes-Benz C-Class bekas? Lihat pilihan mobilnya di sini

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif. Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia. Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar. Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat. Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini. Education 2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting 2006 - 2009 54 Senior High School 2003 - 2006 109 Junior High School Experience 2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia 2018 Content Writer Cintamobil.com 2019 Senior Content Writer Cintamobil.com 2021 Managing Editor Cintamobil.com Awards 2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana 2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik 2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top