Mercedes-Benz C-Class 2021 Kini Punya Varian Hybrid

24/02/2021

Mobil baru

3 menit

Ubahan baru dari generasi kelima Mercedes-Benz C-Class 2021 memperkenalkan berbagai teknologi dan sistem baru, termasuk motor listrik dan varian plug-in hybrid.

Setelah hampir 40 tahun sejak Mercedes-Benz W201 diperkenalkan dan enam generasi datang silih berganti, sedan ikonik ini telah mencatat lebih dari 10,5 juta penjualan. Sedangkan Mercedes-Benz C-Class 2021 merupakan iterasi kelima dari sedan C-Class yang siap melanjutkan kesuksesan pendahulunya di tengah persaingan panas pasar SUV.

Eksterior konvensional

Meski tampilannya sudah bocor di media sosial beberapa waktu lalu, tampilan elegannya memang masih tetap memesona. Mengikuti desain lampu depan yang lebih tajam dan mengadopsi profil samping yang lebih bersih serta garis yang lebih mulus, C-Class mendapatkan pilihan velg 17 inci hingga 19 inci.

tampilan depan Mercedes-Benz C-Class 2021
Model baru dengan perubahan yang tak terlalu signifikan

Di belakang, generasi W206 adalah C-Class pertama yang memiliki lampu belakang dua bagian, setara dengan model E-Class dan S-Class yang lebih tinggi. Tapi secara keseluruhan, eksterior C-Class terbaru tak banyak mengalami perubahan. Masih mengikuti model konvensional yang membeli mobil ini sejak 28 tahun lalu.

>>> Foto Mercedes-Benz C-Class 2021 Bocor Jelang Peluncuran

Lebih lapang di dalam

Perubahan paling signifikan dalam sejarah C-Class terletak pada bagian kabin. Di Amerika, kluster instrument 12.3 inci menjadi fitur standar, begitu pula head unit layar sentuh 11.9 inci yang sudah menggunakan sistem infotainment MBUX generasi kedua. Sedangkan pasar Eropa mendapatkan kluster 10.25 inci dan layar tengah 9.5 inci yang lebih ringkas.

dashboard Mercedes-Benz C-Class 2021 berwarna hitam
Perubahan besar pada interior mengikuti Mercedes-Benz S-Class

>>> Belum Lama Launching, Mercedes-Benz S-Class W223 Kena Recall

Perbedaan utama dengan S-Class terdapat pada tampilan dashboard dan tampilan tengah yang dibuat lebih miring ke arah pengemudi 6 derajat. Menghadirkan kenyamanan ketika harus memperhatikan petunjuk navigasi. Selain MBUX, sistem Digital Light diambil langsung dari Mercedes S-Class terbaru.

kursi Mercedes-Benz C-Class 2021 berwarna cokelat
Ruang kabin dibuat lebih lapang dibandingkan pendahulunya

Penambahan wheelbase 25 mm serta panjang 65 mm dibandingkan model sebelumnya memberikan postur yang lebih ramping, berdampak pada interior yang lebih lega. Dalam hal kepraktisan, kapasitas kargo tak berubah, dengan kapasitas 455 liter. Sedangkan model wagon yang turut diperkenalkan mampu menampung hingga 490 liter penyimpanan di ruang belakang.

>>> Rilis Akhir Bulan, Inikah Spesifikasi Mercedes-Benz C-Class 2021?

Mesin dengan tambahan motor listrik

Berbicara tentang mesin, Mercedes akhirnya memberikan motor listrik dihubungkan dengan transmisi otomatis 9-percepatan. Model Amerika tetap menawarkan mesin 2.0L turbocharged yang menawarkan 258 PS dan torsi maksimal 400 Nm, dilengkapi sistem integrated starter-generator (ISG) yang memberikan tambahan tenaga 20 PS dan torsi 200 Nm.

mesin Mercedes-Benz C-Class 2021 berwarna hitam
Ada tambahan motor listrik untuk tambahan tenaga

Sedangkan model Eropa mendapatkan mesin 1.5L yang lebih kecil, menghasilkan tenaga 203 PS dan torsi maksimal 300 Nm. Ditambah sistem ISG yang sama dengan model di Amerika. Menghasilkan percepatan 0-100 km/jam dalam 7,1 detik untuk varian sedan, sedangkan model Amerika menawarkan percepatan 5,9 detik.

Mercedes tak ketinggalan menawarkan mesin diesel mild hybrid di Eropa bermesin 2.0L. Membawa tenaga maksimal 163 PS serta torsi puncak 380 Nm untuk varian dasar. Sedangkan model tertinggi mampu menghadirkan 265 PS dan 550 Nm tenaga maksimal. Menyelesaikan sprint hanya dalam 5.7 detik dengan kecepatan tertinggi dibatasi hingga 250 km/jam.

>>> First Drive Mercedes-Benz C200 AMG Line Final Edition 2021: Edisi Terakhir Layak Dimiliki?

dua mobil baru Mercedes-Benz C-Class 2021 wagon dan sedan
Mercedes memperkenalkan versi wagon dan model plug-in hybrid

Konsumen Benua Biru juga memiliki C300e dengan model plug-in hybrid bermesin bensin 2.0L dan motor listrik, menghasilkan output gabungan 312 PS dan torsi maksimal 550 Nm. Model PHEV hadir dengan kapasitas kargo yang lebih besar setelah pengaturan posisi baterai pada lantai kendaraan.

Penggemar Mercedes-Benz C-Class 2021 di Eropa sudah bisa memesan versi sedan dan wagon mulai akhir Maret mendatang dengan penjualan diperkirakan berlangsung pada musim panas tahun ini. Sedangkan Amerika dan negara lainnya kemungkinan besar mendapatkan edisi terbaru C-Class pada awal 2022.

>>> Mercedes-Benz C-Class 2021: Harga mobil C-Class & Promo Terbaru di Indonesia

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top