Mercedes-AMG Umumkan Tanggal Peluncuran Mobil F1 W12

03/02/2021

Mobil baru

4 menit

Setelah Alfa Romeo dan McLaren, Mercedes-AMG jadi tim ketiga yang menentukan tanggal peluncuran mobil F1 musim 2021, diberi nama W12 dan launching 2 Maret.

Setelah memenangi gelar konstruktor dan pembalap musim 2020 sekaligus titel ganda ketujuh secara beruntun, Mercedes-AMG F1 Team bersiap menatap musim 2020 dengan mengincar gelar pembalap dan konstruktor F1 musim 2021.

Mercedes-AMG F1 GP Emilia Romagna 2020

Belum ada tim yang mampu menghentikan dominasi Mercedes di era hybrid

Tim yang berbasis di Brackley ini sudah mengonfirmasi bahwa mobil musim 2021 akan diberi nama Mercedes-AMG F1 W12 E Performance. Dan melalui akun resmi Twitternya, pabrikan Jerman ini mengumumkan tanggal peluncuran mobil yang akan jatuh pada 2 Maret, dan akan dilakukan secara online karena keterbatasan di tengah pandemi Covid-19.

>>> Pembicaraan Kontrak Baru Buntu, Lewis Hamilton Tinggalkan Mercedes?

Berbasis mobil 2020, DAS dicopot

Di tengah pandemi, Formula 1 membatasi area development untuk mobil baru musim 2021. Hasilnya, Mercedes-AMG F1 W12 memakai basis yang sama dengan W11, namun tanpa DAS (Dual-axis Steering) yang dilarang oleh FIA.

Mercedes-AMG W11

Pembatasan regulasi membuat W12 mengambil basis dari W11

Untuk mengakali hal tersebut, Mercedes memodifikasi beberapa elemen aero W12. Dengan kondisi seperti ini, banyak orang menganggap F1 musim 2021 akan kembali didominasi The Black Arrows.

Namun hal ini dimentahkan oleh Technical Director, James Allison. Seperti diberitakan oleh Autosport, engineer asal Inggris itu justru merasa jalannya Formula 1 musim 2021 masih sulit diprediksi.

“Jika Anda melihat musim 2021, dan Anda beranggapan bahwa ini akan sama seperti yang kita lihat tahun 2020, jangan terkecoh oleh siapapun yang mengatakan itu kepada Anda,” ujar pria yang sebelumnya berseragam Scuderia Ferrari.

“Regulasinya sangat, sangat berbeda untuk musim 2021, dan pekerjaan yang kami lakukan sangat luas, dan kami berharap apa yang kami lakukan sudah cukup untuk tetap sukses.

“Namun selayaknya momen-momen ini, penuh perasaan cemas dan rasa semangat untuk mengetahui apakah seluruh investasi yang kami kucurkan untuk mobil ini akan terbayar dengan mobil yang bisa bertarung di baris depan.”

>>> Incar Pabrikan Baru, Domenicali Siap Benahi Formula 1

Akhir drama Lewis Hamilton?

Mercedes-AMG menjadi tim ketiga yang mengumumkan tanggal peluncuran mobil F1 musim 2021, sebelumnya McLaren telah mengonfirmasi MCL35M yang memakai mesin Mercedes akan diluncurkan 15 Februari, sedang Alfa Romeo akan merilis mobil terbarunya tanggal 22 Februari di Warsaw, Polandia.

Peluncuran Mercedes-AMG F1 W12 juga akan menjawab pertanyaan soal masa depan Lewis Hamilton. Seperti kita ketahui, saat ini Hamilton belum meneken kontrak baru dengan tim, dan berstatus bebas transfer.

Juara dunia F1 2020, Lewis Hamilton

Drama Hamilton-Mercedes seharusnya selesai saat peluncuran mobil baru

Diketahui, saat ini perbincangan antara Hamilton dengan Mercedes-AMG masih berlangsung dengan Mercedes sudah menawarkan kontrak dua tahun dengan nilai 40 juta Dollar (setara Rp 560 miliar) plus bonus untuk mengikat sang juara bertahan.  Namun sampai tulisan ini dibuat, belum ada kesepakatan antara kedua belah pihak.

Idealnya, Mercedes dan Hamilton harus menemui titik tengah sebelum peluncuran, atau paling telat sebelum tes pra-musim yang digelar di Sirkuit Sakhir, 12-14 Maret. Adapun debut Mercedes-AMG F1 W12 akan berlangsung di seri pembuka F1 musim 2021 juga akan digelar di tempat yang sama pada 28 Maret mendatang.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda lihat di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

 
back to top