Mercedes Perkenalkan CLS Facelift 2021, Ubahan Minor dengan Setir Baru

09/04/2021

Mobil baru

4 menit

Mercedes Perkenalkan CLS Facelift 2021, Ubahan Minor dengan Setir Baru
Mercedes memperkenalkan facelift untuk CLS 2021, yang menampilkan ubahan minor eksterior, setir baru, dan mesin diesel lebih bertenaga serta fitur kekinian.

Pertama kali diperkenalkan tahun 2017, Mercedes CLS generasi ketiga (C257) mendapat facelift halus untuk model tahun 2021. Meski tidak terlalu kentara, ubahan coupe 4-pintu itu cukup banyak mulai dari sisi eksterior serta pilihan warna dan material interior baru.

>>> [INFOGRAFIK] Sejarah Safety Car Formula 1 dari Masa ke Masa

Fascia depan baru, pakai setir E-Class facelift

Di sisi luar, perubahan paling kentara dari Mercedes CLS 2021 adalah fascia depan dengan air intake baru, kisi-kisi di tepian bumper, dan splitter depan dengan aksen krom. Grilnya juga mendapatk revisi dengan pattern three-pointed stars yang pertama kali muncul di C-Class W206. Sementara itu model AMG CLS53 4Matic+ tampil beda dengan model Panamericana yang ikonik dengan Mercedes-AMG.

Mercedes CLS 2021 dan model CLS 53 AMG

Ubahan eksterior paling kentara ada di bagian depan

Selain itu, ada beberapa pilihan pelek baru untuk Mercedes CLS 2021, termasuk model multi-spoke 20-inci untuk varian AMG Line, dengan finishing blue metallic. Masuk ke dalam, Anda akan menemukan setir yang sama dengan E-Class facelift, salah satunya model double-spoke flat-bottomed untuk trim AMG Line, itu saja.

Namun, Mercedes memberikan opsi kustomisasi lebih luas. Dengan warna baru seperti Jupiter Red, Chashmere White Magno, dan Emerald Green hadir sebagai pilihan warna baru untuk CLS 2021.

Sementara untuk pilihan material interior, yang masih memakai Nappa Leather dengan konsep two-tone, kini hadir dengan pilihan warna yang lebih banyak. Mulai dari Classic Red-Black, Saddle Brown-Hitam, Tartufo Brown-Black, Deep White-Black, dan Yacht Blue-Black.

Tampilan interior Mercedes CLS 2021

Kabin Mercedes CLS 2021, yang kini sudah dilengkapi MBUX versi terbaru

Sementara untuk Mercedes CLS 2021 trim CLS53, ada AMG Night Package II, yang menambahkan gril dan badge yang dibalut dark chrome, dengan AMG Dynamic Plus Package memberi sentuhan merah ke kaliper rem, dan AMG Performance Steering Wheel dan tambahan Race mode dengan Drift mode.

Mercedes juga menawarkan 300 unit CLS 53 Limited Edition, yang ditawarkan dalam dua pilihan warna, Cashmere White Magno dengan strip samping Metallic Grey, atau Selenite Grey Magno dengan strip samping hitam.

>>> Mercedes akan Gantikan AMG GT Roadster dengan SL

Hadirkan varian mesin Diesel, fitur driving assistance diperkuat

Meski sebagian besar powertrain dibiarkan seperti pre-facelift, CLS 300d 4Matic mendapatkan powertrain baru, mesin inline-4 2.0L turbodiesel dengan sistem mild hybrid 48-volt.

Mesin berkode OM654M itu mendapatkan crankshaft baru (dengan stroke yang lebih besar 1,7 mm menjadi 94 mm, dan kapasitas kubikasi naik 43 cc menajdi 1.993 cc), tekanan injeksi yang diperkuat menjadi 2.700 bar.

Dengan tambahan turbo model VGT (Variable Geometry Turbocharger), tenaga mesin kini menjadi 261 HP dan torsi 550 Nm, dengan tambahan 20 HP torsi dari Integrated Starter-Generator (ISG). Selain mesin tersebut, hadir juga vesi 191 HP versi (tanpa ISG) yang digunakan CLS 220 d, dan mesin 3.0L inline-6 yang milik CLS 400d yang memiliki tenaga 325 HP.

Mesin Mercedes CLS AMG

Mercedes CLS Facelift menghadirkan enam varian dari empat mesin berbeda

Sedang untuk mesin bensin, ada dua pilihan varian, yakni CLS 350 yang memakai mesin 2.0L dengan tenaga 295 HP, dan mesin inline-6 3.0L mild-hybrid yang terbagi menjadi dua varian, yakni 361 HP (CLS 450), dan 430 HP (CLS 53).

Teknologi mild hybrid bukan satu-satunya ubahan teknologi yang didapat Mercedes CLS 2021, di mana Mercedes juga menyematkan MBUX versi terbaru dengan Energizing Coach wellness function. Selain itu, hadir juga Active Park Assist yang dapat mengenali penanda parkir, dan sistem kamera 360 derajat.

Driving assist juga ditingkatkan, dengan Autonomous Emergency Braking (AEB) kini juga bisa mendeteksi kendaraan lawan arah jika disandingkan dengan Driver Assistance Package.  Adaptive Cruise Controlnya juga bisa menyesuaikan kecepatan secara otomatis, contohnya melambat saat menikung, exit jalan tol, bundaran, pintu jalan tol, pertigaan, dan menyesuakan speed limit.

Mercedes CLS 53 AMG

Mercedes juga menyematkan improvement pada driving assist CLS 2021

Fitur lainnya adalah Active Stop-and-Go Assist yang masuk ke dalam Driving Assistance Package, yang dapat menjaga jarak dengan mobil di depan dengan kecepatan sampai 60 km/jam. Fitur ini juga bisa secara otomatis memberi jarak untuk ambulan atau pemadam kebakaran, atau lainnya.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda lihat di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top