Mercedes EQS Resmi Diperkenalkan, S-Class EV dengan Jarak Tempuh 770 km

19/04/2021

Mobil baru

6 menit

Share this post:
Mercedes memperkenalkan sedan listrik flagship EQS, yang akan menjadi rival Tesla Model S di segmen sedan listrik flagship, dengan jarak tempuh mencapai 770 km.

Pertama kali dipamerkan dalam bentuk prototype Vision EQS pada September 2019 lalu, versi produksi Mercedes EQS akhirnya resmi diperkenalkan sebagai ekuivalen S-Class dengan powertrain listrik.

Akan berhadapan langsung dengan Tesla Model S, EQS menjadi mobil pertama yang dibangun di atas platform Electric Vehicle Architecture (EVA), yang nantinya akan dipakai line-up Mercedes EQ lainnya, seperti EQS SUV, EQE, dan EQE SUV.

>>> Mercedes Maybach S650 Akan Jadi Edisi Terakhir Bermesin Bakar Murni

S-Class versi elektrik, siapkan varian AMG

Dihadirkan sebagai Sonderklasse dengan powertrain listrik, Mercedes EQS hadir dengan panjang 5.216 mm, lebar 1.926 mm, dan tinggi 1.512 mm. Dimensi ini berada di antara S-Class normal dan versi LWB.

Tampilan depan Mercedes Benz EQS

EQS memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dibandingkan S-Class normal

Mercedes EQS akan hadir dalam dua varian, yakni EQS 450+ yang memiliki sistem penggerak roda belakang dan EQS 580 4Matic berpenggerak all-wheel drive. Selain itu, varian performa AMG juga akan diperkenalkan tahun ini.

Secara desain, Mercedes EQS 2022 memiliki eksterior yang sangat aerodinamis diklaim memiliki koefisien drag 0.20 merupakan angka terendah dari sebuah mobil produksi massal.

Dari depan, Mercedes EQS mengadopsi lampu depan berteknologi Digital Light yang dihubungkan dengan garis putih halus dan panel radiator hitam di bawahnya. Kemudian ada juga emblem Mercedes tiga dimensi sebagai opsi. Mobil ini juga memakai pintu tanpa frame, dan lampu belakang yang membentuk pattern 3D helix.

Tampilan belakang Mercedes EQS 2022

Mercedes menyiapkan tiga level trim untuk EQS 2022

Mercedes menyiapkan tiga level trim untuk EQS 2022, yakni Standar, AMG Line, dan Electric Art. AMG Line mendapatkan bumper depan dan belakang khusus, sedangkan untuk Electric Art mendapatkan beberapa aksen graphite grey metallic. EQS juga mendapat varian Edition 1 yang dijual terbatas pada tahun pertama produksi dan dengan finishing two-tone silver-hitam.

Sebagai standar, Mercedes EQS 2022 memakai velg 19 inci multi-spoke, atau velg 5-spoke AMG berukuran 19 atau 20 inci untuk trim AMG Line. Sedang Electric Art memakai velg 5-spoke 20 inci yang diberi finishing hitam ada juga pilihan 21 inci.

Dengan dimensi lebih besar dari S-Class SWB, sudah dipastikan Mercedes EQS memiliki interior lebih lapang, mungkin lebih lega dari sebuah S-Class. Uniknya, tampilan dasbor digital dibuat tinggi dengan konsol tengah model brigde seperti S-Class W223.

Tampilan dasbor Mercedes EQS 2022

Kursi belakang Merceddes EQS 2022

Dimensi mobil mempengaruhi kelapangan kabin mobil

Layar hyperscreen dan door handle terlihat ‘mengambang’ di atas permukaan dasbor serta panel pintu. Aksen metal di kisi-kisi AC dan tepian dashboard juga terdapat ambient lighting. Detail cukup menarik terlihat di bagian tepian dashboard, yang terlihat menyatu dengan panel pintu.

Menariknya, Mercedes EQS hanya hadir dalam satu konfigurasi 5-tempat duduk, tidak ada konsol tengah di kursi belakang ala Maybach. Namun, fitur lainnya tidak jauh berbeda dengan paket Executive Rear Seat sebagai opsi.

Saat armrest belakang dikeluarkan, terdapat MBUX tablet sebagai pengontrol dua layar belakang berukuran 11,6 inci yang dipasang di bagian belakang jok depan. Kursi belakang dapat dilipat dengan format 60/40, yang memberikan keleluasaan untuk mengakses bagian kargo yang juga sangat lapang.

>>> Generasi Terbaru Mercedes-Benz MBUX Hyperscreen Dirilis Awal Tahun

Adopsi MBUX Hyperscreen, jarak tempuh sampai 840 km

Salah satu fitur kunci Mercedes EQS 2022 adalah layar MBUX Hyperscreen, yang memiliki lebar 141 cm, dan terdiri atas tiga layar. Yakni instrument cluster 12,3 inci, 17,7 inci layar touchscreen OLED di tengah, dan layar 12,3 inci lainnya untuk sisi penumpang.

Untuk kekuatan proses yang responsif, MBUX diberikan CPU 8-core dengan ram 24 GB. Namun Hyperscreen tidak tersedia untuk seluruh varian EQS, di mana trim paling rendah memakai model yang sama seperti S-Class W223.

Dashboard Mercedes EQS

Hyperscreen tidak tersedia untuk seluruh varian Mercedes EQS 2022

Keluaran audionya ditunjang oleh sound system premium buatan Burmester, yang memakai 15 speaker dengan total daya 710 watt, yang juga hadir dengan program suara dalam interior dengan dua mode, Silver Waves dan Vivid Flux, yang bisa dipilih lewat layar tengah.

Mercedes juga menyiapkan beberapa fitur tambahan yang bersifat opsional, mulai dari head-up display dengan teknologi Augmented Reality, Panoramic Sunroof, dan pintu depan/belakang yang bisa membuka atau menutup sendiri.

Untuk soal performa, EQS 450+ dilengkapi motor listrik tunggal sebagai penggerak roda belakang, yang menghasilkan tenaga 328 HP dan torsi 568 Nm, yang bisa menggerakkan mobil dari 0-100 km/jam dalam waktu 6,2 detik dengan top speed yang dibatasi di 210 km/jam.

Sementara itu, Mercedes EQS 580 memakai dua motor listrik yang jika digabungkan memiliki tenaga 515 HP dan torsi 855 Nm dengan akselerasi 0-100 km/jam yang lebih cepat di 4,3 detik dengan top speed sama seperti varian lebih rendah. Sedang untuk varian AMG, yang akan meluncur akhir tahun ini, akan memiliki tenaga 761 HP.

Mercedes EQS diklaim bisa berjalan sejauh 770 km dalam satu kali pengisian, tapi belum dikehahui apakah itu berlaku untuk semua varian. Terdapat dua opsi baterai, yakni 90 kWh dan 107,8 kWh, dan dalam tes diketahui rata-rata pemakaian baterai per 100 km berkisar di 15,7 kWh sampai 20,4 kWh untuk varian EQS 450+, sedang EQS 580 yang lebih kencang menghabiskan 17,4 kWh sampai 21,8 kWh.

Mercedes EQS 2022 drivetrain

EQS 2022 diklaim bisa menempuh jarak sampai 770 km untuk satu kali pengisian baterai

Sedang untuk pengisian, EQS hadir dengan charging AC 11 kWh sebagai bawaan, namun bisa disebut sebagai unit 22 kW. Untuk metode pengisian juga mendukung DC Fast Charging 200 kW, yang memberikan tambahan 300 km untuk 15 menit pengisian.

Seperti S-Class W223, Mercedes EQS dilengkapi sistem bantuan pengemudi generasi terbaru. Hadir sistem berkendara otonom Level 3, yang dapat berkendara secara otonom di beberapa area jalan tol Jerman dengan kecepatan sampai 60 km/jam.

Mercedes EQS 2022 akan mulai dipasarkan di Amerika Serikat akhir tahun ini, dengan spesifikasi lengkap akan diumumkan jelang peluncuran. Namun, beredar bocoran yang mengatakan bahwa EQS memiliki harga yang tidak jauh berbeda dari S-Class.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top