Mercedes EQA 2021, GLA Versi Listrik Bertenaga 188 HP

21/01/2021

Mobil baru

3 menit

Setelah EQC, Mercedes menambah portofolio EV yang mereka jual dengan model entry level EQA. Dan sesuai prediksi, crossover listrik satu ini mengambil basis Mercedes-Benz GLA.

Setelah peluncuran EQC sebagai EV pertama Mercedes-Benz tahun 2019 lalu, beredar prototype EV lainnya dengan body sebesar GLA. Jika mengacu pada kemiripan postur EQC dan GLC, kemungkinan EQA jadi EV kedua yang dirilis brand Stuttgart itu.

Tampilan depan Mercedes-Benz EQA 2021

EQA diplot sebagai varian entry level Mercedes EQ

Hal itu terbukti awal tahun ini, dimana Mercedes EQA 2021 jadi EV kedua dari Stuttgart dengan postur yang cukup identik dengan GLA. Mobil ini juga sekaligus menjadi model entry level dari brand EV Mercedes EQ.

>>> Mercedes-Benz EQC 4x4, Konsep Liar EV Penjelajah

Siapkan varian lebih kencang, fokus pada efisiensi aerodinamika

Pada peluncuran ini, Mercedes EQA 2021 hanya memiliki satu varian saja, EQA 250, yang memakai motor elektrik tunggal dengan tenaga 188 HP dan torsi 375 Nm. Dan dengan baterai lithium-ion berkapasitas 66,5 kWh, mobil bisa berjalan sampai 486 km dalam tes NEDC.

Baterai yang dipakai Mercedes-Benz EQA

Nantinya Mercedes akan menghadirkan varian dua motor listrik dengan jarak tempuh lebih dari 500 km

Nantinya, Mercedes juga akan menghadirkan EQA 2021 dengan performa lebih sangar dengan dua motor yang menghasilkan tenaga lebih dari 268 HP dengan torsi 500 Nm, serta jarak tempuh lebih dari 500 km untuk satu kali pengisian.

Meski bukan mobil yang mengutamakan kecepatan, mobil baru Mercedes EQ satu ini dirancang dengan aerodinamika yang sangat bagus dengan koefisien drag 0,28. Hasilnya, mobil memiliki efisiensi baterai yang sangat baik, di mana untuk 100 km memakai daya 15,7 kWh.

>>> Penjualan Mobil Listrik Mercedes-Benz Meningkat di Tahun 2020

GLA dengan estetika khas Mercedes EQ

Secara visual, proporsi Mercedes EQA 2021 sangat identic dengan GLA, faktanya Mercedes memang memakai crossover kompak tersebut sebagai basis. Namun dengan beberapa penyesuaian khas brand EQ, seperti gril yang tertutup, serta desain lampu depan dan belakang baru sehingga menghasilkan harmoni baru secara estetika.

Tampilan belakang Mercedes-Benz EQA 2021

Kabin Mercedes-Benz EQA 2021

Eksterior dan interior EQA sangat mirip dengan Crossover Mercedes-Benz GLA

Kemiripan EQA dengan GLA juga berlanjut dalam kabin, namun dengan ciri khas yang mempertegas status crossover kompak ini sebagai mobil listrik. Tentu yang paling kentara adalah layout instrument cluster dengan tampilan khas EV, selain itu perbedaan lainnya tergantung trim.

Penjualan EQA 2021 akan dimulai pada Februari tahun ini di pasar Eropa dan Cina dengan harga mulai 47.540 Euro (setara Rp 808 juta), sebelum keringanan pajak EV diterapkan.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

 
back to top