Mercedes-Benz S-Class 2021 Bisa Dikendarai Tanpa Setir di 60 km/jam

04/09/2020

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Mercedes-Benz S-Class 2021 Bisa Dikendarai Tanpa Setir di 60 km/jam
All New Mercedes-Benz S-Class 2021 dipersiapkan menjadi mobil pertama di dunia yang memiliki tingkat swakemudi tanpa bantuan pengemudi hingga 60 km/jam.

Perkembangan kendaraan otonom atau swakemudi semakin menjadi-jadi. Peningkatan terbaru dari pabrikan asal Jerpman adalah kehadiran sistem swakemudi yang mendobrak teknologi kendaraan produksi massal. Adalah Mercedes-Benz S-Class 2021 yang mendapatkan sistem swakemudi level tiga: tanpa bantuan pengemudi hingga kecepatan 60 km/jam.

Tanpa kemudi di 60 km/jam

Hal ini disebutkan langsung oleh Bos Global Mercedes-Benz Ola Kallenius yang berbicara kepada media dalam peluncuran perdana S-Class yang dilangsungkan pada Rabu (2/9) lalu. Dilaporkan oleh Car Advice, Ola menyebutkan bahwa Mercedes sedang menunggu persetujuan pemerintah Jerman untuk memberlakukan sistem swakemudi level tiga pada S-Class.

interior Mercedes-Benz S-Class 2021 berwarna hitam
Sistem Mercedes-Benz S-Class 2021 bisa mengoperasikan swakemudi level tiga

>>> Mercedes-Benz Perkenalkan S-Class 2021, Perombakan Total!

Sistem level tiga mengindikasikan pengemudi bisa melepas tangan dari kemudi untuk beberapa waktu karena kendaraan sudah dilengkapi dengan sistem sensor dan peta tingkat lanjut. Diperkirakan, teknologi ini bisa digunakan pertama kali di jalan bebas hambatan, bukannya di jalanan perkotaan yang penuh dengan pejalan kaki dan lalu lintas stop-and-go.

Namun Mercedes mengatakan pengemudi bisa melepas kemudi hingga kecepatan 60 km/jam, sesuai dengan peraturan yang berlaku. Untuk saat ini hanya otoritas Jerman yang besedia mengizinkan penggunaan teknologi ini di jalan raya. Tapi Mercedes yakin negara lain tak lama lagi akan mengikuti.

>>> Konsep Mercedes-Benz VRC yang Terlupakan, 4 Bodi dalam 1 Mobil

mobil baru Mercedes-Benz S-Class berwarna hitam
Mercedes persiapkan mobil dengan situasi swakemudi tingkat tinggi

"Dengan S Class baru kami akan memasuki dimensi baru. Karena untuk Jerman tahun depan kami dapat menawarkan mengemudi otomatis Level Tiga ... hingga (pengendaraan) 60 km/jam, Anda bisa mengemudi tanpa ada kewajiban untuk memegang kemudi," jelas Ola.

>>> Informasi harga Mercedes-Benz terbaru tahun 2020 bisa Anda lihat di sini

Siap dicoba tahun depan

Ola masih mengungkapkan persiapan yang dilakukan dan akan mencoba pengemudi otomatis level tiga pada S-Class teraru tahun depan. Percobaan inia menjadikan Mercedes sebagai pabrikan pertama di dunia yang menguji sistem swakemudi pada situasi mengemudi tertentu.

dashboard mobil baru Mercedes-Benz berwarna putih
Sistem swakemudi membutuhkan chip dan sensor tingkat tinggi

Setelah Jerman, sistem ini kemungkinan besar siap mencapai seluruh Eropa, Amerika, dan China. Dibutuhkan tingkat daya komputasi baru untuk menangani teknologi otonom ini.

"Anda membutuhkan seperangkat chip berkinerja luar biasa," ungkap Ola. "Anda memerlukan tumpukan perangkat lunak yang komprehensif dan Anda perlu sensor."

Bertahun lalu, Mercedes memprediksi mobil swakemudi sudah bisa dikendarai di jalanan umum pada awal 2020. Namun Mercedes membatalkan prediksi tersebut tanpa mengungkapkan waktu tertentu, dan berjanji untuk pencapaian sistem berkendara otonom dalam situasi lalu lintas yang lebih kompleks lebih cepat.

>>> Jual mobil bekas & Baru terbaik dan termurah

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Mercedes-Benz Perkenalkan S-Class 2021, Perombakan Total!

03/09/2020

Mobil baru

5 menit

Mercedes-Benz menguatkan posisi sedan flagship S-Class dengan perombakan total untuk tahun 2021. Platform baru, sistem hiburan baru, bahkan sampai sistem otonom level 3 ada semuanya.

Lihat juga

Konsep Mercedes-Benz VRC yang Terlupakan, 4 Bodi dalam 1 Mobil

31/08/2020

Pasar mobil

2 menit

Mobil konsep Mercedes-Benz VRC merupakan model yang terlupakan. Beberapa versi bodi dipasangkan dalam satu mobil lengkap dengan teknologi canggih Mercedes.

Lihat juga

Mobil Off-road Terbaik, Jeep Wrangler, Land Rover Defender, atau Mercedes-Benz G-Class?

31/08/2020

Jual beli

5 menit

Diantara Jeep Wrangler Rubicon, Land Rover New Defender 110, atau Mercedes-Benz G350d, manakah mobil off-road terbaik? Berikut hasil pengujian ketiga mobil ini.

Lihat juga

Mercedes-Benz Gaet Helena Christensen Kampanyekan Penggunaan Masker

28/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Mercedes-Benz bersama Helena Christensen pada ajang Copenhagen Fashion Week SS21 kampanyekan penggunaan masker pada acara yang dihelat pada 9-12 Agustus lalu.

Lihat juga

Mercedes-AMG G63 Limo 2020 Racikan Inkas Sanggup Tahan Granat

26/08/2020

Mobil baru

5 menit

Inkas baru saja memperkenalkan sebuah Mercedes-AMG G63 Limo 2020 dengan kemampuan khusus. Selain jauh lebih panjang, mobil ini juga tahan serangan berbagai peluru.

Lihat juga