Mercedes-Benz Perkenalkan S-Class 2021, Perombakan Total!

03/09/2020

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Mercedes-Benz Perkenalkan S-Class 2021, Perombakan Total!
Mercedes-Benz menguatkan posisi sedan flagship S-Class dengan perombakan total untuk tahun 2021. Platform baru, sistem hiburan baru, bahkan sampai sistem otonom level 3 ada semuanya.

Setelah serangkaian teaser mulai dari interior sampai fitur nan canggih, generasi terbaru Mercedes-Benz S-Class 2021 untuk jadi rival kuat sedan premium lain seperti Audi A8, BMW 7 Series, bahkan Bentley Flying Spur.

>>> Mercedes-Benz S-Class Maybach akan memakai mesin V12?

Berhadapan dengan sedan flagship berbagai pabrikan, Mercedes-Benz tak ragu mengklaim S-Clas W223 disebut sebagai mobil terbaik di dunia. Klaim yang cukup berani, namun kami yakin ada beberapa alasan sebagai dasar klaim tersebut.

Platform baru, kabin super lega dan mewah

Kita mulai dari platform, Mercedes-Benz S-Class 2021 adalah mobil pertama Mercedes dengan generasi terbaru MRA platform untuk mobil sedan. Platform satu ini dikenal memiliki teknologi yang cukup revolusioner di dalam kabin, yang juga akan dipakai di E-Class dan S-Class.

Platform MRA baru untuk Mercedes-Benz S-Class 2021

Platform baru membuat kabin S-Class 2021 jadi lebih lega, khususnya di belakang

Untuk pasar Eropa, Mercedes-Benz S-Class 2021 hadir dalam dua versi, standar dengan panjang 5.179 mm, yang lebih panjang 54 mm dari model sebelumnya, dan long wheelbase (5.289 mm). Semakin panjangnya mobil berdampak ke bagian belakang, di mana legroom dan headroom kursi belakang jadi lebih lega, dan bagasi lebih besar 20 liter jadi 550 liter.

Desain 

Berbicara soal desain, Mercedes mengatakan S-Class memiliki ekspresi paling mewah dari bahasa desain terbaru mereka. Secara umum, bentuk mobil jadi lebih aerodinamis yang meningkatkan efisiensi bahan bakar dan juga mengurangi suara angin yang masuk ke dalam kabin juga.

Tampilan depan dan samping Mercedes-Benz S-Class 2021

Tampilan samping dan belakang Mercedes-Benz S-Class 2021

S-Class 2021 punya lekuk yang lebih aerodinamis dibandingkan model terdahulu

Kita mulai dari bagian depan, grille-nya lebih besar dan tegas dibandingkan sebelumnya, dan diapit sepasang lampu depan baru LED multibeam yang hadir dengan projector beams.

Bagian sampingnya lebih halus, dengan gagang pintu model flush hadir sebagai opsi. Beralih ke belakang, Mercedes-Benz S-Class 2021 hadir dengan sepasang lampu belakang berbentuk segitiga yang dihubungkan dengan garis krom

Kabin lebih lega dengan MBUX generasi terbaru 

Untuk mengimbangi platform baru yang membuat kabin jadi lebih besar, Mercedes juga menyisipkan berbagai fitur dan teknologi terbaru untuk meningkatkan kenyamanan dan feel premium di dalam kabin S-Class 2021.

>>> Jual mobil bekas & Baru terbaik dan termurah

Kita mulai dari depan, tentu hal pertama yang mencuri perhatian adalah layar potrait berukuran 12,8 inci dengan teknologi OLED dan haptic feedback. Layoutnya juga mengalir sangat halus ke konsol tengah model baru yang berdiri di atas dashboard yang sangat bersih dari tombol dan terlihat sangat mewah. Dan seperti kita tahu, S-Class 2021 sudah memakai MBUX Gen II yang dapat diupdate secara over-the air.

Bagian depan kabin Mercedes-Benz S-Class 2021

Layout dashboard sangat bersih seperti dek sebuah yacht

Pindah ke belakang, setidaknya ada tiga buah layar di bangku baris kedua. Dua buah layar 11,6 inci yang berada di belakang kursi depan bisa dipakai untuk berselancar di dunia maya, melihat email, atau menonton TV. Ada satu lagi di bagian tengah.

Fitur Energizing comfort juga kembali hadir di Mercedes-Benz S-Class 2021, di mana ada enam profil yang bisa dipilih dan secara otomatis mengatur atmosfir interior, mengganti ambient lighting, temperatur kabin, volume audio, dan massage feedback tergantung profil yang dipilih. 

Desain interior belakang Mercedes-Benz S-Class 2021

Terdapat enam mode energizing comfort yang memberikan aura berbeda di kabin belakang mobil

Salah satu mode mengkombinasi massage function dan audio 30 speaker dari Burmeister yang membuat suara 4D, dengan tambahan getaran di kursi untuk suara bas dengan frekuensi  yang sangat rendah.

Pilihan mesin dan fitur berkendara

Soal pilihan mesin, Mercedes mengonfirmasi S-Class untuk pasar Eropa akan memakai mesin 6-silinder segaris 3.0L turbo dengan dua buah varian mild hybrid 48V dan tiga mesin diesel. Semuanya sama-sama memakai girboks otomatis 9-percepatan dengan top speed yang dibatasi di 250 km/jam.

Varian terkencang dengan mesin bensin adalah S 500 4Matic dengan sistem penggerak all-wheel drive. Tenaga yang dihasilkan sebesar 435 HP dengan torsi 500 Nm, akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,9 detik. Selain itu, ada varian S 450 4Matic dengan tenaga 365 HP dan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 5,1 detik.

Generasi terbaru Mercedes-Benz S-Class 2021

Kecepatan puncak S-Class 2021 non-AMG dibatasi di 250 km/jam

Untuk varian bermesin diesel, S 400 d jadi model paling kencang berbekal tenaga 330 HP dan torsi 700 Nm yang bisa melesatkan mobil dari 0-100 km/jam dalam waktu 5,4 detik.

>>> Informasi model mobil baru tahun 2020 bisa Anda lihat di sini

Di luar pasar Eropa, Mercedes-Benz S-Class 2021 akan hadir dengan mesin V8 yang dipadukan sistem mild-hybrid 48-volt, dan model plug-in hybrid (PHEV) dengan jarak tempuh elektrik sejauh 100 km. Seperti gen sebelumnya, S-Class AMG juga tengah disiapkan, meski belum ada detail pasti terkait mesin yang dipakai ataupun performa mobil.

Tidak cuma kenyamanan dalam kabin, Mercedes juga mengembangkan fitur berkendara dan keamanan di S-Class 2021, termasuk sistem kendara otonom Level 3 pertama di sebuah mobil.

Sistem berkendara otonom Level 3 di Mercedes-Benz S-Class 2021

S-Class 2021 jadi mobil pertama yang mengadopsi sistem berkendara otonom Level 3

Sistem berkendara semi-otonom Mercedes-Benz S-Class 2021 bisa dipakai di jalanan ramai bahkan macet, di mana pengendara bisa mengalihkan perhatian dari mobil untuk memeriksa email, internetan, dan mobil dapat merespon kondisi lalu-lintas dan potensi kecelakaan dalam waktu tertentu.

Selain itu, ada juga fitur remote parking assist, di mana mobil dapat parkir sendiri dan bisa dipanggil menggunakan smartphone, ya meski dalam jarak yang tidak begitu jauh.

Untuk teknologi terbaru di bagian sasis, Mercedes-Benz S-Class 2021 mendapatkan rear-wheel steering dengan sudut putar roda belakang lebih besar yang bisa memangkas radius putar S-Class jadi setara hatchback A-Class.

Teknologi rear-wheel steering di Mercedes-Benz S-Class 2021

Sudut belok roda belakang yang lebih besar memangkas radius putar mobil secara signifikan

Selain itu, ada juga air-suspension dengan pengontrol 48-volt yang jadi bagian dari fitur opsional E-Body Active Control Suspension, di mana fitur ini dapat mengangkat salah satu sisi mobil setinggi 80 mm sebelum tabrakan samping, alhasil dampak kecelakaan bisa dikurangi.

Mercedes belum mengumumkan harga Mercedes-Benz S-Class 2021, kemungkinan baru dikonfirmasi jelang penjualan di Eropa Desember mendatang, dengan pasar lain seperti Amerika dan Cina mulai Februari 2021.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Mercedes-AMG One Mulai Dites, Hypercar Jalanan Bermesin F1

20/08/2020

Mobil baru

4 menit

Mercedes-AMG One sudah memasuki fase akhir development. Hypercar dengan mesin F1 itu sudah mulai dites di jalanan dengan bodykit dan powertrain yang sudah disempurnakan.

Lihat juga

Mercedes-AMG GT Black Series Pakai Kamuflase untuk Pecahkan Rekor Nurburgring

15/08/2020

Mobil baru

4 menit

Tepat satu bulan setelah peluncurannya, AMG GT Black Series kembali tertangkap memakai kamuflase di Nurburgring Nodscleife. Bahkan, supercar terbaru Mercedes-AMG itu diklaim mematahkan rekor mobil produksi tercepat di sana.

Lihat juga

Interior Mercedes-Benz S-Class 2021 Hadirkan Kenyamanan ‘Rumahan’

13/08/2020

Mobil baru

2 menit

Pabrikan asal Jerman ini mengumumkan kehadiran desain baru dari interior Mercedes-Benz S-Class 2021 yang menghadirkan kenyamanan khas rumahan di dalam mobil.

Lihat juga

Mercedes-Benz Kenalkan Fitur Airbag Belakang pada S-Class 2021

04/08/2020

Mobil baru

4 menit

Setelah memperkenalkan fitur entertainment MBUX terbaru, Mercedes-Benz memperkenalkan teknologi safety dan pengemudian baru di S-Class 2021 yang akan rilis September nanti.

Lihat juga

Launching 2021, Spyshot Mercedes-Benz C-Class Estate Beredar

25/07/2020

Mobil baru

3 menit

Jelang peluncurannya tahun depan, spyshot C-Class Estate mulai beredaran. Dan akan melengkapi line-up Mercedes-Benz W206 yang mendapat ubahan kosmetik, teknologi teranyar, dan powertrain hybrid.

Lihat juga