Menikmati Nyamannya Perjalanan Bersama Mercedes-Benz Sprinter 2021

31/10/2021

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Kali ini tim Cintamobil.com enggak melakukan test drive seperti biasa tapi kami lebih memilih menikmati nyamannya perjalanan bersama Mercedes-Benz Sprinter 2022

Kali ini tim tester Cintamobil.com yakni Michael 'Mike' Clerence Boerma tidak 'lompat' ke kursi pengemudi untuk mengetes mobil baru seperti biasa. Tapi ia lebih memilih untuk duduk di kursi penumpang dan menikmati perjalanan bersama Mercedes-Benz Sprinter 2021. Seperti apa nyamannya mobil ini?

Tentang Mercedes-Benz Sprinter 2021

Sebelum membahas mengenai kenyamanan mobil ini, sebaiknya kita intip sedikit mengenai Mercedes-Benz Sprinter 2021. Bagi Anda yang suka bepergian dengan travel terkang ada beberapa operator travel yang menggunakan Mercedes-Benz Sprinter sebagai armadanya.

Mercedes-Benz New Sprinter 2021

Mercedes-Benz Sprinter 2021

Pada model terbaru ini juga tak kalah menarik, bahkan lebih baik dari generasi sebelumnya, New Sprinter menggunakan teknologi mobil Mercedes-Benz untuk mendefinisikan kembali sektor van dalam hal kenyamanan, ergonomi, dan fungsionalitas.

Eksterior belakang Mercedes-Benz New Sprinter 2021

Tampilan buritan Mercedes-Benz Sprinter 2021

New Sprinter hadir dengan mengesankan yang memiliki berbagai fitur peralatan dan konsep operasi yang meningkatkan segmen van besar ke tingkat yang lebih baru. Fitur-fitur baru termasuk lampu depan LED High Performance, velg ringan 17 inci, engine start Keyless Go dan Thermotronic Automatic Climate Control, serta kursi berbentuk ergonomis, dan sistem bantuan terbaru.

Mercedes-Benz New Sprinter 2021 Hands Off Ceremony

Mercedes-Benz Sprinter 2021 digaransi sampai 200.000 kilometer

New Mercedes-Benz Sprinter hadir dengan 2 tahun warranty atau 200.000 kilometer – mana yang tercapai lebih dahulu – dengan empat pilihan warna berbeda; Obsidian Black, Tenorite Grey, Arctic White, dan Brilliant Silver. Sprinter 415 CDI A3 baru tersedia di diler resmi Mercedes-Benz dengan harga rekomendasi Rp. 1.030.000.000 (off-the-road).

>>> Mercedes-Benz Hibahkan Sprinter Van untuk Tangani Pandemi Corona di Jakarta

Fitur Safety Tetap Lengkap

Sama dengan mobil penumpang lansiran Mercedes-Benz, fitur safety tetap lengkap. Ambil contoh sistem Blind Spot Assist memperingatkan pengemudi jika mendeteksi perubahan jalur yang akan mengakibatkan risiko tabrakan.

Sensor radar jarak pendek yang terletak di kedua sisi bumper belakang memantau area langsung ke samping dan ke belakang kendaraan. Dengan cara ini, Sensor radar jarak pendek dapat mendeteksi ketika kendaraan lain yang terdapat di "titik buta" dari kaca spion yang sedang melaju di jalur yang berdekatan.

Layout dashboard Mercedes-Benz New Sprinter 2021

Interior depan Sprinter berkualitas tinggi

Dalam situasi seperti itu, sistem memberi tahu pengemudi melalui sinyal peringatan merah di kaca spion luar. Jika pengemudi mengabaikan peringatan ini dan menyalakan lampu sein untuk berpindah jalur, sinyal peringatan akustik juga akan berbunyi. New Sprinter juga dilengkapi dengan airbag depan untuk kursi pengemudi dan kursi co-driver.

Mercedes-Benz New Sprinter 2021

Sprinter adalah van pertama di dunia yang menawarkan fitur Crosswind Assist

Tingkat keamanan yang tinggi adalah salah satu inti nilai dari brand dengan bintang-sudut-tiga. Mercedes-Benz adalah produsen van pertama di dunia yang menawarkan inovasi Crosswind Assist dari Mercedes-Benz Sprinter.

Eksterior belakang Mercy Sprinter

Sistem keamanan canggih menjamin Sprinter enggak goyang kena terpaan angin

Crosswind Assist diaktifkan secara otomatis dari kecepatan 80 km/jam dan menggunakan sensor Electronic Stability Program ESP® yang sesuai standar. Sebuah sensor mendeteksi gaya yang bekerja pada kendaraan saat terjadi angin silang atau hembusan angin tiba-tiba dan menerapkan aksi pengereman ke roda individu di sisi yang menghadap angin.

Torsi pengereman ini menciptakan gerakan menguap yang melawan efek angin silang. Penyimpangan trek dengan demikian berkurang secara signifikan. Ini secara nyata mengurangi ketegangan pada pengemudi, menghindari respons pengemudi yang tidak tepat dalam angin kencang. Perhatian pengemudi juga tertuju pada intervensi sistem dengan lampu indikator di kluster instrumen.

Kenyamanan Maksimum Sebagai Penumpang

Interior Mercedes-Benz Sprinter 2021 ini masih tetap sama dengan pendahulunya, yakni menawarkan ketinggian kabin 1,9 meter yang memungkinkan orang untuk berdiri di dalam. Otomatis tim Cintamobil.com yang postur tingginya 186 cm bisa berdiri dengan lurus tanpa harus menunduk.

Kami diberi kesempatan mencoba Mercedes-Benz Sprinter 2021 ini dua kali. Yakni bergantian pulang dan pergi. Untuk rute berangkat arah ke hotel Pullman Ciawi, kami naik Sprinter yang transporter version yaitu kosongan hanya bangku-bangku aja, setelah itu baru kami naik yang VIP.

Tim Cintamobil test Mercedes-Benz Sprinter 2021

Tim Cintamobil.com (kanan) bersama awak media lainnya (foto by CVT Indonesia)

Saat naik yang versi transporter, semua serba standard dan polos hanya bangku saja. Tidak ada peredam yang lebih, ketika kena jalanan berlubang terdengar banyak panel bergetar. Tetapi bantingan suspensinya terasa nyaman, dari yang versi transporter ke VIP, bantingan suspensinya sama-sama empuk tetapi rigid.

Mercedes-Benz New Sprinter VIP

Duduk di sini Anda serasa jadi 'orang penting'

Karena kami tidak merasa teralu limbung dan tidak mantul-mantul. Varian VIP tentu lebih berat bobotnya dan peredam yang cukup tebal, bantingan suspensinya tetap sama-sama nyaman, tidak terasa banyak perbedaan dengan yang varian transporter. Kabin juga sangat kedap di varian VIP.

Interior Mercedes Benz New Sprinter 2021

Interior ini seharga Rp 1,1 miliar!

Sekadar informasi, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia hanya menyediakan mobil ini secara 'kosongan' dengan harga Rp 1,03 Miliar. Untuk yang VIP sendiri itu, harga interiornya sendiri mencapai Rp 1,1 Miliar

Menurut kami, selain cocok untuk pengusaha jasa angkutan antar kota maupun antar provinsi. Mobil ini pun bagus untuk Ambulance karena atap yang tinggi, jadi bisa untuk minor surgery on the go (tindakan operasi kecil di jalan) kalau sedang mendapati situasi Emergency.

Kekurangan Mercedes-Benz Sprinter 2021

Sesempurna apapun mobil dibuat oleh manusia, tetap tidak akan menyaingi ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Oleh sebab itu kami tetap menemukan beberapa kekurangan di Mercedes-Benz Sprinter 2021 ini. Di antaranya adalah peredaman suara yang tidak terlalu istimewa di versi standar alias 'kosongan'.

Mercedes-Benz New Sprinter 2021

Dimensinya jelas lebih bongor dari Toyota HiAce Premio

Selain itu Anda juga harus ingat, sosoknya yang bongsor karena punya dimensi panjang 6.967 mm, lebar 2.345 mm, dan tinggi 2.963 mm mungkin agak menyulitkan untuk 'blusukan' kala harus mengantar penumpang yang tinggal agak di pedalaman. Jelas Toyota HiAce Premio lebih fleksibel dalam hal kelincahan.

Interior VIP Mercedes-Benz New Sprinter 2021

Kalau dilihat sekilas memang tak ada masalah, jika pay attention to detail baru terlihat

Selanjutnya yang menjadi kekurangan di mata kami adalah kualitas buatan interior 'VIP' yang memakan biaya Rp 1,1 miliar tersebut. Logikanya, bila Anda sudah mengeluarkan uang sebanyak itu pasti punya ekspektasi tinggi terhadap kualitasnya. Tapi, di sini kami melihat beberapa area (panel) yang kurang rapi.

Kesimpulan

Mercedes-Benz New Sprinter 2021

Ia layak dipilih untuk menunjang usaha Anda

Mercedes-Benz Sprinter menyediakan jawaban untuk semua kebutuhan transportasi bagi pemilik maupun perusahaan yang mementingkan efisiensi. Kenyamanan kabin cukup baik ditambah teknologi tinggi dari sisi powertrain maupun fitur safety yang berlimpah membuatnya layak menjadi pilihan.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top