Mengulik Bocoran Mesin Toyota Raize Versi Indonesia

28/04/2021

Mobil baru

4 menit

Mengulik Bocoran Mesin Toyota Raize Versi Indonesia
Setelah membahas soal fitur, kali ini Cintamobil.com akan mengulas soal varian mesin Toyota Raize spesifikasi Indonesia, yang akan launching akhir April nanti.

Setelah lama digembar-gemborkan, Toyota Raize akhirnya sudah dikenalkan untuk Indonesia. Sebelumnya membahas soal fitur, kali ini Cintamobil.com akan membahas soal mesin Toyota Raize yang disiapkan untuk pasar Indonesia. Dari brosur yang berkembang, ada dua jenis mesin yang disiapkan yakni 1.2L NA berkode WA-VE, dan 1.0L Turbo berkode 1KR-VET.

Seperti apa detail kedua mesin? Simak lengkapnya di Cintamobil.com ya.

>>> Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Mobil Kembar Kelima yang Punya Rasa Lokal

Dapat varian Turbo, Bukan Mesin 1.2L Biasa

Tentu saja, salah satu bahasan menarik di sini adalah kehadiran mesin 1.0L turbo berkode 1KR-VET yang digunakan Raize spesifikasi Jepang sepertinya juga akan dipakai di Indonesia.

Mesin ini merupakan versi performa dari 1KR-VE yang cukup familiar di Indonesia, karena sudah dipakai di Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Namun dengan tambahan turbo, sehingga performa yang ditawarkan jadi lebih mumpuni.

Mesin 1KR-VET yang dipakai Toyota Raize

Raize spesifikasi Indonesia juga akan mendapatkan mesin 1.0L Turbo

Jika mengacu spesifikasi Jepang, tambahan turbo pada mesin 1KR-VE membuat Raize memiliki tenaga 98 PS (96,6 HP), dan torsi 140 Nm. Meningkat jauh jika dibandingkan versi non-turbo, yang berada di sekitar 67 PS (66 HP) dan 89 Nm.

Meski lebih bertenaga, mesin ini memiliki rasio kompresi 9,5:1. Secara angka, mesin bisa memakai bensin kualitas rendah seperti Premium, namun mengingat hadirnya turbo, ada baiknya memakai minimal Pertalite agar kinerja mesin selalu optimal.

Sekarang kita membahas mesin kedua yang akan dipakai Toyota Raize, yakni 1.2L Naturally Aspirated (NA) berkode WA-VE. Ini adalah mesin baru, tidak sama seperti 3NR-VE yang dipakai duo kembar, Agya-Ayla atau Calya-Sigra.

Meski memiliki satu silinder lebih sedikit, mesin 1.2L WA-VE ini diprediksi punya performa lebih baik, tenaganya berkisar di 88 PS (86,8 HP), dengan torsi 113 Nm. Dibandingkan 3NR-VE, torsi mesin baru lebih besar sekitar 5 Nm, yang memberi tambahan performa untuk jalanan stop and go di kota besar.

Cara kerja dual VVT-i

Mesin baru WA-VE juga akan memakai teknologi dual VVT-i

Namun ada satu hal menarik di specsheet, di mana mesin WA-VE ini memiliki rasio kompresi 12.8:1, yang sangat tinggi untuk mobil sekelasnya. Dan dengan angka sebesar ini, Raize bermesin 1.2L NA tidak bisa menerima sembarang bensin, baiknya gunakan bensin dengan angka oktan tinggi seperti Pertamax (RON 92).

Sementara untuk pilihan transmisi, Toyota Raize hadir dalam dua pilihan girboks, yakni manual 5-speed dan CVT. Kemungkinan memakai teknologi Dual-Mode CVT (D-CVT) yang kami bahas sebelumnya.

>>> Review Toyota Raize 2020: Wajah Baru SUV Mungil Toyota

Gambar menunjukkan promo saat membeli mobil Toyota Raize

 

Hadir dalam 4 varian, fitur canggih di trim tertinggi

Menurut brosur yang belum lama bocor, Toyota Raize spesifikasi Indonesia akan memiliki empat varian. Yakni 1.2 G, 1.0T G, dan 1.0T GR Sport. Di varian tertinggi juga masih terbagi dua, dengan Toyota Safety Sense atau non-Safety Sense.

Fitur Toyota Safety Sense yang ada di Raize

Fitur Toyota Safety Sense hadir di Raize GR-S

Kehadiran fitur seperti ini juga sudah diprediksi redaksi Cintamobil.com beberapa saat lalu. Sistem bantuan mengemudi pintar itu dilengkapi Adaptive Cruise Control, Line Keep Assist, Lane Departure Warning, Rear Cross Traffic Alert, dan Automatic City Braking Support.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top