Mengintip Spesifikasi Honda Jazz Terbaru Seharga Rp 1 Miliar di Singapura

02/02/2021

Mobil baru

4 menit

Mengintip Spesifikasi Honda Jazz Terbaru Seharga Rp 1 Miliar di Singapura
Honda Jazz terbaru akhirnya mengaspal di Singapura dengan banderol harga termurah mulai Rp 1,04 miliar. Berikut spesifikasi lengkap Honda Jazz terbaru itu.

Singapura menjadi negara pertama di kawasan ASEAN yang kebagian jatah Honda Jazz. Padahal, popularitas Jazz di negara-negara ASEAN belakangan ini disebut mulai pudar seiring dengan kehadiran Honda City Hatchback.

Tapi hal berbeda justru terjadi di Negeri Singa itu. Jazz generasi keempat cukup populer di sana. Honda Jazz yang dijual di Singapura itu didatangkan langsung dari Jepang.

Karakter Berbeda, Honda Jazz Model Terbaru Tak Masuk Indonesia?

Belum dipastikan apakah Jazz terbaru masuk ke Indonesia atau tidak

>>> Masuk Singapura, Harga Honda Jazz Model Terbaru Tembus Rp 1 Miliar!

Dibanderol Mulai Rp 1 Miliaran

Setidaknya ada tiga model Honda Jazz terbaru yang ditawarkan yakni 1.5 Base seharga 98.999 dolar Singapura setara Rp 1.04 miliar, 1.5 Home dengan banderol 101.999 dolar Singapura atau kalau dirupiahkan Rp 1,07 miliar, hingga yang termahal 1.5 e:HEV Luxe 103.999 dolar Singapura setara Rp 1,09 miliar. Keseluruhan harga tersebut sudah termasuk biaya sertifikat kepemilikan dan telah mendapatkan potongan untuk pemesanan awal. 

Untuk Honda Jazz varian Base dan Home sama-sama akan menggendong mesin empat silinder berkapasitas 1.5 L DOHC i-VTEC. Mesin itu sama dengan yang diusung Honda City di Malaysia. Berkat mesin tersebut, Jazz bisa menghasilkan tenaga setara 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm. Mesinnya dikawinkan dengan transmisi CVT berteknologi Earth Dreams dari Honda. Berkat kombinasi keduanya, konsumsi bahan bakar diklaim lebih efisien yakni 5,7 liter/ 100 km. 

Honda Jazz

Interior Honda Jazz model terbaru

Kemudian pada Jazz varian e:HEV, Honda mengusung dua motor listrik berteknologi Intelligent Multi-Mode Drive (i-MMD) yang bisa menghasilkan tenaga 108 PS dan torsi 253 Nm untuk menggerakan roda. Lalu ada juga mesin Atkinson 1.5 L bertenaga 98 PS dan torsi 127 Nm yang bisa untuk menggerakan motor listrik. Secara keseluruhan Jazz versi hybrid ini bisa menghasilkan tenaga 126 PS dan konsumsi bahan bakar lebih irit yaitu 3,8 liter/100 km. 

>>> Penjualan Honda Jazz Masih Moncer, Jadi Disetop Atau Tetap Lanjut?

Dibekali Sederet Fitur Canggih

Nama varian Honda Jazz terbaru yang digunakan di Singapura sama dengan di Jepang. Varian Home dan Base terlihat identik baik itu eksterior maupun interiornya. Keduanya memiliki lampu depan LED, DRL, lampu kabut, dan lampu belakang serta mengusung velg 16 inchi two tone bergaya turbine. Sedangkan untuk varian Luxe ditambahkan krom satin di pintu, rumah kaca spion serta desain velg berbeda. 

Honda Jazz

Ruang kabin Jazz terbaru

Dari sisi interior, Honda Jazz terbaru ini sudah menggunakan jok kulit yang selaras dengan setir. Sistem hiburan berukuran 9 inchi disematkan sebagai standar dan telah dilengkapi fitur kamera belakang, Apple CarPlay, serta Android Auto. Ultra Seats khas Jazz juga dihadirkan pada model ini. 

Seluruh model mendapatkan keyless entry dengan fitur walk-away auto lock, push-button start, a tilt- and telescopic-adjustable multi-function steering wheel and empat speaker. Pada varian Home terdapat kaca rias dengan sinaran lampu juga terdapat pengatur suhu otomatis. Sementara Luxe menjadi satu-satunya model dengan 8 speaker dan lampu otomatis. 

2020 Honda Jazz goes on sale in Japan – 109 PS e:HEV hybrid and 98 PS 1.3L petrol, up to 28.8 km/l Image #1081737

Varian Jazz yang ditawarkan di Singapura sama dengan Jepang

Sebagai varian tertinggi, Luxe juga dibekali fitur Honda Sensing yang terdiri dari Autonomous Emergency Braking, Adaptive Cruise Control dengan Stop and Go, Lane Centering Assist, dan Lane Keeping Assist. Tak lupa 6 airbag dan stability control juga disematkan sebagai standar keamanan pada Honda Jazz terbaru.

>>> Akankah Honda Jazz di Indonesia Digantikan City Hatchback?

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top