Mengintip Performa Penjualan Honda City Hatchback RS, Laris?

18/05/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Berbeda dengan versi sedannya yang kurang diminati, performa penjualan Honda City Hatchback RS jauh lebih baik. Bahkan cukup kompetitif dengan model lain di kelasnya.

Tidak butuh waktu lama bagi Honda City Hatchback RS untuk membuktikan bahwa mobil tanpa buntut itu cukup memikat. Data penjualan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan ratusan unit berhasil dikirim ke dealer Honda di seluruh Indonesia.

Wholesales 788 unit

Tercatat sebanyak 788 unit dikirim ke dealer pada bulan April 2021. Angka ini sangat jauh berbeda dengan City sedan yang kurang diminati. Gaikindo mencatat penjualan Honda City sedan hanya puluhan unit setiap bulan. Di tahun 2021 dari Januari-April hanya terjual 40 unit, dengan rincian Januari 16 unit, Februari 19 unit, dan Maret 5 unit.

Dibanding model lain di kelasnya juga cukup kompetitif. Angka penjualan Honda City Hatchback RS paling tinggi, mengalahkan Suzuki Baleno yang terjual 462 unit, Toyota Yaris 241 unit, dan jauh unggul dari Mazda 3 yang terjual 64 unit.

>>> Tampilan Velg Honda City Hatchback Semakin Sporty Dengan 'Resep' Ini

Foto Honda City Hatchback RS tampak samping depan belakang

Penjualan Honda City Hatchback bulan pertama cukup apik

Retail sales 427 unit

Sekali lagi, angka di atas adalah distribusi dari pabrik ke dealer. Untuk penjualan retail angkanya berbeda. Berdasarkan data yang dirilis HPM, Honda City terjual sebanyak 427 unit di bulan April. Sedangkan yang lain dijual pada bulan berikutnya.

Apakah hasil apik ini bakal berlanjut, jawabannya tentu belum bisa diketahui. HPM pun berharap demikian. Namun performa positif ini salah satunya didorong oleh diskon PPnBM hingga harganya jauh lebih murah.

“Penjualan Honda di bulan April lalu terutama masih didukung permintaan yang tinggi untuk semua model produksi lokal yang mendapatkan relaksasi pajak dari pemerintah, termasuk dari New Honda CR-V dan Honda City Hatchback RS yang masuk ke dalam program ini sejak awal April lalu. Kami bersyukur bahwa trend penjualan kami masih positif dan kami akan fokus untuk menjaga pasokan agar dapat secepatnya memenuhi permintaan konsumen.” kata Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM di laman resminya, (6/5/2021) lalu.

Honda City Hatchback RS

Honda City Hatchback RS resmi meluncur di Indonesia pada Rabu (3/3/2021). Dengan konsep "Elevate Your Move", mobil 5 pintu tersebut resmi menggantikan kiprah Honda Jazz sebagai satu-satunya model Honda di segmen hatchback. Honda City Hatchback RS juga melengkapi keluarga RS Honda di tanah air, setelah sebelumnya ada Brio RS, Mobilio RS, dan Civic RS.

Honda City Hatchback RS dijual dengan harga Rp 289.000.000 untuk tipe transmisi manual 6 percepatan dan Rp 299.000.000 untuk tipe transmisi CVT. Harga tersebut sudah termasuk diskon PPnBM dari pemerintah.

>>> Irit Dan Kencang, Konsumsi BBM Honda City Hatchback RS 2021 Seirit Brio!

>>> Tertarik Honda City bekas, cek koleksi dan harganya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top