Mengintip Isi Isuzu Traga yang Disulap Jadi Bengkel Berjalan

19/10/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Mengintip Isi Isuzu Traga yang Disulap Jadi Bengkel Berjalan
Traga merupakan produk yang fenomenal bagi Isuzu, bukan hanya telah membawa devisa negara namun Isuzu Traga juga digunakan sebagai BIB (Bengkel Isuzu Berjalan)

Traga merupakan produk yang fenomenal bagi Isuzu. Bukan hanya telah membawa devisa negara melainkan juga Isuzu Traga digunakan sebagai BIB (Bengkel Isuzu Berjalan). BIB adalah suatu bentuk pelayanan Astra Isuzu guna memudahkan konsumen dalam melakukan perawatan maupun perbaikan armadanya. Maka tak heran, Traga untuk keperluan BIB dibekali dengan beragam 'senjata', apa saja itu?

Traga BIB Punya Tools Lengkap

Gambar Isuzu Traga BIB

Hari Wasesa (kiri), "Traga BIB adalah armada terbaru Isuzu"

Pada dasarnya layanan yang bisa dikerjakan oleh BIB adalah semua pekerjaan perbengkelan, untuk itu Traga BIB dibekali beragam tools seperti tools standar mekanik, kompresor, peralatan ganti oli, generator, hingga crane mesin untuk keperluan 'belah' transmisi atau bahkan mesin.

"Tapi yang jelas adalah pekerjaan-pekerjaan yang sudah fixed job misal ganti rem, ganti kopling, ganti aki, kemudian juga pekerjaan periodical maintenance (perawatan kelipatan 5 ribu - 10 ribu), ditambah pengerjaan emergency jika customer terkendala unitnya di jalan," buka Heri Wasesa, After Sales-Division Head Astra Isuzu.

>>> Traga akan tambah varian, ini bocorannya

Isuzu Traga BIB Jadi Armada Terbaru Isuzu

"Traga ini adalah salah satu BIB kami yang terbaru, karena produk terbaru kami itu ya Isuzu Traga. Sebelumnya kami juga cukup banyak yang pakai Isuzu Panther, D-MAX 4x4 baik itu double cabin maupun single cabin, lalu ada Isuzu ELF 4 ban, Isuzu ELF 6 ban, dan kami juga punya BIB motor 5 unit untuk daerah-daerah macet seperti Jakarta dan Surabaya," lanjut Heri sapaan akrab Heri Wasesa yang dikutip Cintamobil.com dari YouTube IsuzuID.

Gambar Isuzu Traga BIB

Traga sangat cocok menjadi armada BIB

"Jangkauan dari BIB secara aturan besaran jarak dari titik BIB adalah 100 kilometer (atau 2 jam perjalanan). Tapi pada kenyataannya kita juga melayani customer kita hingga ratusan kilometer, contohnya di Kalimantan, Sumatra, Sulawesi kita melayani perbaikan yang jarak tempuhnya mencapai 10-12 jam perjalanan. Terutama untuk menyiapkan man power, spare part, dan sebagainya," tambahnya.

Gambar Isuzu ELF BIB

Selain Traga, Isuzu juga punya ELF sebagai armada BIB

Yang paling istimewa adalah, pelayanan dari Isuzu BIB ini ternyata untuk jarak sampai 60 kilometer (dari titik BIB) Astra Isuzu memberikannya gratis tanpa dikenai biaya apapun. Selanjutnya biaya bisa mulai Rp 50 ribu per sekali kunjungan.

"Tapi kalau perjalanan sampai 10 hingga 12 jam tentunya ada charge tambahan. Misalnya naik kapal RORO di Kalimantan, atau membutuhkan penginapan, pasti kami akan kabari konsumen." tutup Heri.

>>> Mau beli Isuzu Traga bekas? Klik di sini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia
 
back to top