Mengenal Teknologi 'Anti Getar' Di Mesin Diesel Modern Mazda

29/08/2019

Mobil baru

5 menit

Share this post:
Mengenal Teknologi 'Anti Getar' Di Mesin Diesel Modern Mazda
Mesin diesel memang identik dengan torsi besar, irit bahan bakar namun kelemahannya adalah suara mesinnya lebih berisik dari mesin bensin dan lebih getar. Pabrikan asal Jepang ini telah mengimplementasikan hasil pengembangan mereka tentang teknologi anti getar di mesin diesel modern Mazda ini.

Pabrikan mobil yang satu ini memang selalu punya cara out of the box dalam melakukan inovasi. Lihat saja, dikala pabrikan mobil lain berbondong-bondong melakukan inovasi dan pengembangan akan mobil hybrid maupun listrik. Mazda lebih memilih untuk mengoptimalkan teknologi lawas yang sudah ada. Salah satunya adalah teknologi anti getar di mesin diesel modern Mazda ini.

Yasunori Kanda sedang menjelaskan Piston mesin diesel Mazda

Yasunori Kanda salah satu enginner Mazda yang mengembangkan piston ini sedang menjelaskan hasil karyanya

Di negara asalnya sana yakni Jepang, Mazda 2 tersedia dalam dua pilihan power train, pertama mesin Diesel berkode SKYACTIV-D 1.5. Mesin 4 silinder tanpa busi tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 105 Ps atau sekitar 103,5 Hp di putaran mesin 4.000 rpm serta torsi 250 Nm di rentang putaran 1.500 - 2.500 rpm untuk bertransmisi manual serta 30 Nm lebih kecil untuk yang pakai transmisi otomatis 6 percepatan di rentang putaran 1.400 - 3.200 rpm.

Gambar menjelaskan tentang pengetesan piston vibration damper pin di Mazda Lab Tech oleh Tsunehiro Mori

Tsunehiro Mori, Engine Performance Development Dept sedang menguji damper piston anti getar di Mazda Tech lab

Mesin diesel yang kami sebutkan ini berteknologi canggih, karena cukup low compression untuk ukuran sebuah mesin tanpa busi alias diesel, serta yang paling penting adalah, mesin ini menggunakan piston dengan desain pin piston yang dilengkapi dengan vibration damper guna mengurangi vibrasi. Jadi cara kerja anti getar alias vibration damper pada mesin diesel Mazda ini adalah dengan mereduksi getaran akibat naik dan turun piston saat pembakaran.

>>> Promo diskon mobil baru cek disini

Gambar menunjukkan Vibration damper Piston

Inilah vibration damper yang kami maksud itu, ia berfungsi untuk meredam getaran mesin agar lebih halus

Vibration damper khusus ini dapat meredam getaran yang dihasilkan dari proses pembakaran di dalam mesin berkode SKYACTIV-D 1.5 ini. Maklum saja, di mesin diesel vibrasi maupun suara yang dihasilkan dapat mencapai angka mendekati 3.500 Hz. Dengan adanya sistem anti getar pada piston ini, otomatis suara mesin diesel modern Mazda menjadi lebih smooth dan juga minim getaran. Sebuah teknologi yang cerdas dan nyaris tidak terpikirkan pabrikan lainnya.

>>> Berita menarik lainnya cek disini

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Cara Meredam Suara Mesin Diesel yang Kasar

31/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Untuk menghilangkan suara mesin diesel dari ruang kabin, sebaiknya Anda gunakan peredam yang banyak dipakai oleh instalur audio mobil. Caranya perlu perhatikan hal-hal berikut ini.

Lihat juga

Si ‘Kepala Kuning’ Teman Setia Boss Perusahaan, Ini Harga Truk Colt Diesel Tahun 1990

23/08/2019

Jual beli

8 menit

Ingatkah Anda dengan truk populer yang sering disebut ‘kepala kuning’? Tentu kami percaya, banyak dari Anda sudah sering mengamatinya berlalu-lalang di perkotaan hingga pedesaan. Berbagai jenis muatan, bisa diatasi oleh truk satu ini, maka dari itu kami memberi kiasan ‘teman setia Boss perusahaan’. Mari kita simak informasi dan harga truk Colt diesel tahun 1990.

Lihat juga

Komparasi Mitsubishi New Triton HDX S-Cab 4WD M/T 2019 vs Toyota Hilux Single Cabin Diesel 4x4 2019

19/08/2019

Jual beli

7 menit

Pertarungan di kelas ini memang tidak terlalu tampak. Karena untuk di kota besar seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta, hingga Surabaya kedua mobil ini kalah pamor dengan New Suzuki Carry Pick Up dan Daihatsu Gran Max. Namun, di lokasi tambang atau kamp yang jalannya rusak, mobil ini menjadi primadona. Inilah komparasi antara Mitsubishi New Triton HDX S-Cab 4WD M/T 2019 vs Toyota Hilux Single Cabin Diesel 4x4 2019

Lihat juga

Tips Nyetir Mobil Diesel, Jangan Langsung Gas Pol!

18/08/2019

Pengemudian

5 menit

Nyetir mobil diesel sedikit berbeda dengan mobil bermesin bensin. Hal ini karena karakter dari mesin diesel memang unik sehingga butuh penyesuaian khusus.

Lihat juga

Kijang Innova Hybrid Akan Gantikan Varian Diesel?

08/08/2019

Mobil baru

5 menit

Toyota Kijang Innova memang masih jauh dari kelahiran generasi terbarunya, namun dari desas-desus yang berkembang, varian Diesel akan hilang dari peredaran dan akan digantikan Kijang Innova Hybrid.

Lihat juga
 
back to top