Mengenal ADAS, Fitur Keselamatan Canggih KIA Stinger 2021

31/08/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Mengenal ADAS, Fitur Keselamatan Canggih KIA Stinger 2021
Tidak hanya tampilannya yang lebih modern, KIA Stinger 2021 juga dilengkapi dengan ADAS, fitur keselamatan canggih untuk melindungi pengemudi dan penumpang.

KIA Motors menghadirkan versi penyegaran Stinger, untuk model 2021. Tampilan sedan berperforma tinggi itu lebih sporty dengan karakter gran turismo yang makin kuat. Sedangkan untuk bagian interior makin berkualitas, salah satunya dengan penggunaan bahan kulit Nappa berlapis berlian lembut.

Tak hanya meningkat dari sisi desain, KIA Motors juga meningkatkan sisi kenyamanan dan keselamatan KIA Stinger 2021. Ada sistem Start Engine jarak jauh, aplikasi UVO Connect untuk mengaktifkan sistem pemanas kursi dan AC kendaraan yang berguna menciptakan suasana kabin yang nyaman sebelum pengendara masuk ke dalam kendaraan, serta masih banyak yang lain.

>>> KIA Perkenalkan Stinger 2021, Ubahan Tipis Sedan Eksekutif Korea

Foto menunjukkan KIA Stinger 2021 tampak dari belakang

KIA Stinger 2021 makin terlihat sporty

Fitur keselamatan canggih

Untuk keselamatan, KIA Stinger 2021 dilengkapi teknologi Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang sama digunakan pada KIA Stinger versi sebelumnya, dengan penambahan serangkaian fitur baru untuk memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan yang lain.

ADAS merupakan fitur keselamatan canggih yang menjadi unggulan KIA Motors. Secara rangkaian ADAS berisi banyak fungsi yang penerapannya disesuaikan dengan spesifikasi kendaraan serta negara tujuan pasar.

Berikut beberapa fungsi pada fitur keselamatan tersebut:

  • Forward Collision-Avoidance Assist (FCA)

Pada KIA Stinger 2021 Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) menawarkan perlindungan saat berbelok ke seberang jalan menuju persimpangan dengan mengidentifikasi lalu lintas yang datang di sisi lain jalan. Selain itu, ia menawarkan peningkatan jangkauan aktivasi saat mendeteksi kendaraan, pejalan kaki atau pengendara sepeda.

Gambaran FCA KIA Technology

Fitur FCA mendeteksi objek yang berdekatan dengan kendaraan

  • Lane Keeping Assist (LKA)

Lane Keeping Assist (LKA) untuk mendeteksi tepi jalan, serta garis di jalan, memberikan bantuan kemudi untuk mencegah pengemudi meninggalkan jalurnya tanpa memberi isyarat.

  • Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA)

Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) memberikan peningkatan atas fitur Blind-Spot Collision Warning (BCW) yang sudah ada. Jika sebelumnya BCW hanya memberi peringatan jika mobil di jalur yang berdekatan di jalan raya, BCA membantu pengemudi menghindari potensi tabrakan dengan menerapkan pengereman diferensial otomatis.

>>> Hati-hati, Blind Spot Adalah Penyumbang Kecelakaan di Jalan Raya!

Gambaran fitur BCA KIA Technology

Fitur BCA meminimalkan area blindspot

  • Intelligent Speed Limit Assist (ISLA)

Intelligent Speed ​​Limit Assist (ISLA) memungkinkan kendaraan mengenali rambu-rambu lalu lintas berupa batas kecepatan, lalu melakukan penyesuaian secara otomatis agar kecepatan kendaraan tidak melebihi batas. Untuk sementara, fitur ini hanya tersedia di pasar Eropa.

  • Driver Attention Warning (DAW)

Pada KIA Stinger 2021 Driver Attention Warning (DAW) bisa beroperasi hingga kecepatan kendaraan 210 kilometer per jam. Fitur ini memberitahu pengemudi jika gagal melihat mobil di depan bergerak dari keadaan berhenti.

  • Navigation-based Smart Cruise Control (NSCC)

Jika cruise control biasa membantu pengemudi tetap di kecepatan yang sama, Navigation-based Smart Cruise Control (NSCC) bisa secara otomatis mengurangi kecepatan saat kendaraan memasuki jalan raya melengkung atau berbelok tajam sesuai yang dibutuhkan untuk kemudian kembali ke kecepatan semula usai melewati tikungan.

Gambar menunjukkan gambaran Kinerja fitur NSCC KIA Stringer

Fitur NSCC mereduksi kecepatan kendaraan saat di tikungan

  • Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA)

Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) sekarang membantu mencegah tabrakan dengan kendaraan yang melintas saat mundur (sebelumnya sistem hanya memberikan peringatan saat kendaraan maju). Fitur sangat berguna saat kendaraan hendak meninggalkan area parkir.

Fitur Keselamatan Baru

Selain fungsi-fungsi di atas yang juga terdapat pada Stinger model lama, KIA Stinger 2021 juga dibekali sejumlah fungsi baru yang sebelumnya belum pernah ada:

  • Safe Exit Warning (SEW)

Fitur ini mendeteksi kendaraan yang datang dari belakang di kedua sisi saat mobil tengah berhenti, memperingatkan penumpang dengan peringatan suara dan visual jika mereka mencoba membuka pintu bahwa ada objek yang tengah mendekat.

>>> Tak Hanya Saat Jalan, Child Safety Lock Pintu Mobil Juga Mencegah Bahaya Saat Berhenti

Gambaran fitur Safe Exit Warning

Fitur SEW memastikan situasi benar-benar aman saat membuka pintu mobil

  • Blind-Spot View Monitor (BVM)

Kamera yang tersembunyi di bawah rumah kaca pintu berlaku juga sebagai 'mata kedua' bagi pengemudi yang akan menghilangkan titik buta pada sisi kiri dan kanan pengemudi. Gambar kemudian divisualisasikan pada monitor sehingga dengan jelas pengemudi bisa melihat ada tidaknya objek di area buta kiri dan kanan.

  • Lane Following Assist (LFA)

LFA membantu kendaraan tetap berada di tengah jalurnya dengan mendeteksi garis marka jalan. Jika terjadi perpindahan jalur tanpa isyarat sein, sistem akan melakukan intervensi agar kendaraan tetap berada di jalurnya.

  • Highway Driving Assist (HDA)

Membantu menjaga jarak tertentu dari kendaraan di depan di jalan raya, dan menjaga mobil tetap di tengah jalurnya, bahkan di jalan yang berkelok.

Foto jalan tol luar negeri

Fitur HDA hanya berlaku di jalanan yang ditunjuk pemerintah

  • Rear Occupant Alert (ROA)

Memberikan peringatan kepada pengemudi jika mereka meninggalkan hewan peliharaan atau anak-anak ketika mereka keluar dari mobil.

>>> Ini yang Harus Anda Lakukan Ketika Berkendara Membawa Hewan Peliharaan

Seluruh fitur keselamatan canggih pada KIA Stinger diatas bakal bisa dinikmati tahun depan, mengingat KIA Stinger 2021 bakal diluncurkan di Kuartal III 2020 di Korea Selatan. Sedangkan untuk pasar global bakal diluncurkan pada 2021, kecuali di Inggris Stinger terbaru ini bakal diluncurkan akhir tahun 2020.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

MPV Kia Sedona 2021 Meluncur di Korea Selatan, Kini Lebih Megah

19/08/2020

Mobil baru

3 menit

Dikenal dengan nama Kia Carnival di pasar Indonesia, generasi keempat MPV Kia Sedona 2021 menawarkan peningkatan yang lebih besar dibandingkan pendahulunya.

Lihat juga

KIA Perkenalkan Stinger 2021, Ubahan Tipis Sedan Eksekutif Korea

13/08/2020

Mobil baru

4 menit

KIA menghadirkan penyegaran pada sedan KIA Stinger 2021. Okelah, sepintas tidak ada ubahan sama sekali. Namun, ada beberapa hal baru di eksterior dan head unit berukuran lebih besar di dalam.

Lihat juga

KIA Luncurkan Sonet, SUV Mungil Terbaru di India

11/08/2020

Mobil baru

4 menit

Setelah menghadirkan Seltos, KIA melanjutkan penetrasinya menuju di pasar India dengan Sonet, yang akan jadi jagoan di segmen SUV sub 4-meter yang kini tengah digemari.

Lihat juga

Spyshot KIA CV Beredar, Flagship Crossover EV Terinspirasi Imagine

29/07/2020

Mobil baru

4 menit

KIA tengah menyiapkan EV flagship berbentuk Crossover yang terinspirasi dari mobil konsep IMAGINE. Hal ini diperkuat dengan spyshot model yang akan diberi nama CV itu sudah beredar di dunia maya.

Lihat juga

Sosok KIA Sedona 2021 Terungkap, Minivan Rasa SUV

24/06/2020

Mobil baru

4 menit

Setelah pekan lalu merilis teaser resmi MPV terbarunya, KIA akhirnya memamerkan desain KIA Sedona 20221 yang punya desain jauh berbeda dibanding pendahulunya.

Lihat juga
 
back to top