Menerka Fitur di Dalam Suzuki S-Presso

12/08/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Meski kehadiran Suzuki S-Presso belum dikonfirmasi secara resmi, namun rumornya cukup santer terdengar. Mari kita terka fitur yang ditawarkan SUV kecil ini.

Kemunculan mobil yang sudah terlebih dahulu dipasarkan di India ini terendus saat namanya tercantum dalam situs resmi Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Kemenkumham.

Suzuki S-Presso dibangun di atas platform Heartect generasi ke-5, dan dibekali dengan dapur pacu 4-silinder 998 cc bertenaga 67 HP dan torsi maksimal mencapai 90 Nm. S-Presso akan ditawarkan dengan opsi transmisi otomatis AMT dan manual 5-percepatan.

Gambar Mesin S-Presso

'Hanya' dibekali mesin 1,0 liter, cukup untuk membawa bodinya yang mini

Mobil ini akan berhadapan langsung dengan duo Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang punya value for money serta brand awareness tinggi. Kali ini, Cintamobil.com akan memprediksi fitur yang ditawarkan di mobil ini.

>>> Suzuki S-Presso Lebih Cocok Di Indonesia Dari Karimun Baru?

Memprediksi Fitur S-Presso di Indonesia

Kami memprediksi bahwa fitur yang akan ditawarkan S-Presso untuk pasar Tanah Air tidak jauh berbeda dengan yang ditawarkan di India. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) harus berkompromi antara harga dan fitur yang ditawarkan agar bisa bersaing dengan para rivalnya.

Mobil ini dibekali fitur standar mobil modern seperti Power Steering dan ABS. Tak ketinggalan, 2 SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan juga ikut disematkan. Power Window dan AC juga sudah pasti menjadi kewajiban.

Gambar Suzuki S-Presso

Akan lebih baik jika mobil ini dibekali dengan kontrol stabilitas

Namun, kami rasa mobil ini masih belum dibekali dengan kontrol stabilitas seperti beberapa mobil dari brand rival sekelasnya.

>>> Rilis Tahun 2025, Harga Mobil Listrik Suzuki Menggoda

Fitur In-Car-Entertainment Cukup Lengkap

Sistem hiburan atau in-car-entertainment pada Suzuki S-Presso ini patut diacungi jempol. Karena, meskipun ia hanya terdapat 4 buah speaker plus 2 tweeter yang biasa saja, tapi konektivitas di S-Presso patut dipuji.

Head unit yang tertanam di center console S-Presso ini sudah mampu terhubung dengan Android Auto maupun Apple Car Play. Sebuah konektivitas kekinian yang akan diidolakan oleh anak muda.

Gambar Interior S-Presso

Tampilan interior S-Presso

Selain itu, mobil ini dilengkapi dengan setir multifungsi dengan tombol untuk mengatur audio dan telefoni. Sayangnya, setir tersebut nampaknya tidak dibalut dengan kulit yang membuat genggaman di kemudi lebih nyaman.

Kira-kira, dengan prediksi fitur yang kami sebutkan di atas, berapa harga yang pantas untuk Suzuki S-Presso saat resmi diluncurkan nanti?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top