Menanti Generasi Baru Mobil LCGC Toyota - Daihatsu, Meluncur 2023?

04/07/2022

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Menanti Generasi Baru Mobil LCGC Toyota - Daihatsu, Meluncur 2023?
Saat ini PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor dikabarkan sedang giat meracik generasi baru mobil LCGC andalan mereka agar makin merajai pasaran

Versi facelift dari Toyota Calya dan Daihatsu Sigra yang merupakan mobil LCGC (Low Cost Green Car) andalan Astra itu dikabarkan segera mengaspal di jalanan Tanah Air. Tapi sebenarnya yang lebih ditunggu adalah generasi terbaru dari kendaraan LCGC racikan geng Sunter ini.

Agya - Ayla Duluan?

Sebab, sejak awal tahun lalu baik PT Astra Daihatsu Motor (ADM) maupun PT Toyota Astra Motor (TAM) sedang giat-giatnya meracik generasi baru dari mobil LCGC andalan mereka. Baik itu Agya - Ayla maupun Calya Sigra.

"Ayla mungkin tahun depan awal tahun, Sigra full model change nanti mas Fian, 2024 semester 2," yakin narasumber terpercaya kami yang ogah disebutkan namanya ini. Lebih lanjut, pemegang Kartu Tanda Karyawan Astra ini pun bilang jika Agya - Ayla next gen akan berbeda total dari yang sekarang beredar.

Daihatsu Ayla

Konon proyek generasi mobil LCGC baru ini adalah D74A

Nah, mendengar informasi yang disebutkan oleh narasumber kami tadi, besar kemungkinan bila Toyota Calya dan Daihatsu Sigra Facelift yang segera meluncur dalam waktu dekat ini akan memundurkan launching timeline next gen-nya. Sehingga para engineer bisa lebih fokus menyempurnakan the next gen Calya - Sigra.

Lantas bagaimana dengan Agya - Ayla? Kedua mobil LCGC 5 penumpang ini terakhir mendapat facelift lumayan besar adalah di tahun 2020. Maka, bisa jadi keterangan dari informan setia kami tersebut adalah benar adanya. Jadi, prediksi kami ia akan diluncurkan di tahun 2023, entah itu awal maupun pertengahan tahun.

>>> Inikah Tampilan Facelift Toyota Calya? Dikabarkan Meluncur Bulan Ini

Harapan Akan Kehadiran Agya - Ayla Generasi Baru

Karena kehadiran duo Calya - Sigra generasi baru masih agak lama meluncurnya. Maka harapan pun bisa ditujukan ke Agya - Ayla baru. Kami berharap mobil ini tetap mempertahankan DNA-nya, sebagai mobil ringkas yang irit BBM, punya kabin serta bagasi luas, dan juga mesin yang cukup tenaga.

Daihatsu Ayla & Daihatsu Sigra

Info narasumber kami, agak kecil kemungkinan ia pakai mesin turbo, but we'll see...

Hal yang kami inginkan dan juga mungkin pembaca artikel ini harapkan adalah adanya tuas pembuka bagasi belakang. Agar tidak repot lagi saat hendak membuka bagasi, handling yang lebih mantab dari rivalnya Honda Brio, serta kualitas berkendara yang lebih baik (NVH diperbaiki). Semoga TAM & ADM mewujudkan hal ini ya, hehe...

>>> Cintamobil TV: Wajib Beli Mobil Bekas Ini! Ada Ayla, Mercy, dan Kijang Hanya 70 Juta Aja

Sekilas Sejarah Agya - Ayla

Daihatsu Ayla & Toyota Agya diperkenalkan sebagai mobil berkonsep green car yang berkapasitas lima penumpang dan hemat bahan bakar. Daihatsu Ayla & Toyota Agya merupakan tonggak penting dalam sejarah industri otomotif di Indonesia.

Alasannya, selain menjawab program pemerintah tentang LCGC (Low Cost Green Car), Ayla ini juga merupakan produk otomotif yang pertama kali didesain oleh orang Indonesia, yakni Mark Widjaja yang juga punya andil besar dalam mendesain Daihatsu All New Xenia.

Daihatsu Ayla 2013

Desain seperti ini merupakan karya putra bangsa, cah Suroboyo...

Yang kemudian desain tersebut dipilih dan secara global mengalahkan desainer Italia, Prancis, dan Jepang. Dalam hal ini, PT ADM berperan dalam perencanaan, pengembangan, serta produksi Daihatsu Ayla.

PT ADM akhirnya memperkenalkan Daihatsu Ayla di ajang IIMS (Indonesia International Motor Show) 2012 yang dibuka pada hari Kamis (20/09/2012) di JIE Expo Kemayoran, Jakarta, bersamaan juga dengan TAM yang menggelontorkan Toyota Agya.

Daihatsu Ayla sendiri baru dijual satu tahun setelah diperkenalkan yakni tahun 2013. Dalam pembukaan booth Daihatsu yang dilakukan oleh Presiden Direktur PT ADM yakni Sudirman MR bersama Presiden Daihatsu Motor Company (DMC) Jepang saat itu yaitu Koichi Ina. Agya - Ayla ini menjadi pelopor mobil LCGC di Indonesia. 

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jur
 
back to top