Prediksi Harga Toyota Fortuner GR Sport 2.8L Jika Dijual di Indonesia

28/08/2021

Mobil baru

4 menit

Toyota Fortuner GR Sport 2.8L baru saja meluncur di Thailand. Peluang masuk ke Indonesia pun cukup besar. Jika nantinya dijual di Indonesia, berapa ya harganya?

Peluang Toyota Fortuner GR Sport 2.8 L yang baru meluncur di Thailand untuk hadir di Indonesia tampaknya cukup besar. Terungkap dalam sebuah dokumen Desain Industri dengan nomor 24/DI/2021, PT Toyota Astra Motor tengah mendaftarkan ornamen belakang bertuliskan 2.8 dengan pendesain Akbar Juniarto dan Prana Jiwandhana. 

Diduga kuat ornamen belakang itu diperuntukan bagi Fortuner GR Sport bermesin 2.8 L dan bakal dijual di Indonesia. Sebelumnya, PT TAM memang telah merilis lima mobil bernuansa Gazoo Racing di Tanah Air, salah satunya adalah Fortuner GR Sport. 

Fortuner GR Sport

>>> Perbedaan Fortuner GR Sport di Thailand dan Indonesia

Harganya Toyota Fortuner GR Sport 2.8L Bisa Tembus Rp 800 Juta?

Ada dua varian Fortuner GR Sport yang ditawarkan di Indonesia yakni 2.4 VRZ A/T Diesel GR Sport 4x2 seharga Rp 544,2 juta dan 2.7 SRZ A/T bensin GR Sport 4x2 dengan banderolan Rp 605,1 juta. Lalu bila Fortuner GR Sport versi 2.8 hadir di Indonesia berapa ya harganya? 

Bila melihat spesifikasinya, harga Fortuner GR Sport bermesin 2.8 tampaknya bakal lebih mahal dibandingkan varian 2.7 SRZ A/T bensin GR Sport 4x2. Sekadar gambaran saja, di Thailand harga Fortuner GR Sport 2.8L dibanderol 1.879.000 baht atau kalau dirupiahkan setara Rp 828 jutaan. Bisa jadi saat dijual di Indonesia harganya tak jauh dari itu yakni di kisaran Rp 800 jutaan.

Fortuner GR Sport

Fortuner GR Sport di Thailand tampak lebih sangar

Namun bisa jadi harganya justru lebih murah dari itu, bilamana kandungan emisi gas buang Fortuner GR Sport 2.8L rendah dan meluncur setelah aturan perpajakan berdasarkan baru mulai berlaku tepatnya pada Oktober 2021. Tapi lagi-lagi untuk kepastiannya, tentu harus menunggu bila mobil itu memang nantinya jadi diluncurkan di Indonesia. 

Fortuner GR Sport 2.8L di Thailand memang cukup menggoda. Bagi para penggemar Fortuner di Indonesia bisa jadi kepincut daya tampilannya. DNA Gazoo Racing pada Toyota Fortuner GR Sport 2.8L di Thailand memang tampak lebih terasa.

Fortuner GR Sport

Jok kulit disertai jahitan merah dan logo GR pada headrest

>>> Pakai Plat Polisi dan Tabrak Mobil, Sopir Fortuner Diamankan Polisi

Spesifikasi Toyota Fortuner GR Sport 2.8L di Thailand

Dimulai dari tampilan depan dimana grille bagian bawah serta sudut intakenya terlihat menyerupai GR Yaris. Perbedaan mencolok selanjutnya adalah trim emblem, grille depan bagian bawah, dan juga lampu depan disematkan sentuhan warna hitam mengkilap. 

Desain lampu depannya pun terlihat berbeda. 4 lampu LED DRL yang tersusun pada Fortuner GR Sport di Thailand justru terlihat menyerupai Fortuner 2.8 VRZ di Malaysia. Kemduian di bemper belakang mengusung trim berbentuk huruf 'L' berbalut warna hitam. Bemper belakang bagian bawah juga makin dipercantik dengan balutan warna hitam mengkilap. 

Fortuner GR Sport

Tampilan belakang Fortuner GR Sport

Masuk ke dalam kabin mobil, Anda akan disuguhi warna serba hitam. Jok baris depan dibalut lapisan kulit dengan jahitan logo khas GR Sport di bagian headrest. Setirnya juga berlapiskan kulit disertai logo GR di bagian bawah dan bagian atas berupa jahitan merah. Konsol tengahnya berkelir warna abu-abu gelap semakin mengesankan tampilan sporty. Untuk menambahkan kesan sporty khas GR Sport, Toyota menyematkan pedal alumunium disertai emblem GR. 

Dari sisi mesin, Fortuner GR Sport 2.8L di Thailand menggendong mesin diesel turbo 2.8 L yang bisa menghasilkan tenaga setara 204 PS dan torsi 500 Nm. Di Thailand, Fortuner GR Sport 2.8 ini mendistribusikan tenaga ke keempat rodanya. Bagian velg pun tak luput dari perhatian Toyota. Adalah penggunaan velg berukuran 20-inch dengan rem berwarna merah. 

Fiturnya pun makin lengkap dengan kehadiran Toyota Safety Sense termasuk Pre-Collision System, Lane Departure Alert, Dynamic Radar Cruise Control, Blind Spot Monitor, dan Rear Cross Traffic Alert. 

>>> Selain Avanza-Fortuner, Mobil Toyota Lainnya Bakal Punya Varian GR?

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top