Meluncur 2022, SUV Listrik Pertama Toyota Bakal Pakai FWD dan AWD

30/10/2021

Mobil baru

2 menit

Share this post:
Dikembangkan bersamaan dengan Subaru Solterra, SUV listrik pertama Toyota bZ4X dilaporkan akan menggunakan dua opsi tenaga penggerak, yaitu FWD dan AWD.

Bekerja sama dengan Subaru, Toyota bZ4X yang dipersiapkan untuk meluncur tahun depan merupakan bagian dari persiapan elektrifikasi Toyota. SUV listrik pertama Toyota ini menawarkan pilihan sistem penggerak roda depan atau FWD (front-wheel drive) dan penggerak semua roda atau AWD (all-wheel drive).

Pakai FWD dan AWD

SUV tanpa emisi ini akan dipasarkan tahun depan menggunakan dua versi berdasarkan jumlah motor listrik yang dimiliki. Model dasar mengandalkan motor listrik tunggal yang dipasang di as depan dengan tenaga puncak 201 hp serta torsi instan 265 Nm. Toyota bZ4X diperkirakan mampu berakselerasi dari posisi diam hingga 100 km/jam dalam 8,4 detik, dengan kecepatan tertinggi 160 km/jam.

desain sasis mobil listrik pertama Toyota bZ4x dengan dua motor listrik
Ada pilihan penggerak roda depan dan semua roda

>>> Mobil Listrik Toyota Pecahkan Rekor Jarak Terjauh Tanpa Refuel

Sedangkan bZ4X versi dua motor listrik, satu motor di setiap as, menghadirkan pengendaraan all-wheel drive. Mengeluarkan output gabungan 215 hp dan torsi mencapai 336 Nm. Toyota mengungkapkan bahwa tenaga tersebut mampu mendorong 0-100 km/jam dalam 7,7 detik. Menariknya, kecepatan tertinggi mobil ini dipercaya tidak berubah dibandingkan versi FWD.

Kedua model menggunakan baterai berkapasitas 71,4 kWh berpendingin air yang pertama kali digunakan pada mobil Toyota. Mengantarkan mobil ini dalam jangkauan 450 kilometer dalam siklus WLTP (Worldwide Harmonised Light Vehicles Test), atau setara dengan jarak antara Jakarta ke Semarang.

>>> First Drive Toyota GR Yaris 2021: Performa Hebat yang Bikin Nagih!

Beragam fitur baru

Salah satu keunggulan mobil ini berasal dari klaim Toyota yang menyebutkan bahwa baterai tidak akan kehilangan lebih dari 10% kinerjanya selama 10 tahun pengendaraan. Atau setara dengan perjalanan sejauh 240.000 kilometer, mana yang tercapai lebih dulu.

konsep mobil listrik Subaru Solterra
Dikembangkan bersama dengan mobil listrik Subaru Solterra

Ketika dipasarkan tahun depan, bZ4x akan menjadi produksi pertama Toyota yang dilengkapi dengan sistem steer-by-wire sebagai pilihan fitur yang tersedia. Mereka menjanjikan bahwa teknologi ini mampu memberikan rasa berkendara yang lebih baik serta mengurangi getaran pada setir.

Rincian harga Toyota bZ4X dan informasi fitur lainnya kemungkinan besar akan dirilis tak jauh dari tanggal peluncuran mobil ini. Mobil ini siap dipasarkan di Jepang, Amerika, Eropa, dan China mulai pertengahan tahun 2022. Sedangkan saudaranya, Subaru Solterra, dipastikan meluncur pada 11 November mendatang.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top