Melirik Mesin 1.500 cc yang Diusung Honda City Hatchback

05/01/2021

Mobil baru

5 menit

Honda City Hatchback resmi didaftarkan Honda untuk menjalani pengujian oleh Kementerian Perhubungan guna mendapat Sertifikat Uji Tipe (SUT), ini calon mesinnya

Rumor kehadiran Honda City Hatchback ke Tanah Air makin santer. PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah mendaftarkan model ini untuk uji tipe di Kementrian Perhubungan. Tapi saat dikonfirmasi oleh Cintamobil.com, Honda mengaku hingga saat ini masih mempertimbangkan secara matang tentang rencana kedatangan hatchback rakitan Thailand tersebut. Nah, sembari menunggu, yuk intip calon mesinnya.

Pakai Basis L15B Turbo

Foto mesin L15B Turbo Honda

City Hatchback pakai basis mesin turbo Honda tapi 'dibuat' N/A

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan tim Cintamobil.com, diprediksi Honda City Hatchback yang akan mengaspal di Indonesia ini pakai mesin baru yang kodenya serupa dengan Honda Civic, Honda Accord, Honda Civic Hatchback dan Honda CR-V. Yakni unit mesin berkode L15B, namun unit ini hadir tanpa dilengkapi dengan turbocharger atau bisa disebut juga sebagai mesin L15B N/A (Naturally Aspirated).

Gambar transmisi CVT Honda City Hatchback

Diprediksi akan dikawinkan transmisi CVT berteknologi Earth Dreams racikan Honda

Mesin L15B N/A ini punya kapasitas bersih 1.498 cc berkonfigurasi 4-silinder segaris dengan pengaturan katup variabel VTEC. Mesin ini juga istimewa, bukan hanya sanggup menghasilkan output besar, namun ia juga mampu menenggak BBM berkualitas rendah. Hal ini kami ketahui saat menghadiri launching Honda Civic Turbo pertama kali di Indonesia tahun 2016 silam. 

Foto Honda CR-V Turbo tim Cintamobil.com isi premium

Kami sudah buktikan di mobil pribadi kami, mesin canggih ini aman tenggak premium

Saat itu engineer Honda pernah menyatakan bahwa mesin yang diusung pada Honda Civic generasi kesepuluh tersebut telah mengadopsi material mesin dan desain piston khusus agar mampu memenuhi tuntutan BBM beroktan rendah kendati mendapat pressure turbo di angka 1,14 bar. Karena konstruksinya mirip mesin L15B turbo, maka di Honda City Hatchback terbaru tersebut nantinya sudah mengusung Double Overhead Camshaft (DOHC).

Gambar emblem VTEC Turbo pada Honda Civic Generasi 10

Mekanisme DOHC lebih menguntungkan untuk turbo, untuk N/A gimana?

Berbeda dengan mesin 1.500 cc sebelumnya yang masih menggunakan Single Overhead Camshaft (SOHC). Karena mesin L15B ini awalnya memang dikembangkan untuk mesin dengan sistem induksi udara paksa. Pada mesin turbo, mekanisme DOHC cenderung lebih menguntungkan dari SOHC, karena kalau sistemnya DOHC dapat mengatur overlap valve (klep)-nya lebih lebar, sehingga fleksibilitas tuningnya lebih lebar dari SOHC.

>>> Indonesia segera kedatangan City Hatchback untuk gantikan Jazz? Ini kata Honda

Kenapa Harus DOHC?

Gambar Cylinder Head Honda L15B7 Porting

Empat katup di sini nantinya digerakkan dua camshaft (noken as)

Dasar keputusan Honda untuk mengandalkan pengaturan katup ganda yang lebih kompleks (dan tentunya mahal) juga didorong oleh standar emisi yang makin tinggi. Tata letak katup ganda dapat memberikan kontrol yang lebih baik terhadap pengaturan waktu bukaan katup dan angkatan katup. Hal ini membuatnya lebih mudah untuk memenuhi standar emisi yang lebih ketat tanpa harus mengorbankan performa dan konsumsi BBM.

Gambar Honda L15B7

DOHC terbukti durable di mesin turbo, bagaimana jika dibuat N/A?

Karena tanpa imbuhan turbo, tentu ouput mesinnya berbeda jika dibandingkan dengan Honda Civic Turbo, Honda CR-V Turbo dan Honda Accord Turbo. Dibanding para kakaknya tersebut yang bisa lebih dari 173 PS bahkan mampu 'diperas' hingga 190 PS, tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh mesin L15B naturally aspirated ini hanya 121 PS dan torsi 145 NM.

Gambar mesin L15B DOHC Non Turbo Honda

Apakah mesin ini yang jadi jantung mekanis Honda City Hatchback?

Meski di atas kertas hanya terlihat naik sekitar 2 PS dari L15 lawas, tapi kami cukup yakin jika peningkatannya bukan pada output dayanya, melainkan bagaimana cara mesin memberikan tenaga dan torsi, yang diyakini lebih terkonsentrasi pada powerband-nya. Dikombinasi dengan transmisi CVT berteknologi Earth Dreams racikan Honda membuat konsumsi BBM mobil ini tetap istimewa tanpa meninggalkan performa yang baik. 

Bisa Juga Mesin Sport Hybrid e:HEV

Gambar sistem kerja e:HEV Sport Hybrid i-MMD Honda

Siapa bilang mesin hybrid tak bisa kencang sekaligus irit?

Meski kemungkinan besar PT HPM akan memasukkan varian 1.500 cc 4-silinder DOHC seperti yang telah dibahas di atas, namun bisa juga HPM berubah pikiran dan memasukkan teknologi i-MMD (Intelligent Multi-Mode Drive) atau yang lebih akrab disapa dengan teknologi sport hybrid. Teknologi ini bisa dibilang sebagai the game changer bagi Honda, karena berkat teknologi e:HEV yang diusungnya, mesin ini mampu membuat mobil jadi pelari kencang namun tetap irit BBM.

Gambar sistem kerja transmisi i-MMD Honda

Tenaga dan torsi di sistem i-MMD disalurkan ke motor listrik yang bekerja layaknya CVT

Honda City Hybrid mengusung teknologi sport hybrid dengan mesin berkode LEB MMD yang secara konstruksi mirip L15B naturally aspirated. Namun dengan siklus pembakaran Atkinson Cycle. Lantas ia digabung dengan motor listrik plus transmisi khusus. Transmisi ini canggih, sebab sistem penerus daya i-MMD memungkinkan untuk tidak menggunakan belt maupun puli rasio apalagi gear konvensional untuk 'memindahkan gigi', tapi pakai motor listrik yang bekerja layaknya CVT. So, mesin mana yang bakal mengisi bonnet Honda City Hatchback di Indonesia? Halo PT HPM...

Simaklah mobil baru yang akan masuk Indonesia via video di bawah ini

>>> Mau beli Honda City bekas? Coba cek beragam pilihannya di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top