Melirik Mahindra THAR, Mobil Hobi yang Siap Rebut Pasar Suzuki Jimny

26/01/2021

Mobil baru

5 menit

Suzuki Jimny memang ada pasar tersendiri di Indonesia yaitu kaum pecinta alias hobbies, tapi tahukah Anda jika Mahindra THAR punya kesempatan untuk merebutnya?

Saat ini pilihan mobil baru untuk kalangan hobbies memang agak terbatas. Ciri khas mobil hobbies biasanya punya bentuk nyentrik namun tetap modern. Paling masuk akal pilihannya paling-paling hanya Suzuki Jimny, kalau mau melirik Jeep Wrangler atau Land Rover Defender misalnya, harganya sudah tinggi sekali. Tapi ternyata ada lho, produk yang berpotensi jadi mobil hobi, yakni Mahindra THAR.

Berpeluang Rebut Pasar Jimny

Mahindra THAR baru diperkenalkan tahun 2020 lalu di India. Berdasarkan informasi yang kami, mobil bergenre SUV ini mendapatkan sambutan yang cukup meriah di negara asalnya. Tak heran, karena bentuk eksteriornya yang kini lebih modern tanpa meninggalkan kesan macho. Jika dilihat, tampilan luar mobil ini Anda pasti berpendapat jika tampangnya mirip dengan Jeep Rubicon.

Gambar tampilan depan Mahindra THAR 2020

Bentuknya identik dengan Jeep Rubicon yang aseli Amerika

Hal tersebut memang tidak salah, karena merek Mahindra dan Jeep dari jaman dahulu sebetulnya memang ada kerja sama. Tak heran jika 'nafas' desain THAR memang mirip dengan Rubicon. Kembali ke desainnya, aura maskulin terlihat jelas dari sepatbor depannya yang tebal, desain mengkotak pun diteruskan hingga ke bagian buritan sampai ke bentuk stoplampnya. Bentuk unik seperti ini dapat menjadi daya tarik para pecinta mobil retro-classic dan berpeluang rebut pasar Jimny.

Gambar interior Mahindra THAR 2020

Desain dashboard dan bentuk setir terlihat terlalu modern

Namun, saat Anda masuk ke dalam mungkin akan sedikit kecewa saat melihat bentuk setirnya. Lingkar kemudi itu agak terasa kurang 'retro' dan menyatu dengan bentuk eksterior yang terlihat modern-retro. Apalagi saat Anda melihat ke panel instrumen di depan, terasa terlalu modern untuk bentuknya yang kekar. Begitu juga dengan desain dashboardnya yang lebih cocok dipadu dengan bodi luar yang lebih aerodinamis. Tapi sudahlah, itu hanya masalah selera saja.

Gambar panel instrumen Mahindra THAR 2020

Demikian juga dengan panel instrumennya...

Sama seperti Jimny, empat penumpang dapat duduk dengan nyaman di dalam, sebab sudah tersedia seatbelt plus headrest yang proper untuk melindungi saat terjadi tabrakan. Berdasarkan review beberapa media di luar negeri, headroom dan legroom yang tersedia untuk penumpang belakang terasa lebih lebar bila dibandingkan dengan Suzuki Jimny, tak heran karena dimensinya pun lebih besar dari jagoan Jepang itu.

Gambar mesin mHawk 130 Mahindra THAR 2020

Mesin racikan India dipercaya mumpuni boyong bodi THAR

Mesin diesel berkode mHawk yang ditanam di balik Mahindra THAR ini punya konfigurasi 4-silinder segaris berkapasitas 2.179 cc plus turbocharger. Sebagai informasi turbocharger yang digunakan pada mesin ini berjenis Variable Geometry Turbocharger keluaran Garret. Mesin ini pakai sistem pasokan bahan bakar Common Rail Direct Injection.

Gambar tampilan belakang Mahindra THAR 2020

Tak sabar rasanya kami tes jalan secara lengkap Mahindra THAR ini

Power output yang dihasilkan oleh mesin ini mencapai 150 HP serta torsi maksimal 300 Nm Karakter mesin long stroke juga turut membantu semburan torsinya yang terasa sejak putaran rendah. Mesin ini menyalurkan tenaganya ke empat roda melalui transmisi manual 6-percepatan. Kami prediksi respon mesinnya mirip dengan Mahindra Scorpio Pikup yang pakai mesin nyaris serupa. Namun, untuk membuktikannya perlu mencoba langsung saat mobil ini masuk Indonesia secara resmi.

>>> 10 Fakta Mahindra Thar yang Membuatnya Tak Kalah dengan Jeep Wrangler

Kapan Masuk Indonesia?

Lantas kapan Mahindra THAR ini secara resmi mengaspal di Tanah Air? "Kami berkomitmen pada strategi di mana kami ingin memperkuat diri dengan produk inti kendaraan komersial kami, memahami pasar lebih dalam, dan setelah itu melihat ekspansi ke kendaraan penumpang. Kami telah mempelajari contoh perusahaan sebelumnya yang mencoba melakukan terlalu banyak hal terlalu cepat, dan karenanya telah memetakan strategi kami," papar Sakthi Krishna, selaku Business Development Manager - South East Asia Mahindra saat dihubungi Cintamobil.com.

Gambar Mahindra THAR 2020

Bersiap, Mahindra THAR ini akan rebut pasar Suzuki Jimny

Pria asal India ini juga menambahkan, "Anda pasti tahu bahwa dari segi regulasi tidak akan ada masalah. India juga merupakan pasar yang besar, dan standar regulasi (di India) sudah lebih tinggi dari persyaratan Indonesia, sehingga secara teknis kami bisa membawa sebagian besar produk kami ke Indonesia," tambah Sakthi sapaan akrab Sakthi Krishna. Namun, menurut narasumber lain kami yang terpercaya dan ogah ngetop di media, kemungkinan besar Mahindra THAR akan mengaspal di Indonesia pada kuartal ketiga tahun ini. Benarkah demikian? Tampaknya Suzuki Jimny akan punya lawan tangguh. Kita tunggu saja...

>>> Begini rasa nyetir mobil Mahindra berharga paling terjangkau di Indonesia

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa prediksi harga Mahindra THAR?
Belum diketahui, tetapi menurut prediksi tak akan jauh dari Suzuki Jimny dan pastinya lebih murah dari Jeep Wrangler

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 dari jurusan Ekonomi Akuntansi. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Pada tahun 2014 ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly - sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter.

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top