Melihat Fitur Toyota Avanza Terbaru, dari 6 Airbag Sampai TSS

10/11/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Fitur Toyota Avanza kini bertambah dan membuatnya makin aman dan canggih. Adapun fitur barunya antara lain 6 airbag sampai penyematan Toyota Safety Sense.

Toyota merombak total tampilan mobil andalannya Avanza. Dari luar, tampak terlihat jelas perubahan wajah Avanza yang kini kental akan nuansa SUV. Pun demikian dari sisi interiornya, Toyota Avanza kini dibekali deretan fitur untuk menambah kenyamanan sepanjang perjalanan. 

Tak ketinggalan dengan transmisi varian matiknya yang kini mengusung CVT. Eits, itu saja belum cukup lho! Toyota rupanya juga menyematkan fitur keselamatan dan keamanan canggih lainnya seperti dijabarkan berikut ini. 

Toyota Avanza

Fitur Toyota Avanza sekarang makin banyak

>>> Jurus Avanza Bisa Jadi Mobil Sejuta Umat

1. 6 Airbag

SRS air bag Toyota Raize GR Sport TSS CVT 2012

Avanza tipe tertinggi dibekali 6 airbag

Toyota Avanza bakal dibekali 6 airbag di bagian depan, sisi samping, hingga jendela. Kehadiran 6 airbag dipercaya dapat menambah keamanan sekaligus meminimalisir risiko cidera ketika terjadi kecelakaan. Ini tentunya peningkatan karena sebelumnya Avanza hanya dibekali dengan 2 airbag di bagian depan. Fitur 6 airbag ini hanya tersemat pada Avanza tipe 1.5G CVT TSS Type.

2. Hill Start Assist 

Fitur Toyota Avanza lain adalah Hill Start Assist yang bisa mencegah mobil merosot ketika berada di tanjakan. Fitur satu ini bekerja dengan ‘menahan’ mobil untuk beberapa detik ketika sedang melakukan akselerasi dari keadaan diam di jalanan menanjak, sehingga kemungkinan mobil akan meluncur ke belakang  dapat diminimalisir. Hill Start Assist ini bisa dirasakan pada seluruh varian Avanza terbaru. 

>>> Bocoran Harga Toyota All New Avanza, Paling Murah Rp 206 Juta

3. Vehicle Stability Control

interior Toyota Avanza

Wujud interior Avanza

Guna menambah stabilitas ketika berada di tikungan sekaligus mencegah over steering mobil sejuta umat ini, terdapat fitur Vehicle Stability Control. Fitur ini akan tersemat pada seluruh varian Avanza terbaru. 

4. 7P Seatbelt Warning

Di seluruh varian Toyota Avanza 2021 teranyar ini juga akan ada 7P Seatbelt Warning. Sebelumnya Avanza hanya memiliki peringatan penggunaan seat belt penumpang depan. 

Toyota Avanza

Toyota Avanza tampak belakang

5. Toyota Safety Sense

Belakangan Toyota mulai aktif menyematkan fitur canggih yang dibalut dalam Toyota Safety Sense pada mobil dengan harga lebih terjangkau. Misalnya pada Toyota Raize. Menyusul setelahnya Toyota Avanza ikut disematkan fitur ini. 

Adapun fitur Toyota Safety Sense pada Avanza teranyar antara lain Lane Departure Assist agar mobil tetap berada di jalurnya, Rear Crossing Traffic Alert yang akan memberikan peringatan ketika ada potensi menabrak di bagian belakang, Front Departure Alert dengan suaranya akan memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan, Pre-Collision System berupa radar untuk mencegah tabrakan, dan Blind Spot Monitoring guna membantu penglihatan pengendara. 

Perlu dicatat fitur Toyota Safety Sense canggih nan lengkap ini hanya tersedia pada Avanza tipe G CVT TSS. 

>>> Review Toyota All New Avanza 2022: Kado Terindah Untuk Konsumen Indonesia

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top