McLaren Siapkan Supercar Hybrid, Launching 2021

07/10/2020

Mobil baru

4 menit

McLaren Siapkan Supercar Hybrid, Launching 2021
Setelah melalui pengetesan intensif selama beberapa bulan terakhir, McLaren siap meluncurkan supercar hybrid pertamanya awal 2021 dengan powertrain dan platform baru.

McLaren mengonfirmasi kehadiran supercar hybrid yang akan launching awal 2021. Nantinya, mobil yang dibangun menggunakan platform baru ini akan berada di tengah-tengah GT dan 720S.

Hal ini dikonfirmasi lewat teaser berupa foto prototype supercar hybrid McLaren yang masih dibalut kamuflase tebal, nama mobil juga belum dikonfirmasi.

>>> McLaren akan jual kompleks Woking?

Perubahan identitas McLaren

Lebih dari sekadar model baru, supercar hybrid McLaren ini membuka era baru di Woking. Sejak era McLaren P1 tahun 2013, line-up Supercar Inggris itu menggunakan mesin V8 yang dikembangkan bersama Ricardo, dengan dua pilihan mesin, 3.8L dan 4.0L.

Sedangkan McLaren hybrid satu ini memakai powertrain V6 turbo hybrid yang dikombinasikan dengan motor listrik dan baterai. Supercar satu ini juga diklaim dapat berjalan dengan tenaga listrik sepenuhnya.

Tampilan belakang prototype Supercar hybrid McLaren

Bagian belakang supercar baru McLaren yang mirip dengan model GT

Sementara untuk desain, supercar satu ini hadir dengan tema yang sama seperti McLaren GT. Hal ini terlihat dari prototype mobil, meski masih dibalut kamuflase terlihat beberapa bagian mobil sangat identik.

Mulai dari lampu depan, bumper, layout kaca mobil, knalpot, sampai desain spoiler. Namun, supercar hybrid McLaren ini akan memakai platform baru menggantikan Monocell yang sudah dipakai sejak MP4-12C rilis tahun 2010.

>>> McLaren perkenalkan platform baru sebagai basis mobil hybrid

Siapkan platform baru

Platform ini tidak hanya didesain untuk mengakomodir baterai dan komponen powertrain lain di model hybrid. Strukturnya juga dibuat sangat ringan untuk mengkompensasi bobot komponen elektrik yang akan dipasang di supercar baru McLaren.

Arsitektur terbaru McLaren

Nantinya, supercar hybrid ini akan memakai platform baru dari McLaren

“Saya selalu mengatakan ambisi kami adalah untuk meluncurkan Sportscar Hybrid McLaren dengan bobot sama seperti pendahulunya,” EO McLaren, Mike Flewitt Kepada Autocar beberapa waktu lalu.

“Kami tidak akan mencapainya, namun kami akan berusaha antara 30-40 kg. Jika Anda berpikir sistem hybrid McLaren P1 adalah 140 kg, kami telah melakukan hal besar untuk menjaga bobot mobil. Saya telah mencoba prototypenya dan itu sangat menarik. Kami tak akan meluncurkannya jika itu tidak menarik.”

Lebih jauh, supercar hybrid McLaren ini menjadi awal dari rencana bisnis Track 25 dengan investasi sebesar £1.2 miliar (setara Rp 23 triliun) yang menghadirkan 18 line-up McLaren hybrid sampai tahun 2025.  Saat ini, McLaren sedang mengevaluasi baterai kapasitas tinggi yang cukup untuk mengakomodir kegiatan trackday selama 30 menit penuh.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top