McLaren Senna GTR Dapatkan Edisi Khusus Pemenang Le Mans 1995

21/09/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
McLaren Senna GTR Dapatkan Edisi Khusus Pemenang Le Mans 1995
Tepat 25 tahun setelah kemenangan legendaris Le Mans 1995, MSO menghadirkan lima unit McLaren Senna GTR dengan livery yang terinspirasi dari F1 GTR LM pemenang balapan ketahanan 24 jam itu.

Berbicara soal McLaren, tentu kita tidak bisa melepaskan kemenangan historis Le Mans 24 jam 1995. Di balapan tersebut, McLaren F1 GTR #59 yang dikemudikan trio Yannick Dalmas, JJ Lehto, dan Masanori Sekiya finis pertama.

>>> Meski terganggu Corona, peluncuran dua buah mobil baru McLaren masih sesuai rencana

Mobil McLaren F1 GTR 1995

Kelima McLaren F1 GTR di Le Mans 24 jam 1995 finis 15 besar

Skuat McLaren lainya juga tampil impresif dengan finis ketiga, keempat, kelima, dan ke-13. Unggul jauh dari rival di kategori LMGT1 seperti Ferrari, Porsche, dan Nissan.

>>> Dihantam Virus Corona, McLaren Rumahkan 1.200 Karyawannya

Dibuat sepresisi mungkin, waktu pengecatan 800 jam

25 Tahun setelah kemenangan bersejarah itu, McLaren Special Operation membangun lima buah replika F1 GTR yang diberi nama McLaren Senna GTR LM. Livery kelima mobil hadir dengan detail semirip mungkin dengan skuat McLaren di Le Mans 24 jam 1995.

Livery khusus McLaren Senna GTR LM

Stiker scrut di McLaren Senna GTR LM

Livery mobil dibuat sangat detail, bahkan sampai stiker scruitineering nya

Alhasil, proses pengecatan livery mobil masing-masing memakan waktu 800 jam secara manual. Selain itu, MSO juga meminta izin dengan Gulf Oil, Harrods, dan Automobile Club de l’Ouest (ACO) untuk mereplika kelima livery F1 GTR yang balap tahun 1995. 

Semuanya dibuat semirip mungkin, bahkan sampai stiker lolos scrut yang nempel di bagian atap mobil. Dan seperti mobil edisi terbatas lainnya, McLaren Senna GTR LM hadir dengan plakat bertuliskan “One of One” di dalam kabin, dan juga etsa yang menampatkan detail dari tiap-tiap F1 GTR di Le Mans 24 jam 1995, seperti line-up pembalap dan posisi finis.

Velg khusus yang dipakai di McLaren Senna GTR

Sistem knalpot McLaren Senna GTR LM

Desain interior McLaren Senna GTR LM

Detail eksterior dan interior Senna GTR LM

Lebih jauh, Senna GTR LM juga hadir dengan sistem knalpot custom, dan pelek lima palang dari OZ Racing yang mirip seperti kepunyaan F1 GTR LM 25 tahun silam. Beberapa bagian seperti suspensi dan kaliper rem diberi finishing emas.

Beralih ke bagian dalam, Senna GTR LM hadir dengan setir balap dengan paddle shift dan kenop pengatur berwarna emas, pull strap pintu dari kulit, dan headrest yang telah dijahit.

>>> Sultan Nih! Pria Ini Koleksi 5 Mercedes-Benz SLR McLaren Sekaligus

Lebih dari sekadar ubahan kosmetik

Selain serangkaian modifikasi eksterior dan interior, Senna GTR LM juga mendapatkan upgrade mekanis Senna GTR yang menjadi basis. Salah satunya perubahan mapping mesin dan peningkatan limit rpm dari 8.250 rpm jadi 9.000 meningtkatkan tenaga mobil dari 825 HP jadi 844 HP.

Mesin McLaren Senna GTR

Mesin yang dipakai McLaren Senna GTR

Pihak McLaren belum meresmikan harga McLaren Senna GTR LM, prediksinya sih akan lebih mahal dari Senna GTR standar yang dibanderol 1,1 juta Pound (setara Rp 20 miliar). Nantinya, mobil tersebut juga akan meramaikan parade lap jelang Le Mans 24 jam 2021.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Markas McLaren di Woking Inggris Akan Dijual

11/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Markas McLaren di Woking Inggris yang merupakan pusat penelitian dan pengembangan mobil perusahaan akan dijual. Upaya ini dilakukan untuk menstabilkan keuangan.

Lihat juga

McLaren Rilis Platform Baru, Jadi Basis Supercar Hybrid

27/08/2020

Mobil baru

3 menit

McLaren tengah menyiapkan sasis baru yang akan jadi basis dari line-up McLaren generasi berikutnya, termasuk supercar hybrid yang akan dirilis tahun 2021.

Lihat juga

McLaren Berencana Menjual Saham Divisi Balap F1

09/07/2020

Pasar mobil

3 menit

Krisis yang dihadapi Mclaren akibat dampak dari virus corona atau Covid-19 membuat pihaknya berencana menjual sebagian saham minoritas divisi balap F1.

Lihat juga

Rayakan Kemenangan Le Mans 1995, McLaren Hadirkan 720S Edisi Spesial

18/06/2020

Mobil baru

4 menit

Merayakan kemenangan bersejarah Le Mans 24 Jam 1995 dengan F1 GTR yang legendaris, McLaren menghadirkan edisi spesial 720S yang cuma dibuat 50 unit dengan dua pilihan warna.

Lihat juga

Sportscar Hybrid McLaren Terjepret Kamera Dibalut Kamuflase Tebal

19/04/2020

Mobil baru

4 menit

Rumor seputar Sportscar Hybrid McLaren terbaru kini semakin dekat. Setelah muncul unit tes mule, kini giliran prototype dengan desain body baru yang ditutup livery kamuflase tebal.

Lihat juga
 
back to top