McLaren Perkenalkan MCL35M, Mobil F1 2021 Bermesin Mercedes

16/02/2021

Mobil baru

5 menit

McLaren jadi tim pertama yang memperkenalkan mobil baru jelang F1 2021 bergulir, mobil tersebut diberi nama MCL35M dan kembali memakai power unit Mercedes.

Setelah musim dingin yang sangat sibuk berbarengan dengan dua peralihan besar, mulai dari pergantian power unit ke Mercedes dan perekrutan Daniel Ricciardo dari Renault, McLaren MCL35M resmi diperkenalkan di Woking jelang debut di trek pekan ini.

Tampilan depan McLaren MCL35M

Livery MCL35M tidak berbeda jauh dari mobil tahun 2020

McLaren MCL35M masih mempertahankan livery tahun lalu, di mana warna papaya orange dengan aksen biru jadi pilihan. Ada sedikit perubahan memang, di mana aksen Pelangi yang sebelumnya ada di halo device dipindahkan ke engine cover mobil.

Masuknya Mercedes sebagai pemasok power unit baru untuk McLaren terlihat dari penamaan mobil dengan tambahan embel-embel M dari mobil tahun lalu, MCL35. Namun, tidak ada branding pabrikan Jerman itu di engine cover mobil, ataupun seragam pembalap.

>>> Beralih ke Mercedes, McLaren MCL35M Disebut Sebagai Mobil Baru

Ganti mesin baru, optimis pertahankan tiga besar konstruktor

Meski F1 membatasi ubahan teknis antara mobil 2020 dan 2021, McLaren harus melakukan perombakan signifikan pada McLaren MCL35M untuk mengakomodasi power unit baru Mercedes, dan juga paket aero baru dengan downforce lebih rendah sesuai dengan regulasi.

Tampilan belakang McLaren MCL35M

McLaren melakukan perombakan sasis karena mengganti power unit dari Renault ke Mercedes

Alhasil, McLaren menggunakan seluruh token development yang diizinkan dalam mendevelop McLaren MCL35M. Pun demikian, skuad Woking cukup optimistis kembali bertarung untuk posisi ketiga klasemen konstruktor.

“Kami semua di McLaren sudah siap, dan bertekad untuk musim berikutnya di balapan F1 yang sangat kompetitif,” ujar Team Principal Andreas Seidl.

“Seluruh tim bekerja keras selama musim dingin yang pendek, bersama dengan rekan kami di Mercedes-AMG untuk memproduksi McLaren MCL35M, dan menyiapkan mobil yang kuat untuk dipakai para pembalap kami balap tahun ini.

“Ini bukanlah perkara mudah, dan saya ingin berterima kasih kepada seluruh anggota tim. Mulai yang ada di MTC atau bekerja secara remote, untuk usaha luar biasa yang mereka kerahkan. Saya tahu, Lando dan Daniel akan melakukan yang terbaik untuk mewakilkan tim di dalam lintasan.”

>>> McLaren Setujui Pra-Kontrak Dengan Formula E, Debut 2022/2023

Lanjutkan momentum dengan Ricciardo-Norris

Bisa dibilang, tahun 2020 merupakan musim tersukses McLaren sejak 2012, di mana Lando Norris dan Carlos Sainz menorehkan podium, dan memimpin tim berada di posisi ketiga klasemen kosntruktor, di bawah Mercedes dan Red Bull.

Line-up pembalap McLaren musim 2021, Daniel Ricciardo dan Lando Norris

McLaren menduetkan pembalap pengalaman dan darah muda di musim 2021

Setelah Sainz pindah ke Ferrari, McLaren merekrut Daniel Ricciardo dari Renault, pembalap dengan reputasi pememang balapan dengan pengalaman 10 tahun bersama HRT, Toro Rosso, Red Bull, sampai Renault.

“Senang untuk akhirnya bergabung dengan tim setelah menunggu sangat lama sejak kami mengonfirmasinya Mei lalu,” ujar Ricciardo.

“Saya senang menjadi pembalap McLaren, dan sangat tidak sabar untuk segera memulai. McLaren berada dalam perjalanan yang luar biasa selama beberapa tahun terakhir, dan saya menantikan untuk membantu tim menjaga momentum positif ini

“Saya sudah menghabiskan beberapa pekan terakhir di Inggris dan coba menyatu ke dalam tim, sehingga kami siap untuk awal musim.

“Saya merasa sangat bersemangat dan termotivasi untuk memberikan segalanya. Saya pikir tekad saya untuk tampil hanya tumbuh ketika saya mendapat pengalaman lebih, dan saya menantikan untuk memulai babak berikutnya di karier saya.”

Setelah peluncuran ini, Norris dan Ricciardo akan menjajal McLaren MCL35M untuk pertama kalinya dalam sesi shakedown di Silverstone. Sedang tes pra-musim baru digelar pada 14-17 Maret di Sirkuit Sakhir, Bahrain jelang balapan di tempat sama tanggal 28 Maret.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dari dalam dan luar negeri bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

 
back to top