McLaren Elva Mejeng di Goodwood, Pakai Livery Gulf

18/10/2020

Mobil baru

3 menit

McLaren Elva Mejeng di Goodwood, Pakai Livery Gulf
Menandakan kembalinya Gulf Oil sebagai sponsor tim F1 McLaren, MSO menghadirkan speedster Elva dengan livery ikonik Gulf yang akan mejeng di Goodwood Speedweek.

McLaren memangkas jumlah produksi speedster Elva, dari awalnya 399 unit menjadi kurang dari 150 unit. Namun, dari tiap unit akan didesain secara bespoke oleh MSO (McLaren Service Operation).

>>> Produksi McLaren Elva disunat, tak sampai 150 unit

Salah satu kreasi spesial dari MSO untuk Speedster baru dari Woking ini adalah McLaren Elva Gulf, yang akan hadir pertama kalinya di Goodwood Speedweek, sebuah acara yang disiarkan secara global sebagai alternatif Goodwood Festival of Speed, yang dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Tampilan McLaren Elva Gulf theme buatan MSO

MSO menghadirkan Elva dengan livery Gulf di Goodwood Speedweek

Secara tampilan, McLaren Elva Gulf hadir dengan perpaduan warna biru telur asin dan oranye khas Gulf Oil, yang ikonik sebagai sponsor McLaren di ajang balap tahun 1960an

Kembalinya kolaborasi legendaris

Terakhir livery gulf dipakai McLaren F1 GTR #24, yang mencetak sejarah lewat dominasi di Le Mans 24 jam 1995. Namun, Gulf Oil telah menjadi bagian sejarah balap McLaren selama lebih dari setengah abad.

Livery Gulf Oil pertama kali nempel di mobil balap Can-AM McLaren M8A, yang mendominasi kompetisi antara tahun 1968 sampai 1971. Gulf juga jadi sponsor pertama McLaren di F1 dan IndyCar di tahun yang sama.

Pengumuman kerja sama McLaren dengan Gulf Oil

McLaren melanjutkan kolaborasinya dengan Gulf Oil sebagai sponsor tim F1 mulai 2021

Menariknya, McLaren Elva Gulf ini juga menandakan kolaborasi terbaru Gulf dan McLaren, di mana tim balap F1 McLaren yang memakai mesin Mercedes-AMG akan kembali disponsori Gulf Oil untuk musim 2021.

Sebagai timbal baliknya, McLaren bisa menghadirkan opsi livery Gulf ke line-up terbarunya lewat MSO. Setelah sebelumnya Senna GTR, kini giliran roadster Elva.

>>> McLaren Senna Novitec: Modifikasi Liar Hypercar Woking

Cuma 149 unit, dibanderol Rp 27 miliar

Cuma tersedia 149 unit, McLaren Elva dijual dengan banderol £1,4 juta (setara Rp 27 miliar). Dan MSO sudah menyiapkan beberapa sepsifikasi unik untuk eksterior dan interior mobil.

McLaren Elva dengan mobil balap atap terbuka M1A

McLaren Elva jadi salah satu hypercar atap terbuka yang diperkenalkan dalam waktu dekat

Berbicara soal performa, roadster satu ini menggunakan mesin V8 turbo 4.0L yang sama seperti McLaren Senna. Namun, tenaganya lebih besar 15 HP, yang membuat tenaga mobil naik jadi 804 HP dan torsi 800 Nm. 

Performa seperti ini dapat melesatkan mobil dari 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 3 detik. Nantinya, mobil ini akan berhadapan langsung dengan roadster lain seperti Ferrari SP1 dan SP2 Monza, Aston Martin V12 Speedster, atau Bentley Bacalar.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top