McLaren 765LT Spider Bertenaga 765 Hp Meluncur

30/07/2021

Mobil baru

3 menit

Share this post:
Dari kesuksesan McLaren 720S, Versi Longtail 765LT pun lahir. Kini, pabrikan asal Woking meluncurkan 765LT Spider, versi atap terbuka dengan performa serupa.

Seperti pada seri Super McLaren Automotive lainnya, McLaren 765 LT Spider dihadirkan untuk melengkapi versi coupe yang diluncurkan di tahun sebelumnya. Mobil ini akan menjadi convertible tercepat di jajaran produk mereka hari ini.

Mobil ini akan mengisi kapasitas produksi tahun 2021 McLaren setelah 765LT versi coupe sudah ludes terjual kepada para konsumen setianya.

"Terlihat jelas bahwa pelanggan kami sangat tertarik dengan supercar Longtail terutama pada hal kesenangan, performa ekstrem, dan ketersediaan yang terbatas," kata Mike Flewitt, CEO Mclaren Automotive.

>>> Pebalap F1 Lando Norris Masih Trauma Dirampok saat Nonton Final Euro 2020

Hanya 765 Unit Tersedia

Gambar McLaren 765LT

Dibangun di atas platform MonoCage II-S yang sangat kuat dan ringan

Sama seperti McLaren 765LT Coupe, McLaren Automotive mempertahankan eksklusivitas lini Longtail mereka dengan membatasi produksi 765LT Spider sebanyak 765 unit.

Mobil ini dikembangkan dari platform serat karbon MonoCage II-S, versi atap terbuka dari MonoCage II. Cangkang serat karbon ini dikembangkan agar sasis 765LT Spider sekuat versi coupe dengan tambahan bobot minimal.

Bicara soal atap terbuka, McLaren mengatakan bahwa atap Retractable Hard Top one-piece 765LT Spider membutuhkan waktu 11 detik untuk dinaikkan atau diturunkan dengan kecepatan maksimal hingga 50 km/jam.

Gambar McLaren 765LT

Saat atap diturunkan, Anda akan mendapatkan pengalaman mengemudi yang luar biasa

Desain atap memainkan peran integral dalam struktur kendaraan dengan menciptakan cangkang serat karbon penuh saat ditutup. Namun, saat atap dilipat, pengemudi mendapatkan pengalaman udara terbuka yang imersif terutama dengan suara mesin dan knalpot yang dihasilkan oleh mobil ini.

>>> Supercar Hybrid Aston Martin Valhalla Bertenaga 940 Hp Meluncur

Berbekal Mesin Bertenaga 765 HP

Mobil ini dibekali dapur pacu V8 dengan kode mesin M840T berkapasitas 3.994 cc dengan twin-turbocharger yang juga digunakan oleh versi coupe. Mesin tersebut diklaim dapat menghasilkan tenaga maksimal 765 HP di putaran mesin 7.500 rpm dengan torsi puncak 800 Nm di putaran mesin 5.500 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui transmisi 7-percepatan Dual Clutch Transmission (DCT) yang ditingkatkan sehingga bisa memberikan akselerasi in-gear 15% lebih cepat dari McLaren 720S.

Gambar McLaren 765LT Spider

Akselerasi 0 - 100 km/jam? Tuntas di bawah tiga detik

Dengan spesifikasi di atas, McLaren 765LT diklaim dapat berakselerasi 0 -100 km/jam dalam waktu 2,8 detik dan kecepatan tertingginya mencapai 330 km/jam.

McLaren membanderol 765LT Spider seharga £310.500 atau setara dengan Rp 6,2 miliar untuk pasar Inggris. Tentunya, jika masuk ke Tanah Air harga tersebut akan membengkak hingga lebih dari Rp 10 Miliar.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top