McLaren 720S GT3X Diracik Handmade untuk Keperluan Balap

17/03/2021

Mobil baru

5 menit

McLaren 720S GT3X merupakan unit khusus yang dimodifikasi untuk kebutuhan balap dan memenuhi standar regulasi yang berlaku serta punya kemampuan jauh lebih baik dari 720S versi jalan raya.

McLaren 720S GT3X menjadi model 720S yang diracik khusus untuk kebutuhan kebut-kebutan di lintasan balap. Itu sebabnya mobil ini punya tenaga dan kemampuan jauh lebih baik daripada McLaren 720S versi jalan raya.

Dikutip dari Autoevolution, Selasa (16/03/2021), unit McLaren 720S GT3X adalah model yang dirakit secara handmade, terutama dalam hal mesinnya. Bahkan test driver McLaren, Rob Bell yang sudah menguji mobil ini pun mengakui jika kemampuannya jauh lebih baik daripada 720S versi reguler.

McLaren 720S GT3X Rear

Racikan khusus McLaren untuk Trackday

>>> McLaren Artura Hybrid, Pembuka Bab Elektrifikasi dari Woking

Komponen Mesin Dirakit dengan Tangan

Mengingat kebutuhannya adalah untuk balapan, maka McLaren 720S GT3X wajib punya mesin yang bertenaga. Dan perbedaan paling krusial dari mesin GT3X dibanding 720S adalah pemakaian beberapa komponen baru. Misalnya desain kepala silinder yang berbeda, sistem pendinginan yang ditingkatkan, intake manifold yang direkayasa ulang, sampai penggunaan turbo yang lebih besar.

Setiap mesin GT3X juga dirakit dengan tangan oleh para teknisi McLaren. Dan dengan bobot mobil yang lebih ringan berkat dihapuskannya beberapa fitur seperti airbags, ESP, serta lainnya, maka tenaga mesin yang lebih besar itu juga mampu menghasilkan akselerasi yang lebih agresif.

McLaren 720S GT3X Interior

Pakai jok balap dari OMP

>>> Mengenal Jok Balap Berdasarkan Konstruksi Dan Ajang Kompetisinya

Gunakan Lebih Banyak Material Serat Karbon

Selain bagian mesin, 720S GT3X juga mendapat perubahan dari sisi bodywork. Lihat saja bagimana bentuk front spoiler yang dipadukan dengan rear wing mampu menciptakan downforce yang jauh lebih baik. Hal ini tentunya akan sangat berguna pada saat pembalap melumat tikungan demi tikungan. Hampir semua bagian bodi ini sekarnag menggunakan material serat karbon.

Kemudian sistem pengereman juga diganti dengan yang lebih superior. Suspensinya juga dipilih racikan paling sempurna demi memberi pengendalian paling cekatan. Lantas roll cage juga ikutan direvisi, dasbor dibentuk ulang dengan lebih banyak pakai material serat karbon, serta jok dan setir dipilih yang spesiifikasi balap.

McLaren GT3X Race

Sentuhan khusus dari tim McLaren

>>> Review McLaren MP4-12C 2011: Supercar Tangguh Rasa Lama

Mengingat unit ini bukan untuk kebutuhan massal, maka McLaren tidak mengungkap berapa harga 720S GT3X. Sebab semua komponen yang terpasang, tentu akan disesuaikan dengan permintaan calon pembelinya. Namun diperkirakan, dengan sederet komponen baru yang ada di mobil tersebut, pelanggan setidaknya butuh dana ekstra sekitar Rp 8 miliar. Banderol itu belum termasuk harga unit McLaren 720S yang jadi basis mobil balap ini.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top