McLaren 720S GT3, Supercar Penerus Kejayaan 650S GT3

26/08/2018

Mobil baru
Share this post:
McLaren 720S GT3, Supercar Penerus Kejayaan 650S GT3
Mobil balap McLaren 720S GT3, penerus 650S GT3 yang diprediksi akan diluncurkan pada 2019 telah melakukan pengujian ekstensif di Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Serikat.

McLaren memang sedang mengembangkan penerus 650S GT3 yang sukses memenangkan lebih dari 50 balapan dan sejumlah kejuaraan pada masa pakainya. Termasuk seri Ketahanan Ban Blancpain GT dan Kejuaraan GT Australia. Nama McLaren 720S GT3 diharapkan mampu menjadi penerus baton mobil balap andalan perusahaan asal Woking, Inggris.

foto pengetesan McLaren 720S GT3 2019

McLaren 720S GT3 langsung mendapatkan pelatihan uji ketahanan ekstensif (foto: McLaren)

Untuk mencapai kekuatan yang dibutuhkan, McLaren tak ragu memberikan latihan intensi bagi 720S GT3. Dengan lebih dari 30.000 kilometer uji ketahanan yang dilakukan, mencakup sejumlah tes 24 jam dan 36 jam, McLaren mengatakan target pengembangan akan berpusat pada kecepatan dan stabilitas.

>>> Dunia Balap dan Samudera, Dua Tema Penting Kustomisasi McLaren 720S Terbaru

Telah dipersiapkan untuk peraturan homologasi Eropa tahun depan, 720S GT3 dilengkapi oleh versi tuning balapan dari M840T twin turbo 4.0 Liter V8 milik 720S dengan tambahan penggerak roda belakang melalui girbok sekuensial enam percepatan.

foto tampak samping mclaren 720S GT3

Struktur serat karbon MonoCell II diberikan untuk mendapatkan bodywork mobil balap (foto: McLaren)

Dipasang dengan struktur serat karbon MonoCell II, 702S GT3 mendapatkan bodywork mobil balap yang dikembangkan menggunakan simulasi dinamika fluida komputasi ekstensi dan peredam yang dapat diatur dengan coilover springs. Desain dan pengembangan dilangsungkan di fasilitas balapan GT khusus di pangkalan Woking McLaren Automotive.

>>> Berita mobil baru lainnya bisa Anda dapatkan di sini

Awal dari jaringan motorsport McLaren

720S GT3 pertama kali diperkenalkan pada bulan November 2017 bersamaan dengan jaringan diler motorsport otomotif McLaren terbaru. Bernama McLaren Glasgow, diler ini akan menjadi yang pertama dari 10 pengecer internasional di seluruh Eropa, Amerika Utara, dan kawasan Asia – Pasifik yang menawarkan mobil-mobil McLaren.

Bersamaan dengan jaringan pengecer baru, McLaren Automotive telah mengikuti jejak Porsche, Ferrari, dan Lamborghini dengan meluncurkan seri balap sendiri. Seri balap Mclaren GT dimulai tahun ini bersama 570S GT4.

>>> Ingin membeli mobil baru bertenaga tinggi? Dapatkan informasi lebih lanjut di sini

Gambar yang menunjukan mobil balap baru McLaren 570S GT4 berwarna hitam

McLaren 570S GT yang menjadi seri balap McLaren tahun ini (foto: McLaren)

Sesuai dengan peraturan FIA GT3, 720S GT3 akan memenuhi syarat untuk berkompetisi di kejuaran GT di berbagai lokasi, termasuk ajang ketahanan 24 Jam terkenal seperti Spa dan Nürburgring. Ditambah teknologi elektronik baru memungkinkan pengemudi menyesuaikan kontrol traksi dan sistem ABS.

Dipasangkan dengan ban balap Pirelli, McLaren 720S GT3 akan dijual langsung untuk memenuhi kebutuhan balapan tim McLaren serta konsumen kaya raya. Terang saja, harga yang dipatok untuk membawa pulang supercar mahal ini adalah £440,000, atau setara dengan Rp7.5 miliar.

Sekilas Kategori Balap GT3

Kategori balap GT3 mulai diperkenalkan 2005 oleh Stephane Ratel Organization (SRO). Pada prinsipnya, GT3 adalah mobil balap berbasis model jalan raya. Pabrikan tinggal menghadirkan satu model turunan, untuk disesuaikan dengan regulasi dan keselamatan balap. Tidak ada pembatasan dimensi, hingga kapasitas dan tenaga mesin.

Semua spesifikasi teknis diserahkan kepada pabrikan. Meski ada beberapa pembatasan. Seperti tidak diizinkannya sistem gerak empat roda dan hybrid. Membuat versi GT3 dari sports car AWD seperti Audi R8, Lamborghini Huracan dan Nissan GT-R hadir berpenggerak belakang. Atau Acura / Honda NSX GT3 yang kehilangan sistem hybrid-nya.

aksi mobil gt3 di blancpain gt series

Aksi mobil balap GT3 di seri Blancpain GT (Foto: SRO)

Untuk menjaga tidak adanya unsur dominasi, dilakukan pemerataan performa antara setiap mobil GT3. FIA memberlakukan penyeimbangan performa dengan membatasi tenaga mesin, hingga memberikan bobot ekstra. Dan demi mencegah terjadinya perang senjata, pabrikan dilarang samasekali berpartisipasi. Hanya boleh diikuti tim privat. 

Saat ini, hampir semua merek sports car ada di pasar memiliki versi GT3.

>>> Berita terbaru dari dunia otomotif hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top